PENGARUH MEDIA KOKAMI (KOTAK DAN KARTU MISTERIUS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v4i2.573Keywords:
Media Kokami (Kotak dan Kartu Msterius), Keterampilan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitan ini adalah mengetahui pengaruh media Kokami (Kotak dan Kartu Misterius) terhadap keterampilan berpikir kritis dan meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 19 Mataram Kelas VIII tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen, dengan desain
one-group pretest-posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 19 Mataram. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling dan kelas VIIID ditentukan sebagai sampel. Instrumen yang digunakan berupa tes soal dan angket yang telah diuji kelayakannya.
Dalam pengukuran motivasi digunakan teknik analisis data berupa kualitatif, diperoleh peningkatan untuk perhatian, relevansi, percaya diri dan kepuasan dengan menggunakan N-Gain masing – masing sebesar 0,83, 0,68, 0,86 dan 0,82 dengan kategori tinggi kecuali relevansi kategori sedang . Data yang terkumpul sebelumnya di uji normalitasnya. Pada uji normalitas pre test diperoleh x2 hitung 1,096 dengan x 2 tabel  11,07 sedangkan data post test di peroleh x2 hitung 10,14 dengan x2 tabel 11,07 (x hitung x tabel 2  2 ) maka data dinyatakan terdistribusi normal pada taraf signifikan 5%. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai  14,6 hitung t dan  2,03 tabel t ( thitung > ttabel ) menunjukan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima menyatakan ada perbedaan
keterampilan berpikir kritis dan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah diajarkan menggunakan media kokami (kotak dan kartu misterius). Berdasarkan beberapa analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan kokami (kotak dan kartu misterius) dapat
meningkatkan motivasi dan keterampilan berpikir kritis IPA fisika siswa SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.
References
Arikunto Suharsimi . 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: penerbit PT Bumi Aksara
Aqip zainal. 2016. Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Bandung: penerbit Yrama Widya
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran.Cetakan ke-20. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Astutik Puji. 2015. Peningkatan kualitas pembelajaran IPA melalui model problem based instruction berbantuan media kokami pada siswa kelas IV SDN Beberang Kendal
Azwar saifuddin. 2015. Tes prestasi. Yogyakarta: penerbit Pustaka Pelajar
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Emzir. 2014.Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Giancoli. 2001. Fisika. Jakarta : PT Gelora Aksara Praktama.
Hake, R.R. (1998). Interactive-engagement versustraditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics 66, 64 (1998). 10.1119/1.18809
Hamalik, Oemar. 2001.Proses Belajar Mengajari. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Komsiyah indah. 2012. Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: penerbit Teres
Kowiyah. 2012. Kemampuan berpikir kritis. Jurnal pendidikan dasar vol.3, No. 5
Kustandi, Cecep dan Sutjipto Bambang. 2016.Media Pembelajaran.Edesi ke-2. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia
Kuswana Wowo Sunaryo. 2013. Taksonomi berpikir. Bandung : PT Remaja Rossakarya
Marha, M., Islahudin, I., & Utami, L.S, (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Gelombang Dan Bunyi Berbantuan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI, Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 1(1), 182-188
Maslikan. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Kotak Dan KartuMisterius (Kokami) UntukMeningkatkanAktivitas Dan Ketuntasan Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Bola Volly Di Kelas XII Mipa 1 SMANegeri 2 Pekanbaru. Pendidikan ekonomiakuntansi FKIP UAR. 5(2). 2598- 3253
Paisah, Neneng. (2013). Penerapan Media Kotak dan Kartu Misterius (Kokami) untuk Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo. RADIASI-Pendidikan Fisika, 3(1), 28-32
Purwanto. 2016.Evaluasi hasil belajar. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar
Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: penerbit Alfabeta
Rusiana, Yuli. (2014) Penggunaan Media Kokami Pada Materi Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VA SDN Darungan 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, guru IPA 3(4), 183-192
Rusman. 2017.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: penerbit Kencana.
Sadirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : penerbit Rajagrafindo Peresade.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: penerbit Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: penerbit Alfabeta
Uno B. Hamzah. 2016. Teori Motivasi & Pengukuran. Jakarta: penerbit Bumi Aksara
Wiyono, dkk. 2017. Pengembangan media pembelajaran kotak dan kartu misterius (kokami) pada kompetensi dasar menejelaskan cara membuat surat niaga siswa kelas X APK 1 di SMKN 1 B angkalan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.