PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BILINGUAL MATERI HUKUM NEWTON PADA SISWA SMA KELAS X UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA TAHUN AJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v4i2.575Keywords:
Modul Fisika Bilingual, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini untuk mengembangkan Modul Fisika Bilingual pada bahasan hukum newton, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Kelas X. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran modul fisika bilingual pada materi hukum newton untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X,(2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran
modul fisika bilingual pada materi hukum newton untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X. (3) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran modul fisika bilingual pada materi hukum newton untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R & D). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 8
Mataram Kelas XMIA 5 . Model pengembangan yang digunakan adalah Dick & Carey yang terdiri dari 10 langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa Modul Fisika Bilingual. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul fisika
bilingual memiliki kriteria baik berdasarkan penilaian dari ahli dan praktis. Modul fisika bilingual yang di kembangkan juga memiliki kriteria baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 80,27% bila di bandingkan sebelum menggunakan modul fisika bilingual yaitu sebesar 51,31%. Peningkatan motivasi belajar siswa secara klasikal juga berada pada kriteria sedang dengan normalisasi gain sebesar 0,59. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa modul fisika bilingual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X SMAN 8 Mataram tahun pelajaran 2017/2018.Â
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.