PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL BERBASIS EWB (ELECTRONICS WORKBENCH) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA IPA KELAS XII IPA MA NW DARUSSALIMIN SENGKOL, BATUKLIANG LOMBOK TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v4i2.576Keywords:
Pemanfaatan, Laboratorium, EWB, Hasil Belajar.Abstract
Penelitian yang telah dilakukan ini tentang pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis EWB (Electronics Workbench) terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa IPA Kelas XII MA NW Darussalimin Sengkol, Batukliang, Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis EWB (Electronics Workbench) terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa IPA Kelas XII MA NW Darussalimin Sengkol, Batukliang, Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre-eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Teknik analisis data menggunakan pre test dan post test menggunakan
rumus uji pengaruh atau uji t. Adapun peningkatan hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan EWB dihitung menggunakan uji N Gain. Jika t hitung < t tabel maka Ho diterima atau tidak ada pengaruh, sebaliknya jika thitung > ttabel maka Ha diterima atau bisa dikatakan memiliki pengaruh. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai thitung (= 7,45540) > ttabel (= 2.92078) pada taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan laboratorium virtual berbasis EWB (Electronics Workbench) terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa IPA Kelas XII MA Darussalimin NW Sengkol, Batukliang, Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019 dan berada dalam kategori Sedang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.