PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEKANIKA BERBASIS KOMPUTERISASI UNTUK MEMBENTUK KARAKTER ILMIAH MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v4i2.577Keywords:
Media Pembelajaran Mekanika, Komputerisasi, Karakter IlmiahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengembangkan media pembelajaran mekanika berbasis komputerisasi untuk pembentukan karakter ilmiah mahasiswa yang layak digunakan.(2) Mengetahui kualitas media pembelajaran mekanika berbasis komputerisasi untuk pembentukan karakter ilmiah mahasiswa. Secara umum peneltian ini melalui 3 tahap utama, yaitu: (1)studi pendahuluan, (2)
pembuatan dan pengembangan produk, (3) dan evaluasi. Tahapan pertama dan kedua telah dilakukan,sedangkan tahap ketiga sudah dilakukan kegiatan validasi ahli. Kemudian juga telah dilakukan uji coba di mahasiswa program studi fisika FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram yang menempuh mata kuliah Mekanika tahun 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian yang telah
dilakukan,maka dapat disimpulkan sebagai berikut:(1) Berdasarkan hasil validasi ahli dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran mekanika berbasis komputerisasi yang telah dikembangkan telah layak untuk digunakan.(2)Berdasarkan hasi luji coba diketahui bahwa produk hasil pengembangan dapat meningkatkan karakter ilmiah mahasiswa dengan nilai gain 0,86 dalam
kategori tinggi.Â
References
Borg,W. R. &Gall, M. D. (1983).Educationalresearch: An introduction (4thed). New York: Longman Inc.
Liu, Chia-Yu, dkk. 2017. Scientific modeling with mobile devices in high school physics labs. Springer New York, Pages 44–56.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan, Kualitatif dan Kuantitatif,R&D.Bandung: Alfabeta.
Tipler. 1991. Fisika Untuk Sains dan Teknik Edisi Ketiga Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Zulmi, Nurul., Darmayanti, N.W.S., Zulkarnain, Z, (2019). Pengembangan Rumfis (Rumus Fisika) Berbasis Program Matlab Pada Materi Suhu Dan Kalor Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMPN 2 Labuapi Kelas VII Tahun Ajaran 2017/2018, ORBITA:Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 4(1), 8-20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.