PENGEMBANGAN PETUNJUK PRAKTIKUM GAYA GESEK DI BIDANG MIRING BERBASIS VIDEO TRACKING UNTUK MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5808Keywords:
Practical Instructions, video tracking, student interest.Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menghasilkan petunjuk praktikum berbasis video tracking yang valid, praktis, dan efektif, serta mampu meningkatkan minat mahasiswa pada materi gaya gesek di bidang miring. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan 4D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Secara umum petunjuk praktikum yang dikembangkan meliputi dua topik kegiatan yakni penentuan koefisien gesek statis dengan memanipulasi kemiringan bidang serta koefisien gesek kinetis dengan menganalisis gerak benda di bidang miring. Petunjuk praktikum dalam rancangan menggunakan model praktikum/percobaan tertutup. Hasil validasi ahli yang mencakup aspek kelayakan isi, penyajian, komponen kebahasaan, dan keterlaksanaan menunjukkan petunjuk praktikum hasil pengembangan dinilai valid dengan perolehan skor rata-rata 4,03 dan layak digunakan. Hasil uji kepraktisan yang terdiri dari komponen kemenarikan, kemudahan penggunaan, dan manfaat petunjuk praktikum yang dikembangkan juga dinilai praktis dengan perolehan nilai rata-rata 3,93. Hasil uji efektifitas terhadap petunjuk praktikum menunjukkan bahwa produk pengembangan ini dinilai efektif untuk meningkatkan minat mahasiswa (kategori tinggi). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk petunjuk praktikum berbasis video tracking ini valid, praktis, efektif untuk digunakan sebagai penuntun praktikum serta mampu meningkatkan minat mahasiswa.
Â
Kata kunci: Petunjuk praktikum; video tracking; minat mahasiswa.
Â
ABSTRACT
This study is conducted to produce practical video tracking-based instructions that are valid, effective, and can increase student interest in the frictional force material on an inclined plane. The method used in this study was Research and Development (R&D) concerning the 4D development model (Define, Design, Develop and Disseminate). In general, the developed practicum instructions had covered two topics of activity, namely the determination of the coefficient of static friction by manipulating the slope of the plane and the coefficient of kinetic friction by analyzing the motion of objects on an inclined plane. Practical instructions in the design adopted a closed practicum/experimental model. The results of expert validation which include aspects of the feasibility of content, presentation, linguistic components, and implementation indicated that the practicum instructions developed were estimated valid with an average score of 4.03 and were suitable for use. On the other hand, the results of the practicality test consisting of components of attractiveness, ease of use, and the benefits of the developed practicum instructions were also considered practical with an average score of 3.93. Moreover, the results of the effectiveness test on the practicum instructions showed that this development product was considered effective for increasing student interest (high category). Thus, it can be concluded that this video tracking-based practicum guide product is valid, practical, effective to be used as a practicum guide, and is able to increase student interest.
Â
Keywords: Practical Instructions; video tracking; student interest.
References
Arifah, I., Maftukhin, A., & Fatmaryanti, S. D. (2014). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry Untuk Mengopimalkan Hands On. Radiasi, 5(1), 24–28.
Brown, D. (2020). Tracker Video Analysis and Modeling Tool. Open Source Physics (OSP). https://physlets.org/tracker/
Brown, D., & Cox, A. J. (2009). Innovative Uses of Video Analysis. The Physics Teacher, 47(3), 145–150. https://doi.org/10.1119/1.3081296
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Effendi, Rohman, F., & Mariani, F. (2017). Pemanfaatan Perangkat Lunak Tracker Pada Rancang Bangun Alat dan Modul Praktikum Fisika Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 184–190.
Fidiana, L., Bambang, S., & Pratiwi, D. (2012). Pembuatan Dan Implementasi Modul Praktikum Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 1(2), 38–44. https://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1377
Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Powntoon pada Mata Pelajaran Bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–13. https://www.powtoon.com.
Fitriah, F., Utami, L. S., Sabaryati, J., & Isnaini, M. (2020). Pengembangan Alat Peraga Fisika Berbasis Home Material Materi Suhu Dan Kalor. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 196. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i1.4041
Habibbulloh, M., & Madlazim, M. (2014). Penerapan Metode Analisis Video Software Tracker Dalam Pembelajaran Fisika Konsep Gerak Jatuh Bebas Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Kelas X Sman 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 15. https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n1.p15-22
Humairo, S., Astro, R. B., Amirudin, D., Mufida, D. H., & Viridi, S. (2018). Analisis koefisien gesek statis dan kinetis berbagai pasangan permukaan bahan pada bidang miring menggunakan aplikasi analisis video tracker. In InQuantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (Issue October 2019, pp. 132–138).
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, (2015).
Marliani, F., Wulandari, S., Fauziyah, M., & Nugraha, M. G. (2015). Penerapan Analisis Video Tracker dalam Pembelajaran Fisika SMA Untuk Menentukan Nilai Koefisien Viskositas Fluida Total Solar Eclipse View project Socio-Assessment View project. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 333–336.
Meke, K. D. P., & Wondo, M. T. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Melalui Penggunaan Bahan Manipulatif. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 588. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2861
Murniati, Sardianto, M. ., & Muslim, M. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Fisika Sekolah I Berbasis Ketrampilan Proses Sains Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 5(1), 15–25.
Nurmaya, Y., Susilawati, S., Zuhdi, M., & Hikmawati, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Alat-Alat Optik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 147. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.3835
Okun, J. A., & Zwerman, S. (2020). The VES Handbook of Visual Effects: Industry Standard VFX Practices and Procedures (3rd ed.). Focal Press Book.
Sari AY, Ö., & Yilmaz, S. (2015). Sanal Deneylere Dayalı Yapılan Öğretimin Öğrenci Başarısına ve Tutumuna Etkisi. Elementary Education Online, 14(2), 609–620. https://doi.org/10.17051/io.2015.25820
Shilpa, Prathap, H. ., & Sunitha, M. . (2016). A Survey on Moving Object Detection and Tracking Techniques. International Journal Of Engineering And Computer Science, 5(Mei), 16376–16382. https://doi.org/10.18535/ijecs/v5i5.11
Sofi’ah, S., Sugianto, & Sugiyanto. (2017). Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis VRML (Virtual Reality Modelling Language ) Pada Materi Teori Kinetik Gas. Unnes Physics Education Journal, 6(1), 82–90.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 49–57.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.