META ANALISIS PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN PENGETAHUAN PESERTA DIDIK FISIKA SMA
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5959Keywords:
Discovery Learning, Concept Mastery, Knowledge.Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model discovery learning terhadap penguasaan konsep dan pengetahuan fisika SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta-analisis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan nilai effect size untuk setiap artikel. Berdasarkan meta analisis yang dilakukan, dapat dinyatakan bahwa hasil penelitian ini yaitu : 1) pengaruh model discovery learning terhadap penguasaan konsep dan pengetahuan fisika SMA ditinjau dari tahun terbit artikel memberikan efek yang Sangat Tinggi terdapat pada tahun 2017,2018, dan 2020 dengan masing-masing rata-rata effect size yaitu 1,6; 1,15; dan 1,62. 2) pengaruh model discovery learning terhadap penguasaan konsep dan pengetahuan fisika SMA ditinjau dari tingkatan kelas memberikan efek Sangat Tinggi terdapat pada kelas XI dengan rata-rata effect size 1,25. 3) pengaruh discovery learning terhadap penguasaan konsep fisika SMA memberikan efek Sangat Tinggi terdapat pada artikel keenam (J6) dengan nilai effect size 2,38. 4) pengaruh discovery learning terhadap pengetahuan fisika SMA memberikan efek Sangat Tinggi terdapat pada artikel kesepuluh (J10) dengan nilai effect size 3,95. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning terhadap penguasaan konsep dan pengetahuan fisika SMA.
Â
Kata kunci: Discovery Learning; Penguasaan Konsep; Pengetahuan.
Â
ABSTRACT
The purpose of this study was to determine the effect of the discovery learning model on mastery of high school physics concepts and knowledge. The method used in this research is meta-analysis. The data analysis technique in this study uses the calculation of the effect size value for each article. Based on the meta-analysis carried out, it can be stated that the results of this study are: 1) the effect of the discovery learning model on mastery of concepts and knowledge of high school physics in terms of the year the article was published gave a Very High effect in 2017,2018, and 2020 with each the average effect size is 1.6; 1.15; and 1.62. 2) the influence of the discovery learning model on the mastery of concepts and knowledge of high school physics in terms of grade level gives a very high effect in class XI with an average effect size of 1.25. 3) the effect of discovery learning on mastery of high school physics concepts gives a Very High effect found in the sixth article (J6) with an effect size value of 2.38. 4) the effect of discovery learning on high school physics knowledge gives a very high effect in the tenth article (J10) with an effect size value of 3.95. This shows that there is an influence of the discovery learning model on the mastery of high school physics concepts and knowledge.
Â
Keywords: Discovery Learning; Concept Mastery; Knowledge.
References
Adlina, Manurung, S. R., & Apriani, Y. (2019). Efektivitas model discovery learning berbantuan simulasi phet terhadap hasil belajar fisika di kelas X sma swasta al-washliyah 1 medan. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 7(4), 9–16. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi
Andi, H. J. (2017). SISWA SMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING. 99–104.
Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A., & Festiyed, F. (2019). Effects of instructional material of natural science with literacy skills of our respiratory and excretory health theme on academic achievement of students. Journal of Physics: Conference Series, 1317(1), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1317/1/012174
Destalina, D., Ali, M. S., & Palloan, P. (2019). Efektivitas Penerapan Discovery Learning Pada Pembelajaran Sains Berorientasi Inquiry Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Negeri 13 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 15(1), 1–7. https://doi.org/10.35580/jspf.v15i1.9405
Faradhillah, F., Marhami, M., & Hadiya, I. (2021). Application of Discovery Learning Models To Improve Conceptual Mastery of Newton Force And Law. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 3(1), 2021–2069. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijisedu/article/view/4174
Farid, A. M. M., Faradiyah, A. R., Maghfira, A., Lestari, A. P., & Tullah, H. (2018). Pengaruh Media Simulasi Phet Menggunakan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik the Influence of Phet ( Physics Education Technology ) Simulation Media on Physics Subjects Using Discovery. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 105–112.
Hal, N., Rawanti, R., Werdhiana, I. K., & Pasaribu, M. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Multirepresentasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa pada Materi Gerak Lurus. Musamus Journal of Science Education, 3(1). ( Suryosubroto ,. 3, 31–39. https://doi.org/10.3572/mjose.v3i1.3578
Kadri, M., & Rahmawati, M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Suhu Dan Kalor. Jurnal Ikatan Alumni Fisika, 1(1), 21. https://doi.org/10.24114/jiaf.v1i1.2692
Liang Tao, Y. A. N., & Xiaoli, X. (2019). 严良涛 1 (1 (2 项晓丽 2. 38(3), 3–6.
Mufit, F., Asrizal, A., & Puspitasari, R. (2020). Meta-Analysis of the Effect of Cognitive Conflict on Physics Learning. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2), 267–278. https://doi.org/10.21009/1.06213
Nurulhidayah, M. R., Lubis, P. H. M., & Ali, M. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA SIMULASI PhET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 95. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.2461
Pulsation, H., & Technology, F. (2015). æ¶²åŽ‹è„‰åŠ¨æ»¤æ³¢æŠ€æœ¯ç ”ç©¶é™ˆè€¿å½ª 1 , 贺尚红 2 2. 4(12), 10–14. https://doi.org/10.3969/j.issn.1008-0813.2015.03.002
Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380. https://doi.org/10.17509/jpi.v1i1.3043
Rosmiati, R., Hikmawati, H., & Harjono, A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik Kelas Xi Man 1 Lombok Barat. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 29–34. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.100
Rudibyani, R. B. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Elaborasi dan Penguasaan Konsep Elektrolisis Siswa Melalui Discovery Learning. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 2(2), 60–69. https://doi.org/10.24246/juses.v2i2p60-69
Sains, C., & Fisika, J. P. (2020). EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN PhET. 1, 108–112.
Sari, D. P., & Simanjuntak, M. P. (2016). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Phet Terhadap Hasil Belajar Siswa. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 4(4). https://doi.org/10.24114/inpafi.v4i4.5631
Sari, P. I., Gunawan, G., & Harjono, A. (2017). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(4), 176. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i4.310
Silaban, B. (2014). Hubungan antara penguasaan konsep fisika dan kreativitas dengan kemampuan memecahkan masalah pada materi pokok listrik statis. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(1), 65–75.
Simatupang, J. M., & Simamora, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Momentum, Impuls Dan Tumbukan Kelas X Semester Ii Di Sma N 1 Pancurbatu Tp. 2016/2017. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(4). https://doi.org/10.24114/inpafi.v6i4.12482
Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.