PENGARUH BULETIN FISIKA BERBENTUK BUKU SAKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 2 BIMA KELAS X MATERI HUKUM NEWTON TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Abdul Mikraj
  • Linda Sekar Utami
  • Zulkarnain Zulkarnain

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.894

Keywords:

Buletin Fisika, Buku Saku, dan hasil Belajar siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Buletin Fisika Berbentuk Buku Saku terhadap peningkatkan hasil belajar siswa kelas X MAN 2 BIMA pada hukum newton tahun pelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi experiment researcha dengan metode control grup design subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas X MAN 2 BIMA.Sampel dalam penelitian di ambil
secara purposive sampling dengan kelas XA sebagai kelasd eksperimen yang berjumlah 28 orang siswa dan kelas XB sebagai kelas kontrol yang berjumlah 28 orang siswa.Instrumen yang di gunakan berupa tes yang
telah di uji kelayakanya. hal ini bisa di lihat dari rata-rata kelas experiment pre-test yaitu 61 dan post-test yaitu 82,sedangkan kelas kontrol hasil belajar nilai rata-rata pre-test yaitu 61 dan post-test yaitu 73.Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dengan menggunkan rumus uji-tes, maka diperoleh sebesar 3,630 sedangkan nilai pada taraf signifikan 5% dengan dk = + - 2 = 28 + 28 – 2 = 54 diperoleh harga sebesar 2,175. Jadi dari hasil perhitungan dapat disimpulkan , maka dapat dikatakan hipotesis (Ha) diterima.sehingga dapat di ambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa menggunakan buletin fisika berbentuk buku saku materi hukum newton pada siswa kelas X di MAN 2 BIMA tahun pelajaran 2018/2019.

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Fatimah, Siti. 2013. Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Dan Buletin Berbasis Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa: Universitas Sebelas Maret, Vol. 4 No. 1 ISSN: 2087-0922. Diakses pada tanggal 24 September 2015

Hake, R.R. (1998).Interactive-engagement versustraditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses.American Journal of Physics 66, 64 (1998). 10.1119/1.18809

Hamalik, Oemar. 2001.Proses Belajar Mengajari. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hartati.2010. Pengembangan Alat Praga Gaya Gesek Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA.Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6. ISSN: 1693-1246. Diakses pada tanggal 24 September 2015

Islahudin, I., Darmayanti, N.W.S., Zulkarnain, Z, (2017). Pengaruh Pemanfaatan Alat Peraga Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VIII Di MTs Nurul Iman NW Kembang Kerang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018.. ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 3(2), 46-52.

Jannah, Zulfa B., Islahudin, I., Darmayanti, N.W.S, (2018). Pengembangan Modul Fisika Bilingual Materi Hukum Newton Pada Siswa SMA Kelas X Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Tahun Ajaran 2017/2018.. ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 4(2), 37-46.

Julaiha, J., Islahudin, I., Sabaryati, J, Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbantukan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di MTs Negeri 3 Mataram, ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 3(2), 1-7.

Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Ghalia Indonesia: Jakarta

Putri, Nur Rizki, dkk. 2015. Pengembangan Buletin Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Gerak Melingkar Pada Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 3 Purwerejo Tahun Pelajaran 2014/2015: Universitas Muhammadiyah Purworejo, Vol. 6 No.1. Diakses pada tanggal 2 November 2015.

Purwanto. 2010. Evaluasi hasil belajar. Jogyakarta: pustaka pelajar.

Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Ramadhan, Nur., Utami, L.S., & Sabaryati, J, (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Posbuk (Poster Buku) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Hukum Newton, ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 3(2), 8-20.

Ropita, D. 2015.Pengembangan Buletin Fisika Berbentuk Buku Saku UntukMeningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sma Model Nurul Jannah Kelas X Materi Suhu Dan Kalor Tahun Pelajaran 2015/2016. UMMAT.Skripsi: Tidak di Publikasikan

Setyono, Yulian Adi., dkk. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Untuk Pembelajaran Fisika Kelas VII Materi Gaya Ditinjau Dari Minat Baca Siswa: Universitas Sebelas Maret, Vol.1 No.1 ISSN: 2338-0691. Diakses pada tanggal 20 November 2015

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: AlfabetaYoung dan Freednan. 2001. Fisika Universitas Edisi Kesepuluh Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Wahyu, Dian Y., Islahudin, I., Zulkarnain, Z, (2018). Analisis Kemampuan Mahasiswa Menentukan Persamaan Hukum Newton Di Program Studi Pendididkan Fisika Universitas Muhammadiyah Mataram Tahun 2017. ORBITA : Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 4(1), 28-37.

Downloads

Published

2019-08-07

Issue

Section

Articles