PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK POP UP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMPN 19 MATARAM

Authors

  • Nurlaelah Nurlaelah
  • Johri Sabaryati
  • Zulkarnain Zulkarnain

DOI:

https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.895

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, Kotak Pop-Up, Motivasi belajar.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran kotak pop up pada pokok bahasan cahaya dan alat optik, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode
research and development (R & D). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 19 Mataram Kelas VIIIC sebanyak 35 siswa. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berupa kotak Pop Up memiliki kriteria yang
sangat baik berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi. Media kotak pop up yang dikembangkan juga memiliki kriteria yang cukup baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 75% bila
dibandingkan sebelum menggunakan kotak Pop Up yaitu sebesar 49%. Peningkatan motivasi belajar secara klasikal juga berada pada kriteria sedang dengan normalisasi gain sebesar 0,50. Berdasarkan hasil dari
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kotak pop up dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIIC SMPN 19 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.

References

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers

Arikunto,Suharsimin. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2015. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Cahyo,Suryo,dkk. 2016. Ipa Fisika Jilid 2 Kurikulum 2013 .Jakarta: Erlangga

Giancoli.2001. Physics Fifth Edition.Jakarta: Erlangga

Hake, R.R. (1998). Interactive-engagement versustraditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics 66, 64 (1998). 10.1119/ 1.18809

Hamalik, Oemar. 2001.Proses Belajar Mengajari. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Mahayani, Septi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Kotak Pop-up Berbasis Problem Solving Untuk Menunjang Pembelajaran Fisika Materi Cahaya dan Alat Optik: Institut Agama Islam Raden Intan Malang,Jurnal Pensisikan Fisika Diakses pada tanggal 08 Januari 2018

Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sabaryati,Johri. 2016. Pengembangan Alat Peraga Sederhana Ayunan Magnetik Pada Materi Gaya Magnet Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.Universitas Muhammadiyah Mataram.Jurnal Pendidikan Fisika Vol.2 No.2,ISSN 2460-9587.

Sadirman. 2016. Interaksi&Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan,Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,Dan R&D. Bandung:Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyanto, 2017. Pop-up sebagai media pembelajaran fisika materialat optik untuk SMA. Universitas Negeri Malang.jurnal fisika.Vol,6 No.2, ISSN 2252-6935.Diakses pada tanggal 04 maret 2018.

Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Downloads

Published

2019-08-07

Issue

Section

Articles