PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK POP UP UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK KELAS VIII SMPN 19 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.895Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Kotak Pop-Up, Motivasi belajar.Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran kotak pop up pada pokok bahasan cahaya dan alat optik, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metoderesearch and development (R & D). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 19 Mataram Kelas VIIIC sebanyak 35 siswa. Data diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berupa kotak Pop Up memiliki kriteria yang
sangat baik berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi. Media kotak pop up yang dikembangkan juga memiliki kriteria yang cukup baik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan persentase sebesar 75% bila
dibandingkan sebelum menggunakan kotak Pop Up yaitu sebesar 49%. Peningkatan motivasi belajar secara klasikal juga berada pada kriteria sedang dengan normalisasi gain sebesar 0,50. Berdasarkan hasil dari
penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran kotak pop up dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIIC SMPN 19 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018.
References
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers
Arikunto,Suharsimin. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, Saifuddin. 2015. Tes Prestasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Cahyo,Suryo,dkk. 2016. Ipa Fisika Jilid 2 Kurikulum 2013 .Jakarta: Erlangga
Giancoli.2001. Physics Fifth Edition.Jakarta: Erlangga
Hake, R.R. (1998). Interactive-engagement versustraditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics 66, 64 (1998). 10.1119/ 1.18809
Hamalik, Oemar. 2001.Proses Belajar Mengajari. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Mahayani, Septi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Kotak Pop-up Berbasis Problem Solving Untuk Menunjang Pembelajaran Fisika Materi Cahaya dan Alat Optik: Institut Agama Islam Raden Intan Malang,Jurnal Pensisikan Fisika Diakses pada tanggal 08 Januari 2018
Riduwan. 2014. Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sabaryati,Johri. 2016. Pengembangan Alat Peraga Sederhana Ayunan Magnetik Pada Materi Gaya Magnet Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.Universitas Muhammadiyah Mataram.Jurnal Pendidikan Fisika Vol.2 No.2,ISSN 2460-9587.
Sadirman. 2016. Interaksi&Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Pendidikan,Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif,Dan R&D. Bandung:Alfabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Sugiyanto, 2017. Pop-up sebagai media pembelajaran fisika materialat optik untuk SMA. Universitas Negeri Malang.jurnal fisika.Vol,6 No.2, ISSN 2252-6935.Diakses pada tanggal 04 maret 2018.
Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.