PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KALSEG FISIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMN KONSEP SISWA KELAS X MATERI USAHA
DOI:
https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.897Keywords:
Pengembangan media KalSeg, pemahaman konsep.Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran KalSeg untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas X materi Usaha. Penelitian ini menggunakan metode researah anddevelopment (R & D). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TSM SMK Muhammadiyah Mataram. Model pengembangan yang digunakan adalah Dick & Carey yang terdiri dari 10 langkah yang
harus diikuti untuk menghasilkan produk berupa KalSeg yaitu : (1) Analisis kebutuhan dan tujuan, (2) Analisis pembelajaran, (3) Analisis pembelajaran (siswa) dan konteks, (4) Merumuskan tujuan performansi,
(5) Mengembangkan instrument, (6) Mengembangkan strategi pembelajaran, (7) Mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (8) Merancang dan melakukan evaluasi vormatif, (9) Melakukan revisi dan,
(10) Evaluasi sumatif. Data diperoleh melalui observasi, dokumentasi, angket dan instrument soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mengukur pemahaman konsep belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran KalSeg yang dikembangkan oleh peneliti memiliki kriteria yang sangat baik berdasarkan penilaian dari ahli dan praktisi. Media pembelajaran KalSeg memiliki pengaruh untuk peningkatan pemahaman konsep belajar yaitu sebelum meggunakan media diperoleh 33,21 dan setelah menggunkan media 69,90, secara klasikal juga berada pada kriteria sedang dengan gain sebesar 0,54. Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa memiliki peningkatan 67 % di atas nilai KKM. Berdasarkan hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran KlaSeg dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa kelas X TSM SMK Muhammadiyah Mataram, Tahun Pelajaran 2017/2018.
References
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajara. Jakarta: Rajawali Pers.
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi.2006. Dasar-dasar penelitian. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Azhari, Susuknan. 2012. Kalender islam kearah integrasimuhammadiyah-NU. Yogyakarta: Museum Astronomi Islam
Azwar, Saifuddin. 2015. Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Penggukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme guru dalam pembelajaran. Surabaya: Percetakan Insane Cendekiya.
Baharuddin. H, dkk. 2015. Teori belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Basyirudin, dkk. 2002. Media pembelajaran. Yogyakarta : USAID
Darsono, Ruswan. 2010. Penggalang isalam, tinjauan system, fiqh dan hisap penanggalan. Yogyakarta: Labda Press
Djamarah, syaiful bahri. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Djamarah, syaiful bahri, dkk. 2006. Strategi belajar mengajar. Jakarta. Rineka Cipt.
Emzir. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Hake. R. R.(1889). Interactive-engegement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanic test data for introductory physics courses. American Journal of Physics 66,64(1998).10.1119/1.18809.
Hamalik, Oemar. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Handayani, Dede Fitroh. 2010. Skripsi meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui pendekatan keterampilan proses pada konsep laju reaksi. Diakses pada tanggal 2 mei 2017
Halliday, David, dkk. Dasar-Dasar Fisika Versi Diperluas, Jilid 1. Tangerang: BINARUPA AKSARA Publiser.
Ilmi, Nazwatul, dkk. 2016. Pengembangan instrument keterampilan proses sains pada pembelajaran fisika SMA: Vol.V ISSN: 2339-0654. Diakses pada tanggal 2 mei 2017
Jati, Bambang Murdaka Eka, dkk. 2013. Fisika dasar untuk mahasiswa ilmu-ilmu eksata, teknik dan kedokteran.Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET
Koyan, Wayan. 2011. Assessment dalam pendidikan. Universitas Pendidikan. Ganesa Press.
Muhaimin, A, dkk. 2015. Pengembangan media kapasitor dan pengaruhnya terhadap pemahaman konsep dan sikap ilmiah siswa. Jurnal pendidikan fisika indonesia: ISSN:1693-1246. Diakses pada tanggal 3 mei 2017
Mulyati, arifin. 1995.Pengembangan program pengajaran bidang studi komia. Bandung.
Parlin, dkk. 2015. Pengembangan media pembelajaran berbasis kircoft untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi medan magnet. Universitas Trisakti, Vol.V ISSN: 3228-0465. Diakses pada tanggal 10 Desember 2016
Punaji, Setyosari. 2015. Metodelogi pengembangan. Jakarta : Delia Citra Utama
Rofiah, dkk. 2015. Pengembangan buku pengayaan pengetahuan berbasis kontekstual pada ateri optik : Universitas Negeri Jakarta, Vol.IV ISSN: 2339-0654. Diakses pada tanggal 13 Desember 2016
Ropita, dewi. 2016. Penegembangn bulletin fisika berbentuk buku saku untuk meningkatkan pemahaman konsep belajae siswa kelas X SMA Nurul Jannah : Universitas Muhammadiyah Mataram.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta
Sugiyono. 2015. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta
Supardi . 2006. Metode penelitian. Jakarta Timur : Bumi Gora
Salmina, Mik & Adyansyah, Fadlillah. 2017. Analisis Kualitasnsoal Ujian Matematika Semester Genap Kelas XI SMA Inshafuddin Kota Banda Aceh. ISSN 2355-0074. Vol 4. No. 1
Sambudi, A & Morik. 2009. Pengguanaan alat peraga papan optic untuk meningkatkan hasil belajar pemantulan cahaya pada siswa VII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN 1693-1264.
Uno, Hamzah B. 2014. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT.Bumi Aksara
Usman, M. Basyiruddin, dkk. 2002. Media pembelajaran. Jakarta: Delia Citra Utama(http://walisongo.ac.id/3751/3/102111087_Bab2.pdf)
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.