ANALISIS RESPON SISWA TERHADAP PENGGUNAAN GAME EDUKASI QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.10568Keywords:
Game edukasi, Quizizz, Respons siswaAbstract
Abstrak:Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan game edukasi Quizizz dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif tentang tingkat kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran matematika menggukan Quizizz. Data yang akan digunakan merupakan data yang didapatkan melalui angket respon peserta didik. Respons peserta didik dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert, kemudian dianalisis menggunakan teknik kategorisasi data. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 1 Pengasih di kelas X MIPA 2. Sampel yang digunakan adalah 36 peserta didik dengan 18 peserta didik dengan hasil belajar rendah (B1) dan 18 peserta didik dengan hasil belajar tinggi (B2). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Quizizz yang dikembangkan oleh peneliti dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian terhadap penggunaan Quizizz yang dikembangkan oleh peneliti menunjukkan bahwa pada peserta didik B1 menunjukkan bahwa Quizizz yang digunakan bermanfaat, mudah dipakai, mudah dipelajari, dan peserta didik B1 puas dengan Quizizz yang digunakan. Sedangkan pada peserta didik B2 menunjukkan bahwa Quizizz yang digunakan bermanfaat, mudah dipakai, mudah dipelajari, dan peserta didik B2 puas dengan Quizizz yang digunakan. Selain itu, diperoleh data hasil uji statistik yang mengatakan bahwa walaupun peserta didik B1 dan B2 memiliki perbedaan hasil belajar, itu tidak mempengaruhi respon peserta didik terhadap proses pembelajaran menggunakan Quizizz.
Â
Abstract:The purpose of the study was to determine the response of students to the use of educational games Quizizz in learning mathematics. This research is a descriptive study about the level of student satisfaction in the learning process using Quizizz. Student responses were collected using a questionnaire with a Likert scale, then analysed using data categorization techniques. The population used in this study were students of SMA Negeri 1 Pengasih in class X MIPA 2. The sample used was 36 students with 18 students with low learning outcomes (B1) and 18 students with high learning outcomes (B2). The instrument used in this research is Quizizz which was developed by the researcher and student response questionnaire. The results of the study on the use of Quizizz developed by the researchers showed that the B1 students showed that the Quizizz used was useful, easy to use, easy to learn, and the B1 students were satisfied with the Quizizz used. Meanwhile, B2 students showed that the Quizizz used was useful, easy to use, easy to learn, and B2 students were satisfied with the Quizizz used. In addition, statistical test results were obtained which said that although students B1 and B2 had different learning outcomes, it did not affect students' responses to the learning process using Quizizz
References
Age, J. G., Hamzanwadi, U., Ifadah, A. S., & Dini, A. U. (2022). Minat anak terhadap kegiatan literasi selama pembelajaran tatap muka terbatas masa pandemi covid-19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 6(01), 285–290.
Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan media pembelajaran Quizizz untuk pembelajaran jenjang pendidikan dasar dan menengah di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.
Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan penggunaan media pembelajaran berbasis game edukasi Quizizz terhadap hasil belajar teknologi perkantoran siswa kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(2), 261–272. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8242/4081
Haris, I. N. (2018). Model pembelajaran peer teaching dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–8. www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/download/191/170
Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678
Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541.
Kalahatu, M. F. (2021). Persepsi peserta pelatihan dasar terhadap penggunaan quizizz sebagai metode evaluasi pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(01), 163–178. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1228
Kurnia, L. D., Haryati, S., & Linda, R. (2022). Pengembangan Instrumen Evaluasi Higher Order Thinking Skills Menggunakan Quizizz Pada Materi Termokimia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(1), 176-190.
Kurniawan, D. E., & Makin, M. (2021). Pengaruh metode pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Education and Development, 9(2), 47–51.
Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 6(1), 94–103. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i1.14356
Nadhifah, M., Winata, V. P., & Aini, K. N. (2022). Fun learning sebagai alternatif untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa MI terdampak covid-19 di desa Sawo kabupaten Gresik. Inspiramatika, 7(3), 80–87.
Nasution, S. H. (2018). Pentingnya literasi teknologi bagi mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 14–18. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/3168
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Nurfadilah, N., Putra, D. P., & Riskawati, R. (2021). Pembelajaran daring melalui game edukasi Quizizz terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(2), 182–189. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i2.2870
Putra, M. W. P., & Kasmiarno, K. S. (2020). Pengaruh covid-19 terhadap kehidupan masyarakat Indonesia: sektor pendidikan, ekonomi dan spiritual keagamaan. POROS ONIM: Jurnal Sosial Keagamaan, 1(2), 144–159. https://doi.org/10.53491/porosonim.v1i2.41
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2018). Integrasi teknologi digital dalam pembelajaran di era industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 42–54. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.203
Sarah, C., Karma, I. N., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa pada mata pelajaran matematika di gugus II Cakranegara. Progres Pendidikan, 2(1), 13–19. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.60
Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak pembelajaran daring bagi siswa sekolah dasar selama covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732
Susanti, D. I., & Prameswari, J. Y. (2020). Adaptasi blended learning di masa pandemi COVID-19 untuk pembelajaran bahasa inggris di sekolah dasar. Lingua Susastra, 1(2), 50–61. https://doi.org/10.24036/ls.v1i2.8
Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 (studi pada persepsi mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526.
Zuhby, N. El. (2021). Tafakur pandemi coronavirus Covid-19 dalam perspektif pendidikan islam. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 14(1), 1–27. https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh%0ATAFAKUR
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.