PENGEMBANGAN MEDIA INFORMASI BERBASIS WEB BLOG PADA LABORATORIUM PENDIDIKAN MASYARAKAT FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i1.12022Keywords:
Laboraturium, Web Blog Media InformasiAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media informasi berbasis web blog ada Laboraturium Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and develpoment (R&D) dengan 5 tahapan yang didasarkan pada teori ADDIE yaitu analisis kebutuhan (analysis), perencanaan (design), pengembangan produk (develpoment), implementasi (implementation) dan evaluasi (evalution). Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya serta 3 orang validator di bidang bahasa, media dan materi. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap analisis kebutuhan melalui penyebaran angket secara online didapatkan hasil bahwa produk dibutuhkan oleh laboraturium untuk menunjang aktivitas-aktivitas laboraturium. Dilanjutkan tahap perencanaan yang meghasilkan storyboard sebagai rancangan awal produk yang kemudian didapatkan hasil dari tahap uji validasi pada tahap pengembangan oleh 3 ahli validator menghasilkan skor total 95 dengan persentase rata-rata 84,3% serta saran dan komentar yang menjadi acuan peneliti untuk merevisi produk. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk layak untuk diterapkan pada Laboraturium Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya sedangkan pada tahap selanjutnya yaitu tahap implementasi, hasil uji coba produk pada kelompok kecil menghasilkan skor total 297 dengan persentase 82,5% yang menunjukkan bahwa produk layak untuk diterapkan pada Laboraturium Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Sriwijaya.
Abstract: Â This study aims to develop a web-based blog information media at the Public Education Laboratory of FKIP Sriwijaya University. The type of research used is research and development (R&D) with 5 stages based on ADDIE theory, namely needs analysis (analysis), planning (design), product development (develpoment), implementation (implementation) and evaluation (evaluation). The research subjects were lecturers and students of Community Education FKIP Sriwijaya University as well as 3 validators in the fields of language, media and materials. Methods of data collection using questionnaires, interviews, and documents. The results showed that at the needs analysis stage through the distribution of online questionnaires, the products needed by the laboratory were found to support laboratory activities. Followed by the planning stage which produces a storyboard as the initial design of the product which is then obtained from the validation test stage at the development stage by 3 validator experts so that a total score of 95 is obtained with an average percentage of 84.3% as well as suggestions and comments that become a reference for researchers to revise product. These results indicate that the product is feasible to be applied in the Community Education Laboratory of FKIP Sriwijaya University while in the next stage, namely the implementation stage, the results of product trials in small groups resulted in a total score of 297 with a percentage of 82.5% which indicates that the product is feasible to be applied in Education Laboratory. Sriwijaya University FKIP Community.
References
Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168-175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615
Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan media sosial (instagram) sebagai media penyajian kreasi seni dalam pembelajaran. JPKS (Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni), 6(1). http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v6i1.11602
Harminingtyas, R. (2014). Analisis layanan website sebagai media promosi, media transaksi dan media informasi dan pengaruhnya terhadap brand image perusahaan pada hotel ciputra di kota semarang. Jurnal Stie Semarang (Edisi Elektronik), 6(3), 37-57.
Hidayati, N. (2020). 42-54 Implementasi Inovasi Dalam Organisasi Kependidikan. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial, 18(2), 42-54. https://doi.org/10.37216/tadib.v18i2.375
Inawati, A., & Puspasari, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Ular Tangga Berbasis Unity 3D Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di SMKN 4 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 96-108. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p96-108
Mabruroh, M. (2022). Pengembangan e-modul IPA model flip PDF professional pada materi tata surya kelas VII di SMP/MTs (Doctoral dissertation, UIN KH Achmad Siddiq Jember). http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9457
Nisa, E. M., Bahar, A., Purwidiani, N., & Romadhoni, I. F. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Kompetensi Dasar Personal Hygiene Di SMK Negeri 2 Ponorogo. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/47926
Rahman, A., Naldi, W., Arifin, A., & Mujahid, F. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Np 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Dan Implikasinya Terhadap Pelaksanaan Pendidikan Di Indonesia, 4(1), 98-107. https://doi.org/10.36787/jsi.v4i1.552
Raharja, U., Harahap, E. P., & Devi, R. E. C. (2018). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas pada Raharja Internet Cafe Terhadap Kegiatan Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Teknoinfo, 12(2), 60-65. https://doi.org/10.33365/jti.v12i2.54
Rayanto, Yudi Hari. Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute, 2020.
Rompas, G. P. (2013). Likuiditas Solvabilitas Dan Rentabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Bumn Yang Terdaftar Dibursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3). https://doi.org/10.35794/emba.1.3.2013.2014
Sari, F. A., Suseno, N., & Riswanto, R. (2019). Pengembangan modul fisika online berbasis web pada materi usaha dan energi. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 129-135. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.476
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis kebijakan pendidikan terkait implementasi pembelajaran jarak jauh pada masa darurat covid 19. Jurnal Mappesona, 3(2). https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/mappesona/article/view/830
Febtriko, A., & Puspitasari, I. (2018). Mengukur Kreatifitas Dan Kualitas Pemograman Pada Siswa Smk Kota Pekanbaru Jurusan Teknik Komputer Jaringan Dengan Simulasi Robot. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 3(1), 1-9. https://doi.org/10.36341/rabit.v3i1.419
Suryani, L. N. I. (2021). Rancang Bangun Website Biro Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Doctoral dissertation, STMIK Palcomtech).
Uno, H. B., & Ma'ruf, A. R. K. (2016). Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis website untuk siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3), 169-185. https://doi.org/10.21009/jtp.v18i3.5372
Utami, F. T., & Zanah, M. (2021). Youtube Sebagai Sumber Informasi Bagi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 11(1), 78-84. https://doi.org/10.53696/27219283.64
Winiya, A., Maulana, I., Sinaga, I. F., & Amal, W. M. I. (2021). Inovasi Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah. Mudabbir (Journal Research And Education Studies), 1(2), 72-83. http://jurnal.permapendis-sumut.org/index.php/mudabbir/article/view/77
Yulandina, A., Antoni, C., & Firmanda, A. (2018). Optimalisasi unsur live shoot dan motion graphic untuk promosi digital lembaga paud. Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca), 1(1), 1-19. https://doi.org/10.30871/deca.v1i1.588
Yunus, Y., & Fransisca, M. (2020). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis android pada mata pelajaran kewirausahaan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 118-127. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.32424
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.