DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DI DUNIA PENDIDIKAN INDONESIA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Gigih Marisna Putra Universitas Semarang
  • Rini Sugiarti Universitas Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i1.12169

Keywords:

Covid-19, Motivasi, pembelajaran daring

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran daring yang sangat berpengaruh pada motivasi belajar siswa. Motivasi siswa sangatlah penting yang dapat menentukan prestasi dan masa depan mereka. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur dengan data sekunder dari beberapa jurnal penelitian yang berkaitan dengan motivasi siswa dan berbagai permasalahan dalam pembelajaran daring yang mayoritas berlangsung di masa pandemi Covid-19. Hasil dari penelitian ini sebagian besar adalah keluhan masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran daring yang dampaknya berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa seperti secara ekstrnal adalah pembelajaran, platform dan gaya mengajar daring, dukungan orang tua,durasi,waktu,dll, kemudian secara internal adalah dari kemandirian siswa sendiri yang menyebabkan peningkatan dan penurunan terhadap motivasi belajar siswa selama pembelajaran daring semasa pandemi Covid-19.

Abstract: This study aims to determine the various problems faced in online education that significantly affect students' learning motivation. Student motivation is fundamental that can evaluate their achievement and future. This research was conducted using a qualitative approach with a literature study method with secondary data from several research journals related to student motivation and various online learning problems, most of which occurred during the Covid-19 pandemic. The results of this study are mostly complaints of problems that occur in the online learning process whose impact influences student learning motivation as externally is learning, platforms and online teaching styles, parental support, duration, time, etc., then internally is from independence the students themselves caused an increase and decrease in student learning motivation during online learning during the Covid-19 pandemic.

References

Alam Sur, W. A. H., Hasanah, M., & Mustofa, M. R. (2020). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa dengan Sistem Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 157–171. https://doi.org/10.29300/EQUATION.V3I2.3464

Aprizan, A., Subhanadri, S., & Avana, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Jurnal Basicedu, 5(5), 3445–3459. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I5.1325

Ariefin, D., & Darmawan, I. P. A. (2021). Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Melalui Kreativitas Guru Selama Masa Pandemi. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 55–63. https://doi.org/10.46494/PSC.V17I1.129

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/JP.V7I4.2941

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–989. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I3.476

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/EDU.V2I1.112

Hutagaol, A. S. R. (2021). Analisis Kesulitan Guru Matematika Kelas VII Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Di SMP Nusantara Indah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 3(2), 16–22. https://doi.org/10.21009/JRPMJ.V3I2.22121

Jamadi, J. (2021). Problematika Pembelajaran Daring Dan Solusinya Studi Kasus Di SMKN 4 Yogyakarta. Academia: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 78–88. https://doi.org/10.51878/ACADEMIA.V1I1.484

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(1). https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/585

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44

Khunaini, N., & Sholikhah, N. (2021). Pengaruh Penggunaan Learning Management System Google Classroom Dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2079–2091. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I5.737

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110. https://doi.org/10.24235/ILEAL.V3I1.1820

Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, 20(2), 76–87. https://doi.org/10.24036/DIAKRONIKA/VOL20-ISS2/148

Maptuhah, M., & Juhji, J. (2021). Pengaruh Perhatian Orangtua dalam Pembelajaran daring terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 25–34. https://doi.org/10.54069/ATTADRIB.V4I1.127

Putriana, C., & Luma’ati Noor, N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. MATH LOCUS: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Matematika, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.31002/MATHLOCUS.V2I1.1642

Rahmawati, R., & Putri, E. M. I. (2020). Learning From Home dalam Perspektif Persepsi Mahasiswa Era Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 17–24. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/3

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19 ). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(April), 13–21. http://jurnal.harapan.ac.id/index.php/Prioritas/article/view/161

Solina, W., Erlamsyah, E., & Syahniar, S. (2013). Hubungan Antara Perlakuan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Disekolah. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/02013211247-0-00

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(2), 100. https://doi.org/10.26623/jreb.v13i2.2434

Suhaemi, A. N., Laurenza, D., Pandu, F. B., & Abhista, D. P. (2020). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Daring di Era pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multi Disiplin 3 (SNIPMD 3), 195–199. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/view/27

Suttrisno. (2021). Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.32665/JURMIA.V1I1.190

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/METALINGUA.V5I1.7072

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/JPPG.V1I1.12462

Walsyukurniat, Z. (2020). Gerakan Mencegah Daripada Mengobati Terhadap Pandemi Covid-19. Jurnal Education And Development, 8(2), 242–242. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1689

Yudharsyah, J., Kresnadi, H., & Suparjan, S. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya Pada Siswa Kelas V Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(6). https://doi.org/10.26418/JPPK.V10I6.47158

Downloads

Published

2023-01-21

Issue

Section

Articles