PERAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MEMPOSISIKAN LULUSAN SISWANYA MENCARI PEKERJAAN

Authors

  • Aprilia Santika Universitas Pendidikan Indonesia
  • Eva Riris Simanjuntak Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rizky Amalia Universitas Pendidikan Indonesia
  • Siti Rainy Kurniasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i1.12626

Keywords:

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Posisi Lulusan SMK, Pekerjaan

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan agar mengetahui peranan sekolah khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam memposisikan lulusannya bekerja. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian campuran berupa data kualitatif berdasarkan kajian studi literatur dari berbagai sumber dan data kuantitatif dari hasil survey wawancara pada beberapa SMK yaitu pada SMKN 1 Cipatujah, SMKN 4 Bandung, SMKN 13 Bandung, dan  SMK Al Wafa Ciwidey. Selain itu, penelitian ini juga mengambil data dari hasil penyebaran angket pada siswa dan lulusan SMK berjumlah 50 responden dari berbagai SMK di Indonesia secara acak. Hasil penelitian bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran yang sangat penting dalam membantu siswanya dalam mendapatkan pekerjaan. Namun, untuk jaminan sendiri sekolah tidak dapat menjamin 100% karena semuanya kembali lagi kepada kemampuan siswa tersebut. Sekolah telah memberikan upaya dengan cara menyediakan tes minat bakat, bimbingan karir, Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada industri-industri, dan juga Teaching Factory.

Abstract:  This study aims to determine the role of schools, especially in Vocational High Schools in positioning graduates to work. The research method used is a mixed research method in the form of qualitative data based on a study of literature from various sources and quantitative data from interview survey results at several vocational schools, namely at SMKN 1 Cipatujah, SMKN 4 Bandung, SMKN 13 Bandung, and SMK Al Wafa Ciwidey. In addition, this study also took data from the results of distributing questionnaires to students and vocational school graduates totaling 50 respondents from various vocational schools in Indonesia at random. The results of the research that Vocational High Schools (SMK) have a very important role in helping their students in getting a job. However, for its own guarantee the school cannot guarantee 100% because everything comes back to the ability of the student. The school has made efforts by providing aptitude interest tests, career guidance, Field Work Practices (PKL) in industries, and also Teaching Factories.

References

Albert, A. (2020). Studi Soft Skill Lulusan Pendidikan Kejuruan Di Tempat Kerja. Solusi, 18(4). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2837

Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12965

Dikmenjur. (1996). Konsep Pendidikan Sistem Ganda pada SMK di Indonesia (Online). Malang: SMK Bidang Keahlian Jasa.

Direktorat Pembinaan SMK. Undang Undang tentang Pendidikan Kejuruan.

Faridin, A. N. (2019). Pentingnya Pendidikan Kejuruan Untuk Penyiapan Sumber Daya Manusia. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif, 39–43.

Fitriani, E., & Mahsup, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541

Hanafi, I. (2013). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021

Haq, S., Jalinus, N., Giatman, M., & Ganefri, G. (2021). Kewirausahaan Pada Kurikulum Pendidikan Kejuruan. CIVED, 8(2), 85. https://doi.org/10.24036/cived.v8i2.112268

Harahap, Z., & Ritonga, A. K. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepariwisataan Dalam Pendidikan Kejuruan. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 8(1), 63–76. https://doi.org/10.36983/japm.v8i1.71

Haryoko, S., & Jaya, H. (2017). Pengembangan Media Ajar Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Kejuruan. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 4(2). https://doi.org/10.26858/mekom.v4i2.5134

Iswanto, Hadi. (2013). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Kejuruan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Iswahyudi, Teguh. (2021). Peran Sekolah dan Dunia Industri dalam Mempersiapkan Siswanya Mencari Pekerjaan. Wawancara Narasumber SMKN 4 Bandung.

Juwitaningrum, I.. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK.. PSICOPEDAGOGIA. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 132-147.

Mahsup, M., & Anwar, Y. S. (2018). Pengaruh Metode Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Ulul Albab, 22(2). https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.584

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Maysitoh, M., Agung, D. F., & Afdal, A. (2018). Pendidikan Kejuruan di Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Karier. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 89. https://doi.org/10.23916/08432011

Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612

Mustofa, M.U., Suswanto, H., and Nyoto, A. (2017). Analisis Praktik Kerja Industri Siswa SMK dalam Menyesuaikan Kebutuhan Dunia Kerja. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 244-251.

Nugraha, Rifky, S. (2021). Peran Sekolah dan Dunia Industri dalam Mempersiapkan Siswanya Mencari Pekerjaan. Wawancara Narasumber SMK AlWAFA Ciwidey.

Nurfiati, N., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2020). Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3509

Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 27. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.760

Roseno, I., & Wibowo, U. B. (2019). Efisiensi eksternal pendidikan kejuruan di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 15–24. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.10558

S, Santika. (2021). Peran Sekolah dan Dunia Industri dalam Mempersiapkan Siswanya Mencari Pekerjaan. Wawancara Narasumber SMKN 13 Bandung.

Suranto. (2008). Pendidikan Berorientasi Tenaga Kerja Berbasis Mendasar dan Fokus. 7(02). 111-118.

Virgianto, G., Permana, T., and Komaro, M. (2019). Minat Bekerja, Berwirausaha, dan Melanjutkan Studi Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1). 36-41.

Wardiman, D. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Jayakarta.

Yana, & Wati, K. D. K. W. M. (2021). Strategi Diferensiasi Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Kejuruan (Studi Kasus Di SMK N 5 Bojonegoro). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09, 956–980.

Yosef. (2021). Peran Sekolah dan Dunia Industri dalam Mempersiapkan Siswanya Mencari Pekerjaan. Wawancara Narasumber SMKN 1 Cipatujah

Downloads

Published

2023-01-22

Issue

Section

Articles