PERAN PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MEMPOSISIKAN LULUSAN SISWANYA MENCARI PEKERJAAN
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i1.12626Keywords:
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Posisi Lulusan SMK, PekerjaanAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan agar mengetahui peranan sekolah khususnya pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam memposisikan lulusannya bekerja. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian campuran berupa data kualitatif berdasarkan kajian studi literatur dari berbagai sumber dan data kuantitatif dari hasil survey wawancara pada beberapa SMK yaitu pada SMKN 1 Cipatujah, SMKN 4 Bandung, SMKN 13 Bandung, dan SMK Al Wafa Ciwidey. Selain itu, penelitian ini juga mengambil data dari hasil penyebaran angket pada siswa dan lulusan SMK berjumlah 50 responden dari berbagai SMK di Indonesia secara acak. Hasil penelitian bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran yang sangat penting dalam membantu siswanya dalam mendapatkan pekerjaan. Namun, untuk jaminan sendiri sekolah tidak dapat menjamin 100% karena semuanya kembali lagi kepada kemampuan siswa tersebut. Sekolah telah memberikan upaya dengan cara menyediakan tes minat bakat, bimbingan karir, Praktek Kerja Lapangan (PKL) pada industri-industri, dan juga Teaching Factory.
Abstract:Â This study aims to determine the role of schools, especially in Vocational High Schools in positioning graduates to work. The research method used is a mixed research method in the form of qualitative data based on a study of literature from various sources and quantitative data from interview survey results at several vocational schools, namely at SMKN 1 Cipatujah, SMKN 4 Bandung, SMKN 13 Bandung, and SMK Al Wafa Ciwidey. In addition, this study also took data from the results of distributing questionnaires to students and vocational school graduates totaling 50 respondents from various vocational schools in Indonesia at random. The results of the research that Vocational High Schools (SMK) have a very important role in helping their students in getting a job. However, for its own guarantee the school cannot guarantee 100% because everything comes back to the ability of the student. The school has made efforts by providing aptitude interest tests, career guidance, Field Work Practices (PKL) in industries, and also Teaching Factories.References
Albert, A. (2020). Studi Soft Skill Lulusan Pendidikan Kejuruan Di Tempat Kerja. Solusi, 18(4). https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2837
Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i2.12965
Dikmenjur. (1996). Konsep Pendidikan Sistem Ganda pada SMK di Indonesia (Online). Malang: SMK Bidang Keahlian Jasa.
Direktorat Pembinaan SMK. Undang Undang tentang Pendidikan Kejuruan.
Faridin, A. N. (2019). Pentingnya Pendidikan Kejuruan Untuk Penyiapan Sumber Daya Manusia. Seminar Nasional Pendidikan Teknik Otomotif, 39–43.
Fitriani, E., & Mahsup, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Pemahaman. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi. https://doi.org/10.31764/justek.v1i2.3541
Hanafi, I. (2013). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021
Haq, S., Jalinus, N., Giatman, M., & Ganefri, G. (2021). Kewirausahaan Pada Kurikulum Pendidikan Kejuruan. CIVED, 8(2), 85. https://doi.org/10.24036/cived.v8i2.112268
Harahap, Z., & Ritonga, A. K. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Kepariwisataan Dalam Pendidikan Kejuruan. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 8(1), 63–76. https://doi.org/10.36983/japm.v8i1.71
Haryoko, S., & Jaya, H. (2017). Pengembangan Media Ajar Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan Kejuruan. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 4(2). https://doi.org/10.26858/mekom.v4i2.5134
Iswanto, Hadi. (2013). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Kejuruan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Iswahyudi, Teguh. (2021). Peran Sekolah dan Dunia Industri dalam Mempersiapkan Siswanya Mencari Pekerjaan. Wawancara Narasumber SMKN 4 Bandung.
Juwitaningrum, I.. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK.. PSICOPEDAGOGIA. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(2), 132-147.
Mahsup, M., & Anwar, Y. S. (2018). Pengaruh Metode Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Ulul Albab, 22(2). https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.584
Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673
Maysitoh, M., Agung, D. F., & Afdal, A. (2018). Pendidikan Kejuruan di Era Industri 4.0: Tantangan dan Peluang Karier. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 3(3), 89. https://doi.org/10.23916/08432011
Muhardini, S., Rahman, N., Mahsup, M., Sudarwo, R., Anam, K., & Fujiaturrahman, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Box Nusantara untuk Membentuk Kemampuan Memahami Konsep Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 284. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2612
Mustofa, M.U., Suswanto, H., and Nyoto, A. (2017). Analisis Praktik Kerja Industri Siswa SMK dalam Menyesuaikan Kebutuhan Dunia Kerja. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 244-251.
Nugraha, Rifky, S. (2021). Peran Sekolah dan Dunia Industri dalam Mempersiapkan Siswanya Mencari Pekerjaan. Wawancara Narasumber SMK AlWAFA Ciwidey.
Nurfiati, N., Mandailina, V., Mahsup, M., Syaharuddin, S., & Abdillah, A. (2020). Effect of Make A Match Learning Model on Student Learning Outcomes on Statistical Materials. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(1), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v3i1.3509
Rahmatin, N., Pramita, D., Sirajuddin, S., & Mahsup, M. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode Creative Problem Solving (CPS) Pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 3(1), 27. https://doi.org/10.31764/jtam.v3i1.760
Roseno, I., & Wibowo, U. B. (2019). Efisiensi eksternal pendidikan kejuruan di Kota Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 15–24. https://doi.org/10.21831/amp.v7i1.10558
S, Santika. (2021). Peran Sekolah dan Dunia Industri dalam Mempersiapkan Siswanya Mencari Pekerjaan. Wawancara Narasumber SMKN 13 Bandung.
Suranto. (2008). Pendidikan Berorientasi Tenaga Kerja Berbasis Mendasar dan Fokus. 7(02). 111-118.
Virgianto, G., Permana, T., and Komaro, M. (2019). Minat Bekerja, Berwirausaha, dan Melanjutkan Studi Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1). 36-41.
Wardiman, D. (1998). Pengembangan Sumber Daya Manusia melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Jayakarta.
Yana, & Wati, K. D. K. W. M. (2021). Strategi Diferensiasi Dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Kejuruan (Studi Kasus Di SMK N 5 Bojonegoro). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09, 956–980.
Yosef. (2021). Peran Sekolah dan Dunia Industri dalam Mempersiapkan Siswanya Mencari Pekerjaan. Wawancara Narasumber SMKN 1 Cipatujah
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.