KESULITAN BELAJAR: ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP SISWA

Authors

  • Jiji Najiah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Titik Haryati Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Fery Irianto Setyo Wibowo Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Niam Rohmatullah Institut Ummul Quro Al-Islami
  • Ory Syafari Jamel Sutiyan Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i1.12798

Keywords:

Kesulitan belajar, Pembelajaran Daring, Covid-19

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar pada pola dan metode pendidikan yang awalya tatap muka menjadi daring secara mendadak dan tiba-tiba. Fenomena ini memaksa guru dan siswa beradaptasi pada pembelajaran daring yang belum dipersiapkan secara matang. Perbedaan pola dan metode pembelajaran ini menimbulkan kesulitan-kesulitan belajar pada siswa. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat kesulitan belajar yang dihadapi siswa ketika melakukan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SMPN 1 Cipanas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan 56 Sampel responden siswa Kelas VII SMPN 1 Cipanas. Data yang terkumpul diuji keabsahannya dengan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian dianalisis menggunakan analasis data kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kesulitan belajar yang dihadapi siswa ketika mengikuti pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 sebesar 75,94% masuk pada kategori tinggi. Indikator yang paling mempengaruhi yaitu kesulitan belajar yang disebabkan oleh ketidakstabilan jaringan.

Abstract:  The Covid-19 pandemic has had a major impact on education patterns and methods, which were initially face-to-face and suddenly online. This phenomenon forces teachers and students to adapt to online learning that has not been properly prepared. Differences in learning patterns and methods cause learning difficulties in students. So this study aims to look at the learning difficulties faced by students when doing online learning during the Covid-19 pandemic at SMPN 1 Cipanas. This study used a descriptive quantitative approach with 56 sample respondents from Class VII students of SMPN 1 Cipanas. The data collected was tested for its validity by testing the validity and reliability. Then analyzed using descriptive quantitative data analysis. Based on the results of the study it can be concluded that overall the learning difficulties faced by students when participating in online learning during the Covid-19 pandemic in the high category. The most influencing indicator is learning difficulties caused by the unstabled network.

References

Anggrawan. (2020). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Matrik, 18(2).

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V7i4. 2941

Fani, R. Al, Lubis, S., & Dewiyanti, A. (2021). Kesulitan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid 19 di SMP Tengku Umar Medan. Center Of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid- 19 Di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan IBM SPSS 25. Forum Ilmiah Pendidikan Akuntansi Universitas Pgri Madiun.

Haqiqi, K. (2018). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar IPA Siswa SMP Kota Semarang Arghob Khofya Haqiqi Sekolah Tinggi Agama Islam Kudus. Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(1), 37–43.

Herliandry, E., & Kuswanto. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/Jtp.V22i1.15286

Izaak, E., & Sopacua. (2016). Analisis Kesulitan Belajar dan Pencapaian Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri. Cakrawala Pendidikan, 35(3).

Khaeroni, & Nopriyani. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD/MI Pada Pokok Bahasan Sistem Koordinat. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 76–93. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Auladuna.V5i1a7.2018

Kurniawan, R. I., Nindiasari, H., & Setiani, Y. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Wilangan: Jurnal Inovasi dan Riset Pendidikan Matematika, 1(2).

Nabila, H., & Sulistiyaningsih, D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Kelas Xi Sma Negeri 9 Semarang. Seminar Edusainstech Fmipa Unimus 2020.

Niani, C. R., & Rahma, C. (2020). Analisis Kendala Sistem Belajar Daring Terhadap Pembelajaran Matematika Di Kampus. Math Educa Journal, 4(2), 114–122. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15548/Mej.V4i2.1730

Niya, M., Kamaruzzaman, & Sukmawati, E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Online di Masa Pandemi Covid- 19 Kelas VII Sekolah Menengah Pertama PGRI Sosok. Bikons: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 1–6.

Prawantia, L. T., & Sumarni, W. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Pandemic Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 286–291.

Putri, R. N., & Nur, S. (2022). Kesulitan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal J-Bkpi, 2(1), 1–13.

Rahayu, P., Rohana, & Febriani, E. (2021). Analisis Peran Orang Tua Sebagai Pengganti Guru Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Smp Negeri 1 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 87–95. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V6i1.157

Rahmawati, F. F., Setiawan, D., & Roysa, M. (2021). Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Journal For Lesson And Learning Studies, 4(3), 302–308. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jlls.V4i3.32506

Rahmawati, N. R., Rosida, F. E., & Kholidin, F. I. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi di Madrasah Ibtidaiyah. Sittah: Journal Of Primary Education, 1(2), 139–148. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30762/Sittah.V 1i2.2487

Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2021). Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang Pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran Bk Pasca Pandemi Covid-19 Di Berbagai Setting Pendidikan, 61–67.

Sabaniah, S., Ramdhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51276/Edu.V2i1.77

Sadikin, & Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9759

Setiono, P., Handayani, E., & Selvia, S. (2020). Strategi Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di Sekolah Dasar. Juridikdas: Jurnal Riset, 3(3), 402–407.

Simanjuntak, D. R., Ritonga, M. N., & Harahap, M. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Mathematic Education Journal) Mathedu, 3(3), 142– 146.

Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS Versi 17. Jakarta: Kencana Persada Media Group.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistyo, R., & Alyani, F. (2021). Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2460–2470. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i3.849

Sutiyan, O. S. J., Sutiyan, D. R. R. J., Adlin, Irawan, D., & Ardha, M. A. Al. (2022). Eksistensi Muhammadiyah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 21(2).

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid- 19 Pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(5). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15408/Sjsbs.V 7i5.15314

Utamia, E. W. (2020). Kendala dan Peran Orangtua Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 471–479.

Utomo, K. D., & Soegeng, A. Y. (2021). Pemecahan Masalah Kesulitan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Mimbar PGSD, 9(1), 1–9.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional Di Masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/Jppg.V1i1.12462

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orangtua Dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Wilda, Djabba, R., & Halik, A. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring: Studi Kasus Sekolah Dasar di Kabupaten Sidenreng Rappang. Pinisi Journal Of Education, 1(1), 29–35.

Windhiyana, E. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online di Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21009/Pip.341.1

Downloads

Published

2023-01-21

Issue

Section

Articles