MENINGKATKAN KINERJA KEPALA MADRASAH TSANAWIYAH DI KOTA SORONG MELALUI METODE SELF ASSESSMENT
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i1.12881Keywords:
Kinerja, Kepala Madrasah, Self Assesment, Kompetensi Kepala MadrasahAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kinerja Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) di kota Sorong melalui metode self assessment. Jenis penelitian ini adalah penelitian kolaboratif partisipatif antara Peneliti, Pengawas madrasah, dan Kepala madrasah sebagai Subyek Penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data menggunakan uraian deskriptif. Analisis data dilakukan dalam 3 tahap yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peningkatan rata-rata kinerja Kepala MTs di Kota Sorong setelah melalui self assessment meliputi; kompetensi kepribadian sebesar 9%, kompetensi manajerial sebesar 9%, kompetensi kewirausahaan sebesar 12%, kompetensi Supervisi sebesar 9%, dan kompetensi sosial sebesar 11%.
Abstract: The aims of this study to describe the performance improvement of Madrasah Tsanawiyah (MTs) principals in the city of Sorong through the self-assessment method. This type of research is participatory collaborative research between researchers, madrasah supervisors, and madrasa principals as research subjects. Data collection techniques used in this study were interviews, observation, documentation, and data analysis using descriptive analysis. Data analysis was carried out in 3 stages, namely reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the average increase in the performance of MTs Principals in Sorong City after going through self-assessment included; personality competence by 9%, managerial competence by 9%, entrepreneurial competence by 12%, Supervision competence by 9%, and social competence by 11%.References
Andrawan, D. (2016). Peran Self Awareness dalam Memediasi Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 35–43.
Arifin, Z. (2018). Pengaruh Self Assessment Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Surakarta.
Arifin, Z., Sudiyanto, & Hamidi, N. (2018). Pengaruh Self Assessment Terhadap Motivasi Pada Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Tata Arta UNS, 4(3), 103–116.
Dewi, R. (2012). Kinerja Kepala Sekolah: Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Konflik Dan Efikasi Diri. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8.
Ekada, A., Mirfani, A. M., & Sutarsih, C. (2016). Kontribusi kualitas kehidupan kerja, motivasi berprestasi kepala sekolah dan kinerja kepala sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).
Firyomanto, F., Wibawanto, H., & Syamwil, R. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Penilaian Diri, Teman Sejawat, Dan Penilaian Oleh Siswa. Journal Of Research And Educational Research Evaluation, 5(1), 32–40.
Hanafie Das, S. W., & Halik, A. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah & Relasinya Terhadap Profesionalisme Guru. UNSPECIFIED.
Hanafie, S. W., & Halik, A. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah & Relasinya Terhadap Profesionalisme Guru (p. 222). UNSPECIFIED.
Haq, N., Tolkhah, I., & Primarni, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Efikasi Diri Guru Terhadap Kinerja Guru (Studi Kasus pada Guru di Gugus IV Gunung Sari Kecamatan Pamijahan). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Jornal, 1(2), 173–188.
Herawan, E. (2008). Kinerja Kepala Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 7(1).
Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1). https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.2061
Mahmudah Enny W. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara, 1, 391. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=e2ppEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=manajemen+pengetahuan&ots=gV368HYlR3&sig=ugm1Twmq-r6Ya9ITLRHYA6ieJi0
Mangkunegara, A. A. A. P. (2005). Evaluasi kinerja SDM. Tiga Serangkai.
Martha, A. M. (2021). Efektifitas Penilaian Diri dalam Pembelajaran Diklat untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Pelatihan. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(3), 129–133.
McDonald, B., & Boud, D. (2003). The impact of self-assessment on achievement: The effects of self-assessment training on performance in external examinations. Assessment in Education: Principles, Policy and Practice, 10(2), 209–220. https://doi.org/10.1080/0969594032000121289
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29–40.
Miratunnisa, A. I. (2022). Penerapan Pembelajaran Berbasis Self Assessment Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Pembelajaran Pai Di Sekolah Mts Yapi Pakem.
Ramli, M. (2020). Meningkatkan Kinerja Kepala MAN Model Kota Sorong Melalui Metode Self Assesment (Penilaian Diri Sendiri). Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 12(1), 167–186. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v12i1.276
SA’IDU, N. (2021). Meningkatkan Kinerja Kepala Min 6 Semarang Melalui Metode Self Assesment. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), 150–157. https://doi.org/10.51878/elementary.v1i4.615
Simanjuntak, M. V., Maesaroh, M., & Santoso, S. (2014). Evaluasi Kebijakan Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelengaraan Pendidikan (Studi Kasus Evaluasi Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Khusus bagi Penyandang Cacat dan Kelainan). Journal of Public Policy and Management Review, 3(3), 160–167.
Siregar, M., Situmorang, B., Rohana, R., Adi, P. N., Hasibuan, M. N. S., & Kartikaningsih, R. (2020). Pengaruh Perilaku Inovatif terhadap Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dasar di Kabupaten Labuhan Batu. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 119. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v4i2.190
Sopwandin, I. (2019). Paradigma Baru Kepemimpinan Madrasah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 149–158.
Spiller, D. (2012). Assessment matters: Self-assessment and peer assessment. The University of Waikato, 13, 2–18.
Sururi, Saud, U. S., & Suryana, A. (2016). Studi Efektivitas Penilaian Kinerja Kepala Smp Negeri. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 23(2), 161.
Syamsuri, S., & Hermawan, A. (2019). Implementasi Permendikbud Nomor 75 Tahun 2016 Tentang Komite Sekolah dan Manajemen Kepala Sekolah Pada SMK Negeri 5 Kota Banjarmasin. Administraus, 3(1), 173–210.
Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.
Triwiyanto, T. (2015). Kata Kunci: monitoring, evaluasi, pelaporan, penilaian kinerja, manajerial kepala sekolah. Cakrawala Pendidikan, 1, 67–77. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/8074/1509096404204_4177-10828-1-PB.pdf?sequence=1
Walid, M. (2008). Keterampilan Manajerial Kepala Madrasah/Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Lulusan. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1).
Ward, M., Gruppen, L., & Regehr, G. (2002). Measuring self-assessment: current state of the art. Advances in Health Sciences Education, 7(1), 63–80.
Yogaswara, A., Fattah, N., & Sa’ud, U. S. (2010). Kontribusi Manajerial Kepala Sekolah Dan Sistem Informasi Kepegawaian Terhadap Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(2), 60–72.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.