ESENSI MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DAN EKSISTENSI MAHASISWA BERPRESTASI

Authors

  • Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Ahmad Syafak Khoirut Tobib Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.13999

Keywords:

Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, Mahasiswa Beprestasi

Abstract

Abstrak: Kehadiran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) menjadi kebijakan fenomenal dalam dunia pendidikan di Indonesia yang ramai di perbincangkan, konsep dengan tema kemerdekaan dalam belajar untuk menjawab tantangan pendidikan dan mempersiapkan para mahsiswa menghadapi perkembangan zaman. Kurangnya pemahaman esensi MBKM menghambat efektifitas penerapan MBKM diperguruan tinggi terutama bagi mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengkaji esensi MBKM dan eksistensi mahasiswa berprestasi dalam MBKM. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif library research yang menggunakan berbagai sumber kepustakaan yang relevan serta valid dan dianalisa menggunakan teknik content analisys. Hasil penelitian menunjukkan bahwa esensi dari kebijakan MBKM adalah desain pendidikan yang berpusat pada mahasiswa, pendidikan digunakan sebagai media pembebasan anak bangsa dari kebodohan, keterbelakangan dan kemiskinan. Karena pendidikan merupakan salah satu indeks pembangunan suatu bangsa untuk menyiapkan SDM. Mahasiswa berprestasi dalam MBKM adalah Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang memiliki soft skill, hard skill dan power skills. Kesimpulannya, MBKM sangat memberikan stimulasi yang baik bagi eksistensi mahasiswa di masa depan, sebagai respon kreatif dalam menunjang prestasi pengetahuan dan pengalaman mahasiswa, untuk siap hidup di tengah tengah masyarakat dan persaingan dunia kerja.

Abstract:  Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) is a phenomenal policy of education in Indonesia, become a topic very popularly studied and discussed, a concept that carries the theme of independence in learning to answer the educational challenges and prepare students to face the times. Lack of understanding of the essence MBKM hinders the effectiveness of implementing MBKM in higher institutions, especially for students. Therefore, the research aims to examine the essence of MBKM and the existence of outstanding students in MBKM. This research is a literature review with various relevant and valid sources of literature and analyzed using content analysis techniques. The results of the study show that the essence of the MBKM policy is student-centered educational design, education is used as a media for liberating the nation's generation from ignorance, backwardness and poverty. Because education is one of the development indexes of a nation to prepare human resources. Outstanding students in MBKM are excellent human resources who have soft skills, hard skills and power skills. So it can be concluded, MBKM really provides a good stimulus for the existence of students in the future, as a creative response in supporting student knowledge and experience achievements, to be ready to live in the midst of society and competition in the workforce.

References

Aji, M. Q. W. (2019). Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri. Teknodika: Jurnal Penelitian Teknologi Pendidikan, 17(2), 70–84.

Anggraini, S., Palupi, A., Hadi, K., & Arsyad, A. T. (2022). Analisis Dampak Program Pertukaran Pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Mahasiswa Internal. Al-Azhar Indonesia, 3(2), 62–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v3i2.1025

Aswita, D. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Inventarisasi Mitra Dalam Pelaksanaan Magang Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Biotik, 201–206. Riau: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747

Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205. https://doi.org/10.30605/jsgp.4.1.2021.591

Chudzaifah, I., & Hikmah, N. (2021). Tridharma Perguruan Tinggi: Sinergitas Akademisi dan Masyarakat dalam Membangun Peradaban. Journal Al-Fikr, 1(2).

Dirjendikti. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (1st ed.). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI. Retrieved from https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/05/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020-1.pdf

Ellitan, L. (2020). Competing in the Era of Industrial Revolution 4.0 and Society 5.0. Jurnal Maksipreneur, 10(1), 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30588/jmp.v10i1.657

Habib, C. (2019). Peran Mahasiswa di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Setiabudhi, 1(1), 32–43. Retrieved from https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/DeBode/article/download/34/19

Hadipurwa, A., Riani, P., Yulianti, M. F., & Yuningsih, E. K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar untuk Membekali Kompetensi Generasi Muda dalam Menghadapi Era Society 5.0. Al-Mudaris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 4(1), 115–129.

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan I Program Merdeka Belajar KEMDIKBUD di Sekolah Dasar. Dedikasi, 1(2), 1–8.

Harun, S. (2021). Pembelajaran di Era 5.0. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, 265–276. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Hasanah, U. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Tantangan dan Prospek Ke depan. Tafahus: Jurnal Pengkajian Islam, 2(1), 26–40. Retrieved from https://www.jurnal.kopertais15.or.id/index.php/tafahus/article/view/15

Hudjimartsu, S. A., Prayudyanto, M. N., Sutisna, S. P., & Heryansyah, A. (2022). Peluang dan Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Fakultas Teknik dan Sains UIKA Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 58–70. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32832/educate.v7i1.6245

Istichomaharani, I. S., & Habibah, S. S. (2016). Mewujudkan Peran Mahasiswa Sebagai “Agent Of Change, Social Control, Dan Iron Stock. Pengintergrasian Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Kreatif Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN, 1–6. Retrieved from https://www.academia.edu/37695557/

Kemendikbud. (2022). Kampus Merdeka Fair 2022 Gelorakan Semangat Kolaborasi Penerapan MBKM. Retrieved from kemendikbud.go.id website: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/10/kampus-merdeka-fair-2022-gelorakan-semangat-kolaborasi-penerapan-mbkm

Maghfiroh, N., & Soleh, M. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka Dalam Menghadapi Era Disrupsi dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1185–1196.

Muchlis, N., Nurjannah, A., Yusuf, R. A., Syamsu, A., & Chalid, L. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Pertukaran Pelajar Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) Pada Mahasiswa Kesehatan Inbound di Universitas Muslim Indonesia. An Idea Health Journal, 2(1), 1–5.

Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar †Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Ngasuko, T. A. (2018). Pursuing Indonesia’s Limitation in the Digital Era. Munich Personal RePEc Archive, 6. Retrieved from https://mpra.ub.uni-muenchen.de/99537/%0D

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 166–173.

Purwanti, E., & Purwanti, E. (2020). Preparing the Implementation of Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Policy in Higher Education Institution. Proceedings of the 4th International Conference on Sustainable Innovation, 384–391. Atlantis Press. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.210120.149

Rochana, Darajatun, R. ., & Ramdhany, M. (2021). Pengaruh Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka terhadap Minat dan Keterlibatan Mahasiswa. Journal of Business Management Education, 6(3), 11–21.

Rodiyah. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 425–434. Semarang: Universitas Negeri Semarang. https://doi.org/Universitas Negeri Semarang, 7(2), 425-434. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.737

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230

Sofia, N. N. (2020). Analisis Tantangan Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Pada Perguruan Tinggi Islam Negeri di Indonesia. Produ: Prokurasi Edukasi-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 61–72.

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka ). Reslaj: Eligion Education Social La Roiba Journal, 4(1), 34–41. https://doi.org/10247476/reslaj.v4i1.458

Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0. Jurnal Tambusai, 6(2), 12380–12394. https://doi.org/https://www.jptam.org/index.php/jptam/issue/view/22

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Journal of Education, 8(1), 185.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik Jurnal Pendidikan Ke-SDan, 16(2), 102–107. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/

Yuristia, A. (2017). Keterkaitan Pendidikan, Perubahan Sosial Budaya, Moderniasi dan Pembangunan. Ijtimaiyah, 1(1), 1–17. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/1161

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2023-07-07

Issue

Section

Articles