UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Muchamad Arif Al Ardha Universitas Negeri Surabaya
  • Dessy Putri Wahyuningtyas Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
  • Fahimul Amri Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Jombang
  • Noor Fazariah Handayani Universitas Achmad Yani Banjarmasin
  • Heliza Rahmania Hatta Universitas Mulawarman, Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i2.14205

Keywords:

Kompetensi Guru, Profesional, Covid-19

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 memberikan dampak besar pada pola dan metode pendidikan. Kometensi professional guru menjadi hal yang penting dalam beradaptasi dengan pembelajaran daring dan perubahan yang mengikutinya. Kepala Sekolah memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi professional guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk melihat upaya-upaya yang dilakukan kepala SMP   Muhammadiyah 1 Surakarta dalam meningkatkan kompetensi professional guru pada masa pandemic covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan kepala seksudah bagusolah dan guru sebagai informan penelitian. Data-data yang terkumpul di validasi menggunakan triangulasi data dan dianalisis menggunakan Teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan upaya kepala sekolah antara lain mengadakan Kelompok Kerja Guru (KKG) intern, Studi banding, Melakukan mengawasan pembelajaran, Kunjungan guru, Seminar dan workshop serta memberikan motivasi kepada guru. Sedangkan hal yang menghambat kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru antara lain : Kurangnya sarana dan prasarana yang memadai, kurangnya kesadaran dari guru untuk meningkatkan atau mengembangkan potensinya, dan beberapa guru senior kurang mampu dalam mengoperasikan komputer atau perangkat pembelajaran online.

Abstract:  The Covid-19 pandemic has had a major impact on educational patterns and methods. Teacher professional competence is important in adapting to online learning and the changes that follow. The principal has an important role in improving the teacher's professional competence. This study aims to look at the efforts made by the principal of SMP Muhammadiyah 1 Surakarta in increasing the professional competence of teachers during the Covid-19 pandemic. This study used a descriptive qualitative approach with the principal and teachers as research informants. The collected data were validated using data triangulation and analyzed using interactive data analysis techniques. The results of the research show that the principal's efforts include holding internal Teacher Working Groups (KKG), Comparative Studies, Supervising learning, visiting teachers, Seminars and workshops and providing motivation to teachers. Whereas things that hinder school principals in increasing teacher competence include: Lack of adequate facilities and infrastructure, lack of awareness from teachers to increase or develop their potential, and some senior teachers are less able to operate computers or online learning devices.

References

Adhe, K. R., Maulidiya, R., Ardha, M. A. Al, Saroinsong, W. P., & Widayati, S. (2020). Learning During The Covid-19 Pandemic: Correlation Between Income Levels And Parental Roles. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 293–302. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.554

Aflah, A. N., Ananda, R., Surya, Y. F., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 57–69. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V7i1.276

Agustina, R., Yusuf, M., Sutiyan, O. S. J., Ardianto, R., & Norvadewi, N. (2022). Employee Performance Mediated Quality Of Work Life Relationship Satisfaction On The Job And Organizational Commitment. Jurnal Darma Agung, 30(2), 589–605.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The Problematics Of Islamic Religious Education Teacher In Using Of Instructional Media At Sd Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, 26(1), 56–64. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15548/Jt.V26i1.526

Ali, M. (2017). Menyemai Guru Muhammadiyah Berkemajuan Di Sekolah Muhammadiyah. Ishraqi, 1(1), 31–39. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23917/Ishraqi.V1i1.2891

Amri, F. (2022). Persepsi Siswa Tentang Aplikasi Teknologi Yang Digunakan Dalam Pembelajaran Online. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 250–258. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1216

Amri, F., & Atmojo, C. T. (2021). Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran Online Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Masa Pandemi Covid-19. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(2), 62–76. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24036/Pedagogi.V21i2.1179

Anggrawan. (2020). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka Dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Matrik, 18(2).

Ardha, M. A. Al, Yang, C., Adhe, K. R., Khory, F. D., Hartoto, S., & Putra, K. P. (2018). Multiple Intelligences And Physical Education Curriculum: Application And Reflection Of Every Education Level In Indonesia. 2nd International Conference On Education Innovation (Icei 2018), 587–592. Https://Doi.Org/10.2991/Icei-18.2018.129

Arifin, Z. (2022). Al Islam Dan Kemuhammadiyahan Sebagai Ruh Pengkaderan Guru Berkemajuan Di Tengah Masyarakat. Jurnal Mas Mansyur, 1(1), 33–45.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33394/Jp.V7i4. 2941

Asrori, M., Wibowo, A. M., Erfantinni, I. H., & Wahyuningtyas, D. P. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Teknologi Dalam Desain Pembelajaran Daring Bagi Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal On Education, 5(3), 9549–9560. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i3.1827

Badriah, L., Pratiwi, E. S., & Yusuf, M. (2020). Strengthening Character Education Through The Implementation Of Madrasah’s Culture: A Study At State Islamic Primary School 1 Bantul. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(1), 37–38. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.32678/Tarbawi.V6i01 .2207

Bahrissalim, B., & Fauzan, F. (2018). Evaluasi Kurikulum Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pai Di Balai Diklat Keagamaan Jakarta. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 25–52. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21043/Edukasia.V13i 1.2779

Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31571/Edukasi.V13i 2.113

Davis, J. R. (2017). Classroom Management In Teacher Education Programs. Springer.

Faizal. (2017). Upaya Majlis Pendidikan Dasar Dan Menengah (Dikdasmen) Daerah Kota Medan Dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah Dasar Dan Menengah Muhammadiyah. Jurnal Edutech, 3(2), 29–40. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30596%2fedutech.V3i2.1248

Fajriana, A. W., & Aliyah, M. A. (2019). Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 246–265. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31538/Nzh.V2i2.324

Fani, R. Al, Lubis, S., & Dewiyanti, A. (2021). Kesulitan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid 19 Di Smp Tengku Umar Medan. Center Of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1).

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi Covid- 19 Di Smp Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561.

Firmadani, F. (2021). Strategi Pengembangan Kompetensi Profesional Guru Sekolah Menengah Atas. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 192–207.

Handayani, N. F. (2021a). Kontribusi Pelibatan Guru Dalam Pengambilan Keputusan Terhadap Semangat Mengajar Guru. Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya, 17(2), 64–71. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.57216/Pah.V17i2.47

Handayani, N. F. (2021b). Kontribusi Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Semangat Mengajar Guru. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(1), 162–168. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.51494/Jpdf.V2i1.420

Handayani, N. F., & Huda, N. (2020). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di Sma Negeri Pascadesentralisasi Pendidikan. Jamp: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 332–341. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Um027v3i42020p332

Hasanah, N. (2021). The Role Of Madrasah Ibtidaiyah In Building Student Characters In The Era Of The 4.0 Industrial Revolution. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 310–319. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31538/Nzh.V4i2.130 4

Ilmi, M. U., Setiawan, F., Hikmah, M. N., Kharisma, A., Feryawan, D., & A, H. (2021). The Basic Concepts Of Evaluation And Its Implementation In Ire Lessons In The Pandemic Era. Tafkir: Interdisciplinary Journal Of Islamic Education, 2(2), 175–190. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31538/Tijie.V2i2.50

Jamil, S. (2014). Guru Profesional : Pedoman Kinerja, Kualifikasi & Kompetensi Guru. Ar-Ruzz Media.

Kompri. (2015). Manajemen Kepala Sekolah Orientasi Kemandirian Kepala Sekolah. Pustaka Pelajar.

Latifah, L., & Handayani, N. F. (2022). Kontribusi Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Dan Kepuasan Kerja Terhadap Pelaksanaan Kinerja Guru Di Sd Muhammadiyah Martapura. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 4(1), 18–32. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31602/Jt.V4i1.7356

Ma`Arif, M. A. (2018). Analisis Strategi Pendidikan Karakter Melalui Hukuman Preventif. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 31–56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21274/Taalum.2018. 6.1.31-56

Najiah, J., Haryati, T., Wibowo, F. I. S., Rohmatullah, N., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Kesulitan Belajar: Analisis Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Siswa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 34–44. Https://Doi.Org/Ttps://Doi.Org/10.31764/Paedagoria.V14i1.12798

Niya, M., Kamaruzzaman, & Sukmawati, E. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Online Di Masa Pandemi Covid- 19 Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama Pgri Sosok. Bikons: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 1–6.

Oktiasari, R., Asyari, H., & Zamroni, M. A. (2021). Strategy Of Teacher Competency Development Program In Madrasah Tsanawiyah. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 442–456. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31538/Ndh.V6i2.1592

Panenggak, N. S. R., Nurhasan, Ardha, M. A. Al, Bana, P., Ristanto, K. O., Rizki, A. Z., Utomo, R. S., Yang, C. B., & Lin, W. J. (2022). University Students’ Daily Activities And Physical Fitness During Covid-19 Pandemic. International Journal Of Human Movement And Sports Sciences, 10(2), 166–172. Https://Doi.Org/10.13189/Saj.2022.100205

Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 42–56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V7i1.274

Rony, & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal Of Islamic Education, 1(1), 79–100. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31538/Tijie.V1i1.18

Safrudin, V. R., & Anshory, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Smp Muhammadiyah Waipare Kabupaten Sikka. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 175–186. Http://Ejournal.Umm.Ac.Id/Index.Php/Jkpp

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sutiyan, O. S. J., Sutiyan, D. R. R. J., Adlin, Irawan, D., & Ardha, M. A. Al. (2022). Eksistensi Muhammadiyah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 21(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.29300/Attalim.V21i2.8354

Syahrul, & Nurmayanti. (2019). Pengelolaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Sma Muhammadiyah Kendari. Jurnal Shautut Tarbiyah, 25(2), 259–284. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31332/Str.V25i2.1623

Ulfha, N., Kusuma, Y. Y., Sumianto, & Sutiyan, O. S. J. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 142–152. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V7i1.288

Wahrudin, B., & Mukhibat. (2017). Pola Pembinaan Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Sosial Guru Di Sma Muhammadiyah 1 Ponorogo. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 137–156. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21580/Nw.2017.11.2.1832

Wahyuningtyas, D. P., Mayasari, N., Rohmah, S., Satria, E., & Rais, R. (2022). Adaptation Of Ict Learning In The 2013 Curriculum In Improving Understanding Student’s Of Digital Literacy. Jurnal Scientia, 11(2), 211–218. Http://Infor.Seaninstitute.Org/Index.Php/Pendidikan/Article/View/828

Wahyuningtyas, D. P., Solong, N. P., Nurmadina, H., & Lahiya, A. (2023). The Significance Of Teachers’learning Management Skills For Successfull Early Childhood Education. Jurnal Scientia, 12(1), 126–131. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.58471/Scientia.V12i01.1056

Widyatiningtyas, R., Andika, A., Warlim, Sutiyan, O. S. J., & Adlin. (2023). The Indonesian Government’s Efforts To Form Democratic Citizens Through Democratic Education. Jed (Jurnal Etika Demokrasi), 8(1), 115–123. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26618/Jed.V8i1.9760

Downloads

Published

2023-04-13

Issue

Section

Articles