EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATHAPP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.15923Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Aplikasi Pembelajaran, AndroidAbstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran MathApp dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pengasih. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran soal pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Hipotesis penelitian ini adalah penggunaan aplikasi pembelajaran Mathapp berbasis android dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik daripada pembelajaran langsung tanpa menggunakan aplikasi pembelajaran MathApp. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan aplikasi pembelajaran MathApp yang memuat indikator kemampuan pemecahan masalah terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kesimpulan ini didapatkan berdasarkan hasil uji statistik yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test dimana hasil uji dari kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki sig. 2 tailed < 0,05, uji Mann-Whitney U Test dimana memiiki sig. 2 tailed < 0,05, dan uji perbedaan rata-rata yang menunjukkan peningkatan di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 55,16 dan 28,58 yang menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan aplikasi pembelajaran MathApp lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik daripada pembelajaran tanpa menggunakan aplikasi pembelajaran MathApp.
Abstract: Â The purpose of this study was to determine the effectiveness of using the MathApp learning application in improving students' problem solving abilities. This type of research was experimental research using a pretest posttest control group design. The population used in this study were students of class X SMA Negeri 1 Pengasih. The sample used in this study were students in class X MIPA 2 and X MIPA 4. The sample selection was carried out using a purposive sampling technique. The data collection technique used was observation, interviews, and the distribution of pretest and posttest questions on students' problem solving abilities in the material system of equations of three linear variables. The research hypothesis is that the use of the Android-based Mathapp learning application can improve students' problem-solving skills rather than direct learning without using the MathApp learning application. The results of this study are the use of the MathApp learning application which contains indicators of problem-solving abilities that have proven to be effective in improving students' problem-solving abilities. This conclusion was obtained based on the results of statistical tests, namely the Wilcoxon Signed Rank Test where the test results from the experimental class and the control class had sig. 2 tailed <0.05, Mann-Whitney U Test which has sig. 2 tailed < 0.05, and the average difference test shows an increase in the experimental class and control class, namely 55.16 and 28.58 which shows that that learning using the MathApp learning application is more effective in improving students' problem solving abilities than learning without using the MathApp learning application.
References
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.
Ambarwati, M. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Web Game untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika SD. Mimbar Pgsd Undiksha, 7(2).
Delyana, H. (2015). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII melalui penerapan pendekatan open ended. Lemma, 2(1), 144859.
Dwianjani, N. K. V., Candiasa, I. M., & Sariyasa, S. (2018). Identifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 153– 166. https://doi.org/10.25217/numerical.v2i2.276
Erlinda, E., & Masriadi, M. (2020). Perancangan aplikasi mobile kamus istilah komputer untuk mahasiswa baru bidang ilmu komputer berbasis android. Jurnal Teknologi dan Open Source, 3(1), 30-43.
Hikmah, U. L. (2020). Pemanfaatan ICT pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang. el-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 3(1), 43-48.
Hodiyanto, H., Darma, Y., & Putra, S. R. S. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash bermuatan problem posing terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 323-334.
Juliawan, D., Puspasari, R., & Sianturi, C. J. M. (2018). Aplikasi Peminjaman dan Pengembalian Lcd Proyektor Berbasis Android dan Web Service. IT (INFORMATIC TECHNIQUE) JOURNAL, 5(2), 162-171.
Kinanti, N., Damris, D., & Huda, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berkarakter Realistic Mathematic Education Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 20-35.
Kurniawati, I. D. (2018). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan Pemahaman konsep mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68-75.
Lisa, L. (2016). Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Matematika Dan Cara Mengatasinya. Sarwah: Journal of Islamic Civilization and Thought, 15(2).
Mahuda, I., Meilisa, R., & Nasrullah, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Berbantuan Smart Apps Creator Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1745-1756.
Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80-86.
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan teknologi dan pola hidup manusia dalam perspektif sosial budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1).
Nuryadi, N. (2019). Pengembangan media matematika mobile learning berbasis android ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 5(1), 1-13.
Ramadhani, K. L., & Firmansyah, D. (2021). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variabel (SPLTV). MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1).
Suwastarini, N. N., DANTES, D. N., CANDIASA, D. I. M., & Komp, M. I. (2015). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Sdlb B (Tuna Rungu) pada Slb B Negeri Ptn Jimbaran. Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan Indonesia, 5(1).
Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.
Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas model problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120-1129.
Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258-274.
Syaharuddin, Abdillah, Mandailina, V., & Pramita, D. (2019). DASS Application: Increasing the Quality of Academic Services for Lecturers and Students. International Journal of Scientific Research and Management, 7(01), 3–6.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.