PENERAPAN INTERAGRASI MODEL PEMBELAJARAN INSTAD TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X SMAN 1 GEDEG

Authors

  • Izza Milenia Ariyati Universitas Negeri Surabaya
  • Riza Yonisa Kurniawan Universitas Negeri Surabaya
  • Endar Wahyuningtyas Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.15942

Keywords:

Inquiry Learning, STAD, Hasil Belajar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Konsep Manajemen dengan penerapan integrasi model pembelajaran InSTAD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif (PTKK) dengan tahapan melakukan perencanaan, penerapan perencanaan (tindakan), pengamatan (observasi) dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan integrasi model pembelajaran InSTAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ekonomi. Peningkatan hasil belajar terjadi secara bertahap yaitu sebelum dilakukan penerapan integrasi model pembelajaran, peserta didik yang tuntas hanya 11% dan yang tidak tuntas 89%. Lalu, dilakukan penerapan integrasi model, pada siklus I, peserta didik yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 17% dan tidak tuntas berkurang menjadi 83% hingga pada siklus II, peserta didik yang tuntas meningkat menjadi 100% dan tidak tuntas 0%.

Abstract:  The purpose of this study was to improve student learning outcomes in the Management Concept material by applying the InSTAD learning integration model. The research method used in this research is Collaborative Classroom Action Research (PTKK) with the stages of planning, implementing planning (action), observation (observation) and reflection. Data collection techniques with tests and observations. The results of the study show that the application of the InSTAD learning integration model can improve student learning outcomes in Economics subjects. The increase in learning outcomes occurred gradually, namely before the implementation of the integration of learning models, students who completed only 11% and who did not complete 89%. Then, the implementation of the integration model was carried out, in cycle I, students who completed increased to 17% and did not complete reduced to 83% until in cycle II, students who completed increased to 100% and did not complete 0%.

References

Agustin Eudya, Iwit Prihatin, M. S. (2021). Pengaruh Motivasi, Minat, Dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. 2(April), 50–57.

Aisah, D. S., Muttaqin, M., & Maryanti, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran INSTAD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Ekosistem. Journal Transformation Of Mandalika, 2(3), 191–200.

Basam, F., Rusilowati, A., & Ridlo, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran STAD Dan Inquiry Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Di SMA. Pancasakti Science Education Journal, 7(1), 1–8.

Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Instad Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Fisika di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 202. Https://Doi.Org/10.21831/Jipi.V1i2.7507

Mardiyah, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF), 5(1), 14–21.

Moh. Mulyadi Prasetyo. (2011). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dipadukan Dengan Strategi Inkuiri Terbimbing Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Skripsi, 2(20), 108–118. Http://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Bitstream/123456789/3952/1/SITI MARYAM NOER AZIZAH-FITK.Pdf

Mudhofir. (2016). Bab III Strategi Dan Pendekatan Pembelajaran A. Pengertian Strategi Pembelajaran. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik, 1–44. Http://Digilib.Uinsby.Ac.Id/6464/5/Bab 3.Pdf

Nurhayati, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Instad Dengan Strategi Mnemonik Terhadap Motivasi Belajar Dan Daya Ingat Pada Materi Biologi Skripsi. 1–23.

Nurhidayah, Mulbar, U., & Asdar. (2015a). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran INSTAD (Inquiry-STAD) Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pepatuadu, 9(1), 92–101.

Nurhidayah, Mulbar, U., & Asdar. (2015b). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran INSTAD (Inquiry-STAD) Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 5 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Pepatuzdu, 9(1), 92–101.

Nurul Najmun. (2015). Pengaruh Model Inkuiri Terintegrasi Stad (Instad) Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Koloid Siswa Kelas XI IPA SMAN 8 MATARAM Tahun Ajaran 2014/2015. 1–11.

Sestu Mintarsih, Zico Fakhrur Rozi, M.Pd.Si., Sepriyaningsih, M. P. S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Instad Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA NEGERI 1 MUARA BELITI Tahun Pelajaran 2015/2016. 1–9.

Tarigan, M., Alvindi, A., Wiranda, A., Hamdany, S., & Pardamean, P. (2022). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara Dan Perkembangan Pendidikan Di Indonesia. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 3(1), 149–159. Https://Doi.Org/10.33487/Mgr.V3i1.3922

Yulianto, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Stad (Student Team Achivement Division) Berbantu Media Quizizz Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas XI di SMA Trimurti Surabaya.

Yunus, M. I. (2018). Pengaruh Pelaksanaan Model Instad Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V Sdi Perumnas Iii Kota Makassar.

Downloads

Published

2023-07-10

Issue

Section

Articles