PENGEMBANGAN GAME EDUKASI EAST JAVA CULTURE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nuzulul Hidayati Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Vanda Rezania Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.16058

Keywords:

Game Edukasi, PKn, Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa game edukasi dan untuk mengetahui kelayakannya setelah dikembangkan agar dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD (Research & Development) atau pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan lima tahapan Analysis, Design, Development, Implementasi, Evaluasi dengan jenis penelitian research & development (RnD) dengan instrument penelitian lembar observasi, lembar wawancara, lembar angket ahli media dan materi, dan angket kuisioner untuk siswa. Hasil uji validitas dari ahli media menunjukan presentase sebesar 83% dengan kategori sangat layak. Dari validitas ahli materi mendapatkan presentase sebesar 80% dengan kategori layak. Kepraktisan game edukasi dapat dilihat dari angket uji coba yang di jawab oleh siswa dengan hasil presentase sebesar 86% dengan kategori sangat layak. Keefektifan game edukasi dapat dilihat dari hasil pretest sebesar 62,4% setelah mencoba game didapat hasil posttest sebesar 82%. Dapat disimpulkan bahwa game edukasi east java culture dapat dikatan layak dan sangat praktis dan efektif digunakan oleh siswa kelas 4 sekolah dasar.

Abstract: This study aims to produce learning media in the form of educational games and determine their feasibility after being developed so that they can be used in the teaching and learning process. The type of research used is RnD (Research & Development) or development using the ADDIE model with five stages Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation with research type research & development (RnD) with research instruments observation sheets, observation sheets interviews, media and material expert questionnaire sheets, and questionnaires for students. The results of the validity test from media experts showed a percentage of 83% in the very feasible category. From the validity of the material experts get a percentage of 80% with a feasible category. The practicality of educational games can be seen from the trial questionnaire which was answered by students with a percentage of 86% in the very feasible category. The effectiveness of educational games can be seen from the results of the pretest 62.4% after trying the game, the posttest results are 82%. It can be concluded that this East Java Cultural educational game can be said to be feasible and very practical and effective for use by 4th grade elementary school students.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (4th ed., p. 412). Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (15th ed., p. 412). PT RINEKA CIIPTA.

Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (R. Damaayanti (ed.); 5th ed.). PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian Dan Penilaian Program (1st ed.). Pustaka Pelajar.

ASRI, D., & YERMIANDHOKO, Y. (2018). Pengembangan Game Edukasi Si Galang Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ips Materi Pakaian Adat Untuk Kelas Iv Sd. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 254964.

Daeng, I. T. M., Mewengkang, N. ., & Kalesaran, E. R. (2017). Jurnal Kemudahan Smartphone. Acta Diurna, 6(1), 1–15.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http://www.aftanalisis.com

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Muhtar, N. A., Nugraha, A., & Giyartini, R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 20–31. https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26455

Nasikhah, A. N., Widihastrini, F., & Widodo, S. T. (2016). Pengembangan Game Education Pembelajaran Pkn Materi Menghargai Keputusan Bersama Kelas V SD. Jurnal Kreatif, 81–91.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Podungge, A. F. P. (2016). Pengembangan Game Edukasi “Smart Worm†Berbasis Android Materi IPS Keragaman Rumah Adat Di Indonesia Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 6(November), 1–23.

Pradanita, W. R. (2017). Pengembangan Game Edukasi Bertipe Role Playing Game (RPG) pada Mata Pelajaran Desain Multimedia di SMK Negeri 1 Jombang. It-Edu, 2(02), 263–272. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/download/22747/20856

Purnomo, F. A., Pratisto, E. H., Taufiqurrakhman NH, T. N., Sahrul, F., & Lestari, I. P. (2016). Pembuatan Game Edukasi �Petualangan Si Gemul� Sebagai Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo Raya Pada Anak. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 619–626. https://doi.org/10.24176/simet.v7i2.774

Riyana. (2012). Cepi Riyana Media Pembelajaran. http://cdn.trendhunterstatc.com/thumbs/pas-a-pas-

Rohmawati, I. (2019). Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara “Tanara†Menggunakan Unity 3D Berbasis Android. Jurnal SITECH : Sistem Informasi Dan Teknologi, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.24176/sitech.v2i2.3907

Saroh, I., & Zuhdi, U. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi “ RAYAKU †Berbasis Android Pada Pelajaran PPKn Materi Keberagaman Budaya di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 1981–1993.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (21st ed., p. 456). CV. Alfabeta.

Usmaedi. (2021). Education Curriculum for Society 5.0 in the Next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63–79. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd

Zuhdi, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif “Bekal Saya†Berbasis Android Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kenampakan Alam Dan …. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 09, 3103–3113. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/42328

Downloads

Published

2023-07-13

Issue

Section

Articles