EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIKUM DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN KREATIVITAS MAHASISWA

Authors

  • Firdiawan Ekaputra Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.16071

Keywords:

Pembelajaran Praktikum, Discovery Learning, Kolaborasi, Kreativitas

Abstract

Abstrak:.Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui efektivitas model pembelajaran praktikum dengan model discovery learning dalam meningkatkan kolaborasi dan kreativitas mahasiswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Jambi dengan yang mengikuti mata kuliah praktikum kimia anorganik pada tahun akademik 2022/2023 kelas R-002 sebagai kelas eksperimen dan kelas R-004 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini merupakan model penelitian kuasi eksperimen. Teknik angket digunakan untuk mengumpulkan data penelitian kemampuan kolaborasi dan kreativitas mahasiswa. Data yang diperoleh selanjutnya diuji analisis dengan uji manova. Kemampuan kolaborasi mahasiswa setelah penerapan model discovery learning adalah 86,8, sedangkan kreativitas mahasiswa setelah penerapan model discovery learning adalah 88,3, Berdasarkan uji manova yang telah dilakukan diperoleh nilai signifikansi 0,00 atau kurang dari 0,05, sehingga hasil dari pada penelitian ini yaitu model pembelajaran praktikum dengan model discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi dan kreativitas mahasiswa.

Abstract:  The purpose of this study was to determine the effectiveness of practicum learning models with discovery learning models in improving student collaboration and creativity. The samples used in this study were students of the Jambi University, Chemistry Education Study Program who took the inorganic chemistry practicum course in the 2022/2023 academic year, class R-002 as the experimental class and class R-004 as the control class. The type of research applied in this study is a quasi-experimental research model. The questionnaire technique was used to collect research data on collaborative abilities and student creativity. The data obtained were then analyzed by manova test. The collaboration ability of students after the application of the discovery learning model is 86.8, while student creativity after the application of the discovery learning model is 88.3, Based on the manova test that has been carried out, the significance value is 0.00 or less than 0.05, so the results of this study are practicum learning models with discovery learning models effective in improving students' collaboration and creativity.

References

Ardianto, A., Mulyono, D., & Handayani, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 1(1), 31–37.

Benyamin, P. I., Tjalla, A., Suhendra, N., & Hardori, J. (2022). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pelajaran Pendidikan Agama Kristen di masa pandemi melalui pemanfaatan discovery learning. KURIOS, 8(1), 205. https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.450

Ekaputra, F. (2020). Efektivitas Penerapan Poseidon Meeting Classroomberbasis Pendekatan Ilmiah Materi Stoikiometri Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 59–65. http://vektor.iain-jember.ac.id

Ardianto, A., Mulyono, D., & Handayani, S. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika), 1(1), 31–37.

Benyamin, P. I., Tjalla, A., Suhendra, N., & Hardori, J. (2022). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif pelajaran Pendidikan Agama Kristen di masa pandemi melalui pemanfaatan discovery learning. KURIOS, 8(1), 205. https://doi.org/10.30995/kur.v8i1.450

Ekaputra, F. (2020). Efektivitas Penerapan Poseidon Meeting Classroomberbasis Pendekatan Ilmiah Materi Stoikiometri Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2), 59–65. http://vektor.iain-jember.ac.id

Ekaputra, F. (2022). Peningkatan Aktivitas Belajar Melalui Implementasi Media Virtual Laboratorium Kimia Pada Masa Pandemi Covid-19. Tajdidukasi, 12(1), 22–26. https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v12i1.334

Ekaputra, F., & Widarwati, S. (2023). Discovery Learning Based Practicum Learning in Improving Critical Thinking Skill and Student Creativity. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 47–56. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.9183

Hendra, Candra, A. A., & Ekaputra, F. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Kegiatan Pendampingan Penulisan Gagasan Pada Artikel. ESTUNGKARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Indiastuti, F. (2016). Pengembangan Perangkat Model Discovery Learning Berpendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu. Jurnal Pendidikan Matematika JPM RAFA, 2(1), 41–55.

Jana, P., & Fahmawati, A. A. N. (2020). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 213. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2157

Juniarso, T. (2020). Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal), 4(1), 36–43. https://doi.org/10.30651/else.v4i1.4197

Putra, I. G. D., Sujana, I. W., & Wiyasa, I. K. N. (2020). Hasil belajar IPS menggunakan Kolaborasi Model Discovery Learning Berbasis Media Animasi. Journal of Education Technology, 4(2), 103–109.

Rosarina, G., Sudin, A., & Sujana, A. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 371–380.

Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbasis Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46–55. http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/

Salo, Y. A. (2016). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Kelas VII Smpn 6 Banda Aceh). Jurnal Penelitian Pendidikan , 16(3), 297–304.

Sanova, A., Afrida, & Ekaputra, F. (2022). Pengembangan Aplikasi Platform Open Course Berorientasi PjBL Dan Case Study Berbasis Gamifikasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia: Kajian Hasil Penelitian Pendidikan Kimia, 9(2), 142–150.

Saputro, R. P., Wasis, & Koestiari, T. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1), 693–702.

Sari, A. K., & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4c (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 456–466.

Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 8(2), 112–122.

Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Syafii, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 2(5), 18–26. https://doi.org

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 21–28.

Downloads

Published

2023-07-10

Issue

Section

Articles