PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEBAGAI SARANA INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ANTI KORUPSI

Authors

  • Neng Nurcahyati Neng Universitas Medan Area
  • Amsal Qori Dalimunthe
  • Faldo Mahesa

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.16102

Keywords:

Pendidikan Agama Islam, Nilai, Anti Korupsi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan terkait pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dihubungkan melalui pengembangan internalisasi nilai-nilai pendidikan antikorupsi pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan  menggunakan pendekatan studi pustaka, yang sumber utamanya terdiri dari buku serta laporan hasil penelitian. Adapun analis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) yang diproses dalam tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1) Pendidikan agama Islam di sekolah difungsikan sebagai sarana penanaman ilmu agama yang diaplikasikan oleh para pendidik kepada siswanya guna membentuk akhlakul karimah para siswa, 2) konsep pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran pendidikan Agama Islam pada dasarnya mengajarkan para siswa untuk meningkatkan pemahaman ajaran agama di dalamnya serta menghubungkan semua mata pelajaran dengan nilai-nilai antikorupsi, pembelajaran dengan keteladanan, dan guru harus dapat menjadi teladan, menginformasikan kepada siswa tentang bahaya korupsi, 3) Internalisasi nilai-nilai antikorupsi melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam tentunya telah sejalan dengan lembaga KPK yang pada dasarnya telah mengembangkan sembilan nilai antikorupsi untuk ditanamkan kepada setiap masyarakat maupun para peserta didik yang diantaranya yaitu:(a) Jujur, (b)  Disiplin, (c) Tanggung jawab, (d) Adil, (e) Berani, (f) Peduli, (g) Kerja Keras, (h) Kesederhanaan, (i) Mandiri.

Abstract: This study aims to describe learning related to Islamic Religious Education which is connected through the development of internalization of anti-corruption educational values in students. This study uses a qualitative method using a literature study approach, the main source of which consists of books and research reports. The data analysts in this study used content analysis which was processed in three stages, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study are 1) Islamic religious education in schools functions as a means of inculcating religious knowledge which is applied by educators to their students in order to shape the students' morality, 2) the concept of anti-corruption education in learning Islamic religious education basically teaches students to improve understanding of religious teachings in it and connecting all subjects with anti-corruption values, learning by example, and teachers must be able to be role models, inform students about the dangers of corruption, 3) Internalization of anti-corruption values through learning Islamic Religious Education is certainly in line with KPK institution which basically has developed nine anti-corruption values to be instilled in every community and students which include: (a) Honest, (b) Discipline, (c) Responsibility, (d) Fair, (e) Courageous, ( f) Caring, (g) Hard Work, (h) Simplicity, (i) Independent.

References

Arikunto, & Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Creswell.j.w. (2013). Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan Mixed. (Vol. 7). PT Pustaka Pelajar.

Gafar, I. A., & Jamil, M. (2003). Reformulasi Rancangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. In Jakarta: Raja Grafindo. Raja Grafindo.

Hakim, L. (2012). Model Integrasi Pendidikan Anti Korupsi dalam Kurikulum Pendidikan Islamâ€, Jurnal Pendidikan Agama Islam at Ta’lim. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 10(2), 141–156. http://jurnal.upi.edu/file/04_Model_Integrasi_Pendidikan_Anti_Korupsi-Lukman_Hakim.pdf

Hasan, M. I. (2017). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya (Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002). In (Vol. 87, Issue 1,2). Ghalia.

Helmi. (2014). Tindak Pidana Korupsi. In Tindak Pidana Korupsi. Sinar Grafika.

Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin, F. (2018). Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 218. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397.

Imelda, A. (2017). Pendidikan Anti Korupsi Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 83. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2098

Jamaliah Hasballah. (2016). Nilai-Nilai Budi Pekerti dalam Kurikulum. In IAIN Ar-Raniry (Vol. 5). PPs IAIN Ar-Raniry.

Jeumpa, N. (2018). Nilai-Nilai Agama Islam (Vol. 4, Issue 2). Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh.

Lubis, S. (2019). Tinjauan Normatif Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Penanaman Nilai-Nilai Anti-Korupsi. Murabbi : Jurnal Ilmiah Dalam Bidang Pendidikan, 02(01), 31–47.

Makasihu, D. D. (2021). Inovasi-Inovasi Terhadap Pendidikan Agama Islam. Bahtsu, 6 No. 1.

Muhammad Hasdin. (2014). Dinamika Karakteristik Pendidikan Perspektif Al-Qur’an (Studi Analisis Tematik Ayat-Ayat Tentang Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib, 7(2), 141–153.

Munawar Fuad Noeh. (1997). Islam dan Gerakan Moral Anti Korupsi. In Zikhru’i Hakim (Vol. 1). Zikrul Hakim.

Putra, A. A. (2017). Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1(1), 41–54. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617.

Rohyani, E. S. (2015). Pemikiran Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Prof. Achmadi. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 5(2), 173. https://doi.org/10.18326/mdr.v7i2.753

Rosikah, chatrina darul. (2019). Pendidikan Anti Korupsi Kajian Anti Korupsi. Gava Media.

Sulastri, S., & Rosyidah, A. (2020). Penafsiran Amanah Dalam Kitab Tafsir Al-Munir Oleh M. Wahbah Az-Zuhaili. Al-Bayan: Jurnal Ilmu Al-Qur’an …, 3(2), 212–234. http://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/albayan/article/view/223%0Ahttp://ejournal.stiqwalisongo.ac.id/index.php/albayan/article/download/223/101

Taja, N., & Aziz, H. (2017). Mengintegrasikan Nilai-Nilai Anti Korupsi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 13(1), 39–52. https://doi.org/10.14421/jpai.2016.131-03

Wijaya, D., & Acitra., Y. (2014). Pendidikan anti korupsi: untuk Sekolah dan Perguruan Tinggi. Kemendikbud.

Yuniarti, I., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah. Modeling, 9(1), 182–207. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1148

Downloads

Published

2023-07-14

Issue

Section

Articles