IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM ERA DIGITAL DALAM MEMBINA AKHLAK MULIA GENERASI ISLAMI

Authors

  • Amsal Qori Amsall Universitas Medan Area
  • Neng Nurcahyati Sinulingga Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.16129

Keywords:

Pendidikan Islam, Era Digital, Akhlak Mulia, Generasi Islami

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pentingnya pendidikan Islam dalam membina akhlak mulia generasi Islami yang  di masa kini perkembangannya telah melaju sangat cepat dikarenakan hadirnya perangkat digital yang kini merubah pola berfikir ataupun perilaku individu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan  menggunakan pendekatan studi pustaka, yang sumber utamanya terdiri dari buku serta laporan hasil penelitian. Adapun analis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis) yang diproses dalam tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini telah menunjukkan bahwa Pendidikan Islam melalui pengembangan nilai-nilai akhlak mampu mengendalikan perilaku para generasi Islami yang menyimpang tentunya hal ini juga dibutuhkan kerjasama dari pihak-pihak terkait dan juga para peserta didik. Langkah yang tepat dalam menerapkan pendidikan Islam dalam membina akhlak adalah dengan selalu memberi contoh serta pemahaman terkait tentang perkembangan terkini terkait akhlak di era digital sehingga generasi muda Islami dapat membedakan perbuatan yang ma’ruf dan munkar sehingga ia dapat dengan bijak dalam melakukan segala sesuatu.

Abstract. This study aims to find out about the importance of Islamic education in fostering the noble character of the Islamic generation which at this time has progressed very quickly due to the presence of digital devices that are now changing individual patterns of thinking or behavior. This type of research uses a qualitative method with a library research approach. ), the main sources are books and research reports, which are analyzed by content analysis and processed in three stages, namely data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of the study indicate that Islamic education through the development of moral values is able to control the behavior of the deviant Islamic generation, of course this also requires cooperation from related parties and also students. The right step in implementing Islamic education in fostering morals is to always provide examples and related understanding of the latest developments related to morals in the digital era so that the younger generation of Islam can distinguish between right and wrong actions so that they can do things wisely.

References

Al-attas, Syed Muhammad Naquib. (1992). Konsep Pendidikan Dalam Pendidikan Islam. Bandung: Mizan.

Amiruddin, A. (2021). Urgensi pendidikan akhlak: tinjauan atas nilai dan metode perspektif islam di era disrupsi. Journal of Islamic Education Policy, 6(1).

Arum, Sabila. (2018). Arus Metamorfosa Milenial. Kendal: Ernest.

Asmendri, Milya Sari. (2020_ Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA, Natural Science, Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, UIN Imam Bonjol Padang, 6 (1) 25-36.

Budi Purwoko, Mirzaqon. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktek Konseling Expressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1): 34-48.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Daradjat, Zakiah. (2011). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Daulay, Haidar Putra. (2012). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dekdikbud. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka Jakarta, 1989.

Harahap, Syahrin. (2014). Metodologi Studi Tokoh dan Penulisan Biografi, Jakarta: PRENADA,

Izati Fatin Binti Mohd Taher. Pendidikan Digital Era RI 4.0 Dalam Pendidikan Islam. Jurnal International Conference On Syariah & Law 2021(ICONSYAL 2021)-Online Conference 3(2): 436-451.

Lilik Purwandi , Hasan. (2017).Millenial Nusantara. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

M. Iqbal, Hasan. (2012). Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Bogor: Ghalia.

Mortimer, Edward. (1971). Mortimer. Islam dan Kekuasaan. Bandung: Mizan.

Mulyana, Deddy. (2006). Komunikasi Organisasi Strategi Meningkatkan Kinerja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nuryanto,Yayuk. (2018). Cakap Berdemokrasi Ala Generasi Milenial, Yogyakarta: Deepublish.

Putri, Dini Palupi. (2018) “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital,†AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1): 39-52.

Rahmat, Jalaluddin. (1986). Islam Alterbatif Ceramah-Ceramah di Kampus. Bandung: Mizan.

Santoso, Edwin. (2017). Millennial Finance, Jakarta: Grasindo.

Suharto, Toto. (2006). Filsafat Pendidikan Islam ,Yogyakarta: Ar-Ruz.

Ulwan, Abdullah Nasih, (2002). Pendidikan Anak Dalam Islam. Jilid 2, Jakarta: Pustaka Amani.

Downloads

Published

2023-07-21

Issue

Section

Articles