EVALUASI KINERJA GURU BAHASA INGGRIS GUNA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH

Authors

  • Luthfiyah Masrukhan Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Maemunah Sa'diyah Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Ending Bahruddin Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Citra Dewi Universitas Dehasen
  • Rita Prima Bendriyanti Universitas Dehasen

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.16184

Keywords:

Evaluasi, kinerja Guru, Mutu Pendidikan

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujun untuk membahas kinerja guru bahasa inggris guna meningkatkan mutu Pendidikan di MA Darunnajah 2 Cipining Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptiif. Model evaluasi yang digunakan adalah Formatif Sumatif Evaluation Model. Objek pada penelitian ini adalah MA Darunnajah 2 Cipining Bogor. Hasil penelitian menyatakan bahwa Evaluasi Kinerja Guru Bahasa Inggris Guna Meningkatkan Mutu Pendidikan di MA Darunnajah 2 Cipining Bogor yaitu: kinerja guru dalam belajar mengajar sudah baik karena guru selalu melakukan langkah-langkah yang harus dipersiapkan sebelum pelaksanaan pembelajaran, Mutu Pendidikan dalam pelajaran bahasa Inggris memiliki mutu yang baik dilihat dari pemahaman dan prestasi yang diraih peserta didik adapun kendalanya adalah belum adanya labroratorium bahasa bagi guru pengajar juga peserta didik namun demikian dapat memanfaatkan sarana prasarana yang ada seperti perpustakaan.

Abstract:  This research purpose to discuss the performance of English teachers to improve the quality of education at MA Darunnajah 2 Cipining Bogor. This research uses a qualitative approach with a descriptive method. The evaluation model used is the Formative Summative Evaluation Model. The object of this research is MA Darunnajah 2 Cipining Bogor. The results of the study stated that the Evaluation of the Performance of English Teachers to Improve the Quality of Education at MA Darunnajah 2 Cipining Bogor, namely: the teacher's performance in teaching and learning was good because the teacher always carried out the steps that had to be prepared before the implementation of learning, the Quality of Education in English lessons had a quality which is good in terms of understanding and achievements achieved by students. The obstacle is that a language laboratory for teaching teachers and students must be available. However, they can utilize existing infrastructure, such as libraries.

References

Adhe, K. R., Maulidiya, R., Ardha, M. A. Al, Saroinsong, W. P., & Widayati, S. (2020). Learning During The Covid-19 Pandemic: Correlation Between Income Levels And Parental Roles. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 293–302. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.554

Aflah, A. N., Ananda, R., Surya, Y. F., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Model Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 57–69. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V7i1.276

Agus Warcham, Maemunah Sa’diyah, “Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Berbasis Manajemen Prilaku Dalam Pendidikan Islamâ€, Jurnal Dirosah Islamiyah, Vol 3, No 2, 2021.

Agustina, R., Yusuf, M., Sutiyan, O. S. J., Ardianto, R., & Norvadewi, N. (2022). Employee Performance Mediated Quality Of Work Life Relationship Satisfaction On The Job And Organizational Commitment. Jurnal Darma Agung, 30(2), 589–605.

Ahmad, S. (2013). “Faktor Penentu Keberhasilan Kepala Sekolahâ€. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan. Vol 17, No 1 (2013).

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The Problematics Of Islamic Religious Education Teacher In Using Of Instructional Media At Sd Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, 26(1), 56–64. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.15548/Jt.V26i1.526

Ali, M. (2017). Menyemai Guru Muhammadiyah Berkemajuan Di Sekolah Muhammadiyah. Ishraqi, 1(1), 31–39. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23917/Ishraqi.V1i1.2891

Andriyansyah, A. C. (2019). Implementasi Kebijakan Wajib Belajar Sembilan Tahun. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan, 2(2), 103–115.

Ardha, M. A. Al, Wahyuningtyas, D. P., Amri, F., Handayani, N. F., & Hatta, H. R. (2023). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 192–198. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Paedagoria.V14i2.14205

Ardha, M. A. Al, Yang, C., Adhe, K. R., Khory, F. D., Hartoto, S., & Putra, K. P. (2018). Multiple Intelligences And Physical Education Curriculum: Application And Reflection Of Every Education Level In Indonesia. 2nd International Conference On Education Innovation (Icei 2018), 587–592. Https://Doi.Org/10.2991/Icei-18.2018.129

Arifin, Z. (2022). Al Islam Dan Kemuhammadiyahan Sebagai Ruh Pengkaderan Guru Berkemajuan Di Tengah Masyarakat. Jurnal Mas Mansyur, 1(1), 33–45.

Bahrissalim, B., & Fauzan, F. (2018). Evaluasi Kurikulum Pelatihan Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Pai Di Balai Diklat Keagamaan Jakarta. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(1), 25–52. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21043/Edukasia.V13i 1.2779

Darmadi, H. (2016). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31571/Edukasi.V13i 2.113

Didi Pianda, (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Sukabumi: Cv Jejak.

Gunarti Sukriyatun, Maemunah Sa’diyah., “Implementasi Manajemen Mutu Terpadu (Tqm) Di Mts Yathasi Kota Bogorâ€. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal. Vol 4, No.1 (2022).

Hamdali Anton, (2019). Guru Bahasa Inggris Profesional, (Https://Www.Kompasiana.Com Diakses 23 Juni 2023).

Husaini Usman, (2011). Manajemen: Teori, Praktik Dan Riset Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

John R. Schemerhorn, (2010). Induction To Management, Asia: Sons (Asia) Pte Ltd.

Junaidi, Dinata, K. B., & Darwanto, D. (2020). Evaluasi Dan Analisis Baitul Arqam Terhadap Akhlak Dan Kinerja Dosen Dan Karyawan Universitas Muhammadiyah Kotabumi. Halaqa: Islamic Education, 4(2), 133–153. Https://Doi.Org/Doi: 10.21070/Halaqa.V4i2.1015

Lolang, E. (2017). Penggunaan Program Mathematica Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kombinatorika Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Uki Toraja. Jurnal Kip, 2(1), 10–16. Https://Doi.Org/Doi: Https://Doi.Org/10.47178/Jkip.V2i1.150

Lolang, E., Salsabyla, F., Suhud, A., Oktiawati, U. Y., & Ulimaz, A. (2023). Beban Kognitif: Extraneous Cognitive Load (Ecl) Siswa Yang Dipengaruhi Oleh E-Learning Berbasis Google Classroom. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 184–191. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31764/Paedagoria.V14i2.14161

Ma’ruf, M. (2018). “Konsep Kompetensi Guru Perspektif Al-Qur’an (Kajian Tafsir Surat Al-Qalam Ayat 1-4â€. Jurnal Al-Murabbi 3, No. 1. 17 January.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Ui Press.

Muhammad Gufron Dardiri, M.Pd., Awan Rofiq, M.Pd., (2017). التّربيّة. Pondok Pesantren Darunnajah.

Najiah, J., Haryati, T., Wibowo, F. I. S., Rohmatullah, N., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Kesulitan Belajar: Analisis Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Siswa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 34–44. Https://Doi.Org/Ttps://Doi.Org/10.31764/Paedagoria.V14i1.12798

Ni’mah, S., Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2018). Penerapan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Siswa Smp Di Banjarmasin Barat. Jurnal Biotek, 6(2), 120–130. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24252/Jb.V6i2.6313

Nur Azman, (2013). Kamus Standar Bahasa Indonesia, Bandung: Fokusmedia.

Rahmi, S., “Total Quality Management Dalam Memajukan Pendidikan Islamâ€. Intelektualita, 2015, Hlm 14.

Rayhan, N., Ananda, R., Rizal, M. S., & Sutiyan, O. S. J. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 42–56. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V7i1.274

Riyuzen Praja Tuala, (2018). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Lintang Rasi Askara Books.

Rony, & Jariyah, S. A. (2020). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal Of Islamic Education, 1(1), 79–100. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31538/Tijie.V1i1.18

Rusdiana, (2017).Manajemen Evaluasi Program Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Safrudin, V. R., & Anshory, I. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Smp Muhammadiyah Waipare Kabupaten Sikka. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 175–186. Http://Ejournal.Umm.Ac.Id/Index.Php/Jkpp

Sandu Siyoto & M. Ali Sodik, (2015). Dasar Metodologi Penelitian, Cetakan 1. Yogyakarta, Literasi Media Publishing.

Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D, Cetakan 2. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Suharismi Arikunto Dan Cepi Safruddin, (2018). Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Pt Bmiaksara.

Sutiyan, O. S. J., Sutiyan, D. R. R. J., Adlin, Irawan, D., & Ardha, M. A. Al. (2022). Eksistensi Muhammadiyah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 21(2). Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.29300/Attalim.V21i2.8354

Sutrisna, N. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik Sma Di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683–2684.

Syahrul, & Nurmayanti. (2019). Pengelolaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Di Sma Muhammadiyah Kendari. Jurnal Shautut Tarbiyah, 25(2), 259–284. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31332/Str.V25i2.1623

Ulfha, N., Kusuma, Y. Y., Sumianto, & Sutiyan, O. S. J. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 142–152. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.36379/Autentik.V7i1.288

Ulimaz, A. (2019). Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Diii Agroindustri Pada Materi Parameter Limbah Cair Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(4), 157–163. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33654/Jph.V5i4.876

Ulimaz, A., Agustin, D. K., Anggraini, D. P., & Sulistiana, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Pada Materi Nutrisi Mikroorganisme Berbasis High Order Thinking Skill. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 41–51. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.34289/Bioed.V5i1.1565

Ulimaz, A., Yardani, J., & Widiyastuti, D. A. (2023). Increase Student Learning Activities By Using A Problem-Based Learning Model In Legum Technology Lecture Materials. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 238–246.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional Di Masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, Dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.22219/Jppg.V1i1.12462

Widyatiningtyas, R., Andika, A., Warlim, Sutiyan, O. S. J., & Adlin. (2023). The Indonesian Government’s Efforts To Form Democratic Citizens Through Democratic Education. Jed (Jurnal Etika Demokrasi), 8(1), 115–123. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26618/Jed.V8i1.9760

Zainal Arifin, (2012). Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian.

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles