PENGARUH LEARNING MANAGEMENT SYSTEM SMAMGA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA

Authors

  • Muhammad Iqbal Universitas Negeri Surabaya
  • Rusijono Rusijono Universitas Negeri Surabaya
  • Hari Sugiharto Setyaedhi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.16206

Keywords:

Learning Management System, Kemandirian Belajar, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Learning Management System terhadap kemandirian dan keterampilan berpikir tingkat tinggi mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian experimental design dengan bentuk Pretest Posttest Control Group Design. Desain penelitian menggunakan Quasi Experimental Design dengan bentuk nonequivalent control group design. Berdasarkan hasil dari Uji Asumsi paired sample T- Test yang pertama yaitu untuk menguji kemampuan awal antara kedua kelompok menujukkan nilai sebesar 0,089 < 2,001 yang artinya mempunyai kemampuan awal yang sama. Kemudian, setelah diberikan treatment pada kelompok eksperimen dengan menggunakan aplikasi Learning Management System (LMS) dilakukan Uji Independent T- Test yang kedua menunjukkan hasil sebesar 5,906 > 2,001. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen yang berarti Learning Management System berpengaruh terhadap Keterampilan berpikir tingkat tinggi mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.

Abstract:  This study aims to determine the influence of Learning Management System on independence and higher-order thinking skills in Indonesian History class X SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. This study uses quantitative research with experimental design research methods in the form of Pretest Posttest Control Group Design. The research design uses Quasi Experimental Design with a form of nonequivalent control group design. Based on the results of the first paired sample T-Test Assumption Test, which is to test the initial ability between the two groups, it shows a value of 0.089 < 2,001 which means it has the same initial ability. Then, after treatment was given to the experimental group using the Learning Management System (LMS) application, the second paired sample T-Test Assumption Test showed results of 5,906 > 2,001. Thus, it can be concluded that there is a significant difference in the posttest scores of the control class and experimental class, which means that the Learning Management System affects the higher-order thinking skills of Indonesian History subjects grade X SMA Muhammadiyah 3 Surabaya

References

Abdillah, A., Mandailina, V., Pramita, D., & Mahsup, M. (2020). Peningkatan kemampuan aritmatika untuk perhitungan cepat operasi aljabar siswa madrasah aliyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 101–106.

Arikunto S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta (p. 172).

Diana, N., Walidain, S. N., & Rahman, A. H. (2018). Integrasi Learning Management System ( LMS ) dan Simulasi PhET pada Pembelajaran Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains. QUARK: Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika Dan Teknologi, 1(1), 36–40.

Fitriyani, A., Toto, T., & Erlin, E. (2020). Implementasi Model PjBL-Stem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Bioed : Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 1. https://doi.org/10.25157/jpb.v8i2.4375

Gusti, Sri, D. (2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi. In Yayasan Kita Menulis (Vol. 4, Issue 3, pp. 57–71).

Harsono, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Learning Management System Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Informatika Dan Komputasi, 12(April), 48–50.

Kabunggul, Y. dkk. (2020). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Android. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 3–6.

Kaka, N. L., Abidullah, Sirajuddin, Mahsup, & Mandailina, V. (2022). Pengembangan alat peraga roda pintar sebagai media pembelajaran matematika materi trigonometri. Seminar Nasional Paegoria, 2, 251–259.

Mahsup, M., & Anwar, Y. S. (2018). Pengaruh Metode Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa. Jurnal Ulul Albab, 22(2). https://doi.org/10.31764/jua.v22i1.584

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Nurdiana, S. (2017). Psikologi Dan Pembelajaran Matematika. Pendidikan Dan Kependidikan, 2(1), 70–83.

Penelitian, A. P., & Penelitian, B. J. (2015). Sukardi. Prosedur Penelitian, 5–200.

Simbolon, D. H. (2022). Pengaruh E-Learning Berbasis Learning Management System Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and …, 6(1), 12–22.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. In Bandung:Alfabeta. (p. 118).

Syamsurijal, S. (2022). Studi Komparatif Persfektif Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Buton terhadap Penerapan Pembelajaran Blended Learning di Era New Normal. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 1961–1968. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2305

Ulum, M. S., & Pamungkas, J. (2020). Analisis Kritis Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Online Di Madrasah Ibtidaiyah Masa Pandemi Covid 19 (Solusi Menyelamatkan Masa Depan Anak-Anak Indonesia). MUBTADI: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 2(1), 17–35. https://doi.org/10.19105/mubtadi.v2i1.3584

Utama, R., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2021). Pengaruh Brainwriting Berbasis Learning Management System (LMS) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p001

Downloads

Published

2023-07-15

Issue

Section

Articles