IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMK

Authors

  • Melti Lorenza SMKS Muhammadiyah Cerenti
  • Dias Setyawan Universitas Negeri Malang
  • Miftahussa'adiah Miftahussa'adiah Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i3.16219

Keywords:

Keterampilan Kolaborasi, Pembelajaran berbasis Masalah

Abstract

Abstrak: Latarbelakang penelitian ini yaitu berawal dari kompetensi yang diharapkan untuk siswa lulusan SMK yaitu untuk siap terjun langsung di dunia kerja dan dapat berkolaborasi dengan tim. Akan tetapi, dalam proses pembelajaran di SMK ketika disajikan sebuah permasalahan secara berkelompok,  siswa masih banyak yang bekerja secara individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan kolaborasi siswa SMK dengan mengimplementasikan model pembelajaran berbasis masalah dalam kegiatan pembelajaran. Metode yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindak Kelas dengan menerapkan 2 siklus pembelajaran. Pelaksanaan penelitian di salah satu SMK di Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa, yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi yang dibantu oleh 2 observer. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keseluruhan aspek keterampilan kolaborasi dari siklus satu ke siklus dua. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Abstract:  The background of this research starts with the competencies expected for SMK graduates, such as being ready for the working world and being able to collaborate with teams. However, in the learning process at SMK, when a problem is presented in groups, all students still work individually. This study aims to determine the improvement of vocational student’s collaboration skills by implementing problem based learning models in learning activities. The method used is Class Action Research, applying 2 learning cycles. The research was conducted at one of the Vocational High Schools in Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi. The research subjects were 24 students, consisting of 20 female students and 4 male students. Data collection techniques involved observation assisted by 2 observers. The results showed an increase in all aspects of collaboration skills from cycle one to cycle two. Based on these results, it can be interpreted that the application of a problem-based learning model is able to improve the skills of Vocational High School students.

References

Alrahlah, A. (2016). How effective the problem-based learning (PBL) in dental education. A critical review. Saudi Dental Journal, 28(4), 155–161. https://doi.org/10.1016/j.sdentj.2016.08.003

Apriono, D. (2016). Pembelajaran Kolaboratif. Seminar Nasional MIPA 2016, (September), 60–70.

Ariyanto, S. R., & Muslim, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMK Melalui Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Jurnal Vokasi Teknik Otomotif, 1(1), 25–33.

Boud, D., Cohen, R., & Sampson, J. (2014). Peer learning in higher education: Learning from and with each other. Peer Learning in Higher Education: Learning from and with Each Other, 1–184. https://doi.org/10.4324/9781315042565

Chang, B. J. (2016). Problem-based learning in medical school: A student’s perspective. Annals of Medicine and Surgery, 88–89. https://doi.org/DOI: 10.1016/j.amsu.2016.11.011

Douglass, C., & Morris, S. R. (2014). Student perspectives on self-directed learning. Journal of the Scholarship of Teaching and Learning, 14(1), 13–25. https://doi.org/10.14434/JOSOTL.V14I1.3202

Fukuzawa, S., Boyd, C., & Cahn, J. (2017). Student Motivation in Response to Problem-based Learning. Collected Essays on Learning and Teaching, 10, 175–188. https://doi.org/10.22329/CELT.V10I0.4748

Irnaningsih, S., Kusmawan, U., & Fatmasari, R. (2021). Pengaruh Collaborative Skills dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Kinerja Siswa Sekolah Dasar di Gugus 10 Kecamatan Pamulang. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 523. https://doi.org/10.37905/aksara.7.2.523-536.2021

Jailani, & Retnawati, H. (2016). Keefektifan Pemanfaatan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan HOTS Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 111–123.

Kaplan, Z. (2023). What Are Collaboration Skills? Definition and Examples. Forage. Retrieved from https://www.theforage.com/blog/skills/collaboration-skills#:~:text=Collaboration skills include written communication,%2C feedback%2C and inclusivity skills.

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.

Nurdiansyah, dan Amalia, F. (2018). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran IPA Materi Komponen Ekosistem. Pgmi Umsida, 1, 1–8.

Putra, R. A., Widiyanti, W., & Sutadji, E. (2020). Keterampilan Berkomunikasi dan Berkolaborasi untuk Mempersiapkan Lulusan Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1072. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13877

Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.465

Redhana, I. W. (2013). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Peningkatan Keterampilan Pemecahan Malasah dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(1), 76–86.

Saenab, S., Yunus, S. R., & Husain, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan IPA. Biosel: Biology Science and Education, 8(1), 29. https://doi.org/10.33477/bs.v8i1.844

Taryono, Saepuzaman, D., Dhina, M. A., & Fitriyanti, N. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 ( 4Cs ) Siswa SMP. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 4(1), 89–105.

Vandenhouten, C., Groessl, J., & Levintova, E. (2017). How Do You Use Problem-Based Learning to Improve Interdisciplinary Thinking? New Directions for Teaching and Learning, 2017(151), 117–133. https://doi.org/10.1002/TL.20252

Yew, E. H. ., & Goh, K. (2016). Problem-Based Learning: An Overview of its Process and Impact on Learning. Health Professions Education, 2(2), 75–79. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.hpe.2016.01.004

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4366

Downloads

Published

2023-07-15

Issue

Section

Articles