PENGARUH METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE BERBASIS LEMBAR KERJA MAHASISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA KULIAH BIOSTATISTIKA

Authors

  • Musafaah Musafaah Universitas Lambung Mangkurat
  • Noor Ahda Fadillah Universitas Lambung Mangkurat
  • Hadrianti H. D. Lasari Universitas Lambung Mangkurat
  • Fakhriyah Fakhriyah Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1703

Keywords:

Cooperative Learning, Learning Achievement, Biostatistika, Student Worksheets.

Abstract

Abstrak: Nilai akhir mata kuliah biostatistika mahasiswa PSKM FK ULM yang belum mencapai nilai ambang lulus (C) empat tahun terakhir terus mengalami peningkatan. Tahun 2012 mahasiswa yang belum mencapai nilai ambang lulus (C) sebanyak 15,9%, tahun 2013 sebanyak 21,7%, tahun 2014 sebanyak 22,0%, dan meningkat tajam pada tahun 2015 sebanyak 47,7% serta sebanyak 64,4% pada tahun 2016. Penelitian ini bertujuan agar peserta didik dapat berfikir sistematis dan logis dalam mengatasi suatu masalah-masalah yang dihadapi. Desain  penelitian ini  menggunakan  desain One Group Pre-test-Post-test  Design. Perlakuan diberikan kepada seluruh mahasiswa (33 Orang) dalam satu kelas menggunakan model pembelajaran think pair share. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji T berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan mean nilai UTS sebelum dan sesudah diberi LKM (p- value 0,0001, nilai mean 9,35) dan ada perbedaan mean nilai UAS sebelum dan sesudah diberi LKM sebesar (p-value 0,001, nilai 11,38). Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh penerapan metode Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap prestasi belajar mahasiswa. 

 

Abstract:  The final value of PSKM FK ULM student Biostatistika courses that have not yet reached a threshold value of passed (C) The last four years continue to increase. In 2012 students who have not reached a threshold of graduation (C) as much as 15.9%, 2013%, 21.7%, 2014%, and increased in 22.0 as much as 2015% and as much as 47.7% in 64.4. This research aims to allow learners to be systematic and logical in addressing the problems faced. The design of this research uses the design of One Group Pre-Test-Post-Test Design. The treatment is given to all students (33 people) in one class using the think pair share learning model. The research Data is analyzed using the T test in pairs. The results indicate there is a difference in mean value UTS before and after given MFIS (p-value 0.0001, mean value 9.35) and there is a difference in mean value of UAS before and after given MFIS (p-value 0.001, value 11.38). The conclusion on this study is that there is an influence on the implementation of the Cooperative Learning type Think Pair Share (TPS) method against student learning achievement.  

References

Anggoro, R. P., Rachmi, L. I., & Aulia, E. T. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Kampung Kauman Kota Yogyakarta. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 43. https://doi.org/10.12928/jp.v2i1.461

Anni, T. C. (2005). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.

Anonim. (2018). Langkah sederhana menjaga kesehatan mental. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 1–2.

Bintoro, H. S. (2015). Penerapan Think-Pair-Share Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika Siswa. Refleksi Edukatika, 5(1). https://doi.org/10.24176/re.v5i1.432

Bland, J. (2004). Teaching Statistics To Medical Students Using Problem-Based Learning: The Australian Experience. BMC Med Educ, 4. https://doi.org/10.1186/1472-6920-4-31

Budiarto, E. (2001). Biostatistika untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. In Biostatistika untuk Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat.

Budiasih, E. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran melalui Strategi Think Pair Share (TPS). Jurnal Pembelajaran Kimia (J-PEK), 1.

Darmawan, A. . (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011. Universitas Negri Semarang.

Ibe, H. N. (2009). Metacognitive Strategies on Classroom Participation and Student Achievement in Senior Secondary School Science Classrooms. Nigeria: Imo State University.

Kaddoura, M. (2013). Think Pair Share: A Teaching Learning Strategy to Enhance Student’s Critical Thinking.

Khofifuddin, A. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Kooperative Model Think-Pair-Share (TPS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pedagogik, 6(1), 99–122.

Lie, A. (2007). Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Ni’mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas. Unnes Physics Education Journal, 1(1 (2012)), 18–25.

Nia, M., Supriadi, & Gunadi, T. (n.d.). Peningkatan keterlibatan Mahasiswa dalam Pembelajaran Biostatistik dengan Metode Kooperatif melalui Media Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) di Program Studi Perumahsakitan. Jurnal Vokasi Indonesia, 84–96.

Radhakhrisna, R., Ewing, J., & Chikthimmah, N. (2012). TPS (Think Pair Share) as an Active Learning Strategy. Nacta Journal.

Syahputra, G. (2015). Peran Bioinformatika Dalam Desain Kandidat Molekul Obat. Biotrends, 6(1), 26–27.

Published

2020-04-04

Issue

Section

Articles