HISTORICAL BASED LEARNING: INOVASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ANDRAGOGI

Authors

  • Ismaul Fitroh Universitas Negeri Gorontalo
  • Joni Apriyanto Universitas Negeri Gorontalo
  • Resmiyati Yunus Universitas Negeri Gorontalo
  • Tonny Iskandar Mondong Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i4.17459

Keywords:

Historical Based Learning, Inovasi, Andragogi

Abstract

Abstrak: Tujuan penulisan artikel ini yakni untuk membuat inovasi model pembelajaran sejarah pada mata kuliah Sejarah Indonesia Masa Hindu dan Buddha sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa ada lima prinsip andragogi yakni (1) adanya identifikasi kebutuhan; (2) materi yang menarik, (3) berbasis masalah, (4) memanfaatkan sumber belajar, (5) belajar yang bermakna. Lima prinsip andragogi bisa memunculkan inovasi dalam pembelajaran yakni disebut dengan model Historical Based Learning. Dalam model Historical Based Learning ada tujuh langkah dalam pembelajarannya yakni; (1) menentukan materi, (2) membentuk kelompok, (3) heuristic, (4) kritik, (5) interpretasi, (6) historiografi, (7) evaluasi.

Abstract: The purpose of writing this article is to create an innovative historical learning model in the course of Indonesian History of the Hindu and Buddhist Period so that learning objectives can be achieved. The method used in this research is descriptive qualitative method. Data were obtained from interviews, observations and documentation. The results showed that there are five principles of andragogy, namely (1) identification of needs; (2) interesting material, (3) problem-based, (4) utilizing learning resources, (5) meaningful learning. The five principles of andragogy can lead to innovation in learning, which is called the Historical Based Learning model. In the Historical Based Learning model there are seven steps in learning, namely; (1) determining the material, (2) forming groups, (3) heuristic, (4) criticism, (5) interpretation, (6) historiography, (7) evaluation.

References

Ahmad Rusdiana, B. S. A. (2020). Andragogi Metode dan Teknik Memanusiakan Manusia (T. N. Ahmad Gojin, Muhardi (Ed.). Pustaka Tresna Bhakti.

Alamsyah, D., Karwati, L., & Danial, A. (2021). Penerapan Pendidikan Orang Dewasa dalam Program Bina Keluarga Balita (BKB). Bandung: Indonesian Journal of Adult and Community Education, 3(2), 9.

Arifah, S. (2018). Strategi Pembelajaran Andragogi (Kajian pada Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia). Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan, 2(1), 38–65. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3203

Azis, Z. A. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Andragogi di Pondok Pesantren Al-Muayyad Windan Makamhaji Kartasura Sukoharjo Tahun 2019. Rayah Al-Islam, 6(2), 210–235. https://doi.org/https://doi.org/10.37274/rais.v6i2.615

Budiwan, J. (2018). Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 10(2), 107–135. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.3559265

Djumena, I. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Orang Dewasa Pada Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah FKIP UNTIRTA. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 1(1), 17–28. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/1178

Hamidah, J., & Syaki, A. (2021). Implementasi Pendekatan Andragogi Spiritual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mandiri Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 4(2), 358–372. https://doi.org/https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1376

Hutauruk, L. M. (2022). Pentingnya Prinsip Pendidikan Orang Dewasa bagi Peserta Didik Orang Dewasa dalam Penyelesaian Program POD. Jambura Journal of Community Empowerment, 3(1), 44–57. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/jjce.v3i2.1868

Komarudin. (2022a). Konsep Pendidikan Andragogi Dalam Al-Qur’an Perspektif Pendidikan Islam. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 06(01), 103–119. https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/798

Komarudin. (2022b). Pendekatan Andragogi dalam Pendidikan Pemustaka di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Maktabatuna: Jurnal Kajian Kepustakawanan, 4(2), 177–192. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/maktabatuna/article/view/4878

Kurniati, I., Malik, A. S., Maslachah, A., Muchtar, H. S., & Sulastini, R. (2022). Pendekatan Andragogi Pada Proses Pembelajaran di Institut. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(1), 46–51. https://jardi.or.id/tr/publications/353570/pendekatan-andragogi-pada-proses-pembelajaran-di-institut

Maua, Jm., Saenomb, Marthac, I., Gintingd, G., & Sirait, S. (2022). Model Pembelajaran Orang Dewasa di Era Masyarakat 5.0. Skenoo: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 2(2), 165–178. https://doi.org/https://doi.org/10.55649/skenoo.v2i2.38

Mulyana, S., & Bartin, T. (2020). Hubungan Penerapan Prinsip-Prinsip Andragogi dengan Hasil Belajar Peserta Pelatihan Menjahit Pakaian. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 8(3), 330–337. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v8i3.109940

Nisa, I. Y., Sudadio, & Siregar, H. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Andragogi Pada Pelatihan Pembuatan Tahu Untuk Meningkatkan Kemampuan Berwirausaha di PKBM Al-Ishlah Pabuaran Rangkasbitung. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 153–164. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/7311/4918

Nofriana, R., Fitriani, W., & Yunus, U. I. N. M. (2023). Konsep Pendidikan Andragogi dalam Perspektif Islam. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(1), 28–34. https://doi.org/10.33506/jq.v12i1.2093

Polapa, I. (2015). Pengembangan Model Pembelajaran Partisipatif Andragogis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar. Irfani, 11(I), 59–88. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ir

Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64–76. https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258

Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2019). Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, Dan C di Kota Semarang. Edukasi, 3(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/edukasi/article/view/954/891

Rokhimawan, M. A., Badawi, J. A., & Aisyah, S. (2022). Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MI. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2077–2086. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2221/pdf

Rosi, Q. A., & Gumiandari, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Pendekatan Andragogi di Lingkungan SMAN 1 Jatiwangi. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 16(1), 45–54. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i1.1865

Setiawati, R. I., & Shofwan, I. (2023). Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal SKB Ungaran. Lifelong Education Journal, 3(1), 39–59. https://doi.org/10.59935/lej.v3i1.180

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, R&D, dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/5961

Wahono, Imsiyah, N., & Setiawan, A. (2020). Andragogi: Paradigma Pembelajaran Orang Dewasa Pada Era Literasi Digital. PROCEEDING Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 517–527. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4877

Yatimah, D., Sasmita, K., Darmawan, D., & Syah, R. (2020). Pengaruh Kompetensi Andragogi dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kemampuan Manajerial Tutor di Balai Latihan Kerja DKI Jakarta. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat (JPPM), 7(1), 68–81. https://doi.org/10.36706/jppm.v7i1.10490

Yusri, Y. (2017). Strategi Pembelajaran Andragogi. Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, 12(1), 25. https://doi.org/10.24014/af.v12i1.3861

Downloads

Published

2023-10-23

Issue

Section

Articles