LITERASI NUMERASI SISWA PADA PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERBANTUAN SOAL HOTS
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v14i4.17601Keywords:
Literasi numerasi, PMRI, HOTSAbstract
Abstrak: Literasi numerasi berkaitan dengan kemampuan mengaplikasikan pengetahuan dasar yang dimiliki, prinsip serta proses matematika ke dalam permasalahan dalam kehidupan sehari – hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana literasi numeras siswa pada pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan soal HOTS. Metode penelitian menggunakan Systematic Literature Review. Pengumpulan data dilakukan melalui pengumpulan dan peninjauan terhadap seluruh artikel yang memiliki keterkaitan dengan kajian penelitian yang diterbitkan periode tahun 2020-2023 dari database Google Scholar. Temuan dalam penelitian mengindikasikan bahwa bahwa penggunaan media pembelajaran menggunakan pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berbantuan soal HOTS dapat meningkatkan literasi numerasi siswa.
Abstract:  Numerical literacy is related to the ability to apply basic knowledge, principles, and processes of mathematics to problems in everyday life. The purpose of this research is to examine how students' numerical literacy in the Indonesian Realistic Mathematics (PMRI) approach is assisted with HOTS questions. The research method uses systematic literature reviews. Data collection was carried out by collecting and reviewing all articles related to research studies published for the 2020–2023 period from the Google Scholar database. The findings in the study indicate that the use of learning media using the Indonesian Realistic Mathematics (PMRI) approach assisted by HOTS questions can improve students' numeracy literacy.References
Afrilianti, F. F., Kesumawati, N., & Hera, T. (2022). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Berdasarkan Self-Efficacy. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3087–3096. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1668
Amalia, D., & Hadi, W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Hots Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 219–236. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.904
Anderha, R. R., & Maskar, S. (2021). Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.774
Apipatunnisa, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2022). Eksplorasi kemampuan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar dengan pemodelan rasch. COLLASE (Creative of Learning Studentas Elementaru Education), 05(04), 668–680.
Ate, D., & Lede, Y. K. (2022). Analisis Kemampuan Siswa Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal Literasi Numerasi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 06(01), 472–483.
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 269–283. http://jurnal.ekadanta.org/index.php/Widyalaya/article/view/121
Diva, S. A., Khafidin, D., & Ulya, H. (2022). Pengaplikasian Pmri Dengan Soal Hots Guna Meningkatkan Kompetensi Literasi Numerasi Dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 9, 138–148. https://conference.umk.ac.id/index.php/snapmat/article/view/191
Diva, S. A., & Purwaningrum, J. P. (2022). Penyelesaian Soal Cerita pada Siswa Diskalkulia ditinjau dari Teori Bruner dengan Metode Drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–14.
Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numeras di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1).
Faot, M. M., & Amin, S. M. (2020). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(1), 1–6.
Faridah, N. R., Afifah, E. N., & Lailiyah, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi dan Literasi Digital Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(1), 709–716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2030
Febrianti, W., Zulyusri, & Lufri. (2021). Meta Analisis: Pengembangan Soal HOTS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, VII(1), 39–45.
Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72–77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.679
Izzatin, M., Kartono, K., Zaenuri, Z., & Dewi, N. R. (2022). Pengembangan Literasi Numerasi Siswa Melalui Soal HOTS. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 630–634.
Kemendikbud. (2017). Matri Pendukung Literasi Numerasi. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.
Kurniawati, E., Suparni, & Suparni. (2019). Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dengan Metode Jigsaw terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Siswa SMP/MTs. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 1(2), 59–68. https://doi.org/10.14421/jppm.2019.12.59-68
Maghfiroh, F. L., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Keefektifan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3342–3351. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1341
Mutmainah, Y. H., & Suhendar, U. (2023). Perbandingan Pengaruh Pendekatan RME dan Saintifik Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 35–43.
Napsiyah, N., Nurmaningsih, N., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Berdasarkan Level Kognitif pada Materi Kubus dan Balok. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 45–59. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i2.183
OECD. (2019). PISA 2018 Assessment Framework Key Competencies in Reading, Mathematics and Science. OECD Publishing.
Oktiningrum, W., & Rahayu, L. I. (2022). Pengembangan Instrumen Soal HOTS pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas II SDN 3 Kademangan. Cakrawala Jurnal Ilmiah Bidang Sains, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.28989/cakrawala.v1i1.1264
Pebriana, P. H. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Siswa Kelas V SDN 003 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 68–79. http://journal.stkiptam.ac.id/index.php/cendekia/article/view/99/52
Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385
Purnaningtyas, Y., & Fajar, M. (2023). Students ’ Mathematical Literacy Ability in Terms of Self Efficacy Through Problem Based Learning with PMRI Approach. Unes Journal of Mathematics Education, 6927(1), 34–41. https://doi.org/10.15294/ujme.v12i1.67553
Rahmayanti, D. Z., & Sutama. (2022). Pembudayaan Literasi Numerasi dalam Kegiatan Inti Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 6(2), 19–24.
Rosalina, E., & Mandasari, N. (2021). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 4(1), 19–24.
TIMSS. (2019). Timss 2019 International Results in Mathematics and Science Timss & Pirl. In International Association for the Evaluation of Educational Achievement. https://www.iea.nl/sites/default/files/2021-01/TIMSS 2019-International-Results-in-Mathematics-and-Science.pdf
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3D V2 terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1687–1699.
Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio, 7(2), 498–508.
Wulandari, Nuraina, Fadhilla, M., Saputra, E., & Isfayani, E. (2023). Penerapan Metode Scaffolding Berbantuan Soal Hots Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Pada Materi Trigonometri. Jurnal Serambi Ilmu, 24(1), 30–41.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.