IMPLEMENTASI METODE EPA (EKSPLORASI, PENGENALAN DAN APLIKASI KONSEP) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SCIENCE SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i1.17873Keywords:
Metode Pembelajaran, Metode EPA, Keterampilan ScienceAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa Implementasi Metode EPA (Eksplorasi, Pengenalan dan Aplikasi konsep) dalam Pembelajaran Biologi dapat Meningkatkan Keterampilan Proses Science Siwa di SMA Negeri 13 Bone. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design dengan tipe One-shot Case Study Research  Design. Jumlah populasi terdiri dari 7 kelas dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah kelas X MIPA 3 dengan jumlah siswa sebanyak 35 orang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil analisis deskriptif dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui aktivitas science siswa diperoleh nilai keterampilan proses science siswa meningkat. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata pada pertemuan akhir sebesar 76,37 berada pada kategori tinggi dengan interval 75-89. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS Versi 22. Hal ini membuktikan bahwa ada peningkatan keterampilan proses science siswa dengan mengimplementasikan metode EPA (Eksplorasi, Pengenalan dan Aplikasi Konsep) dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 13 Bone.
Abstrak. This study aims to prove that the implementation of the EPA Method (Exploration, Introduction and Application of concepts) in Biology Learning can Improve Shiva's Science Process Skills at SMA Negeri 13 Bone. The research used is quantitative research with the type of research Pre-Experimental Design with the type of One-shot Case Study Research Design. The total population consists of 7 classes and samples were taken using purposive sampling techniques. The research sample was class X MIPA 3 with a total of 35 students. The data collection technique used in this research was using observation and documentation sheets. The results of descriptive analysis using observation sheets to determine students' science activities showed that students' science process skill scores increased. This is proven by the average score at the final meeting of 76.37 in the high category with an interval of 75-89. This test was carried out using SPSS Version 22. This proves that there is an increase in students' science process skills by implementing the EPA method (Exploration, Introduction and Application of Concepts) in biology learning at SMA Negeri 13 Bone.References
Adilah, J., & Martini. (2022). Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Tatap Muka Tterbatas Pada Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Sains, 10(3), 443–448.
Ahmad’, D. N., Alfahnum, M., & Yanti, S. (2021). Perbandingan Pembelajaran Keterampilan Proses Melalui Metode Pembelajaran Problem Based Instruction Dan Studi Kasus Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 9(1), 93–99.
Anita, H. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Pendidikan Biologi Pada Praktikum Mikrobiologi. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 240–249.
Arif, A., & Hasyim, A. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Group To Group Exchange Dengan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Pendidikan Biologi, 2(2), 125–133.
Darmayanti, N. W. ., Wijaya, I. K. M. W. B., Sanjayanti, N. P. A. ., & Janawati, D. P. A. (2021). Analisis Aspek Keterampilan Proses Sains Dasar Pada Buku Teks Ipa Siswa Sekolah Dasar Kelas Vi. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 130–145. Https://Doi.Org/10.29407/Jpdn.V7i1.16022
Devita, R., & Budiyanto, C. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Kecerdasan Naturlis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas Iv Sdn 1 Mekarsari Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(1), 29–36.
Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44–52.
Eliyana, E. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Belajar Ipa Materi Tumbuhan Hijau Pada Siswa Kelas V Sdn 3 Panjerejo Di Masa Pandemi Covid-19. Eduproxima : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, 2(2), 87. Https://Doi.Org/10.29100/Eduproxima.V2i2.1628
Fata, M. A., Pratama, F. A., & Al Ghozali, M. I. (2019). Model Eksplorasi Pengenalan Dan Aplikasi Konsep (Epa) 5 Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan. Action Research Journal Indonesia, 1(2), 64–74.
Filujeng, D. O., Martini, & Purnomo, A. R. (2022). Implementasi Home Laboratory Topik Perpindahan Kalor Untuk Malatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Masa Pendemi. Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 94–101.
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1), 1617–1620.
Fitriah, P. I., Yulianto, B., & Asmarani, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here. Journal Of Education Action Research, 4(4), 546. Https://Doi.Org/10.23887/Jear.V4i4.28925
Fitriani, Harahap, R. D., & Safitri, I. (2022). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 Di Sma Negeri. Pendidikan Biologi, 5(1), 80–89.
Gasila, Y., Fadillah, S., & Wahyudi. (2019). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Ipa Di Smp Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 06(1), 14–22.
Karim, H., Azis, A. A., A’, N., & Saparuddin. (2021). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Dipadu Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Stuktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 124–138.
Khomsatun, S., & Rudyatmi, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkan Keterampilan Pemecahan Masalah, Keterampilan Komunikasi Dan Keterampilan Kognitif Peserta Didik Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Biologi, 6(2), 173–179.
Kiay, M. I. (2018). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Dengan Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipa Di Smp Negeri 4 Gorontalo. Jps: Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan, 03(2), 138–147.
Kurniawan, D. E., & Makin. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education And Development, 9(2), 47–51.
Masjudin. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Pokok Bahasan Thaharah Dengan Metode Pembelajaran Epa ( Eksplorasi , Pengenalan , Dan Aplikasi Konsep ) Siswa Mts Al-Mukhtary. Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu Sosial, 6(2), 34–45.
Nafrin, I. A., & Hudaidah. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(2), 456–462.
Nurfitria. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Sq3r ( Survey , Question , Read , Recite , Review ) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Kelas Xi Sman 1 Sungai Lala. Pendidikan Tambusai, 5(3), 5933–5940.
Purnamasari, I. E., & Suryanti. (2022). Efektivitas Pembelajaran Poe ( Predict , Observe , And Explain ) Terhadap Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sd Kelas V Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Biologi, 10(6), 1340–1354.
Putri, R. Y., Sudarti, & Prihandono, T. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Rangkaian Seri Paralel Menggunakan Metode Praktikum. Jurnal Pendidikan Edumapsul, 6(1), 497–502.
Samsuri, T. (2021). Implementasi Pembelajaran Biologi Dengan Metode Epa Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Kependidikan Fisika, 9(1), 101–112.
Santiawati, S., Yasir, M., Hidayati, Y., & Hadi, W. P. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Smp Negeri 2 Burneh. Natural Science Education Research, 4(3), 222–230. Https://Doi.Org/10.21107/Nser.V4i3.8435
Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 22–31.
Soebagio, & Efferi, A. (2016). Kekurangan Dan Kelebihan Metode Epa (Eksplorasi, Pengenalan Dan Aplikasi Konsep). 1–23.
Susisusanti, Wirahmad, I., & Syarifuddin. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Epa ( Eksplorasi , Pengenalan , Dan Aplikasi Konsep ) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 8 Donggo Satap Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 2(2), 86–105.
Udin, M., Arsyad, M., & Khaeruddin. (2020). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Siswa Kelas X Siswa 14 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, I(2), 139–147.
Salosso, S., Nurlaili, & Kusumawardani, R. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Pada Pokok Bahasan Larutan Asam Dan Basa. Bivalen: Chemical Studies Journal, 1(1), 45–50. Https://Doi.Org/10.30872/Bcsj.V1i1.280
Winata, K. A., Zaqiah, Q. Y., Supiana, & Helmawati. (2021). Kebijakan Pendidikan Dimasa Pandemi. Jurnal Ad’ministrare, 4(1), 1–6.
Yuni, W., Mutmainna, P. A., & Agustina, S. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran (Peo) Untuk Menganalisis Keterampilan Proses Sains Materi Asam Basa Kelas Xi Di Sma 1 Kilo. Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 5(2), 61–73.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.