PERAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MENYONGSONG ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i1.19335Keywords:
Kejuruan, SMK, Society 5.0Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan sekolah menengah kejuruan dalam menyongsong perkembangan era society 5.0 dari bidang pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan tinjauan pustaka (literature review). Data yang digunakan berupa data sekunder yang bersumber dari peninjauan sedikitnya 48 karya ilmiah yang memiliki tema dan bahasan yang sama dengan bahasan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa era society 5.0 merambah hingga ke dunia pendidikan, terutama pendidikan vokasi. Peran SMK sangat penting untuk menjadi agen perubahan dalam menyongsong era society 5.0. SMK memiliki peran untuk memfasilitasi siswa agar dapat meningkatkan kemampuan mereka, seperti kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif, kemampuan bekerja sama, memecahkan masalah kompleks, serta profesional dan bertanggung jawab. Teknologi yang digunakan menyesuaikan dengan yang ada di dunia kerja. Pendidik juga harus memiliki pengusaan teknologi yang baik serta memiliki kreativitas yang tinggi agar dapat menjadi pembimbing siswa dalam mendalami kompetensi yang mereka inginkan. Skema pembelajaran di SMKÂ Â berorientasi pada pengembangan keahlian tertentu yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dengan cara bekerja sama dengan industri untuk menyelenggarakan SMK Pusat Keunggulan.
Abstract: Â This research aims to determine the role of vocational school in welcoming the development of the era of society 5.0 in the field of implementing education and teaching. This research method used is qualitative descriptive analysis using a literature review approach. The data used is secondary data sourced from a review of at least 48 scientific papers that have the same themes and discussions as the topic of this research. The results of this research show that the era of society 5.0 has spread to the world of education, especially vocational education. The role of Vocational Schools is very important to become agents of change in welcoming the era of society 5.0. Vocational Schools have a role in facilitating students to improve their abilities, such as the ability to think critically, creatively and innovatively, the ability to work together, solve complex problems, as well as being professional and responsible. The technology used adapts to what exists in the world of work. Teachers must also have good mastery of technology and have high creativity in order to be able to guide students in exploring the competencies they desire. The learning scheme at Vocational Schools is oriented towards developing certain skills that suit the needs of the world of work by collaborating with industry to organize Vocational Schools Centers of Excellence.
References
Adha, L. H., Asyhadie, Z., & Kusuma, R. (2020). Digitalisasi Industri Dan Pengaruhnya Terhadap Ketenagakerjaan Dan Hubungan Kerja Di Indonesia. Jurnal Kompilasi Hukum, 5(2), 267–298. https://doi.org/10.29303/jkh.v5i2.49
Ainun, F. P., Mawarni, H. S., Sari, H. P., & Fauzah, N. N. (2023). Menyongsong Era Society 5.0: Strategi Manajemen Pendidik di SMK Pusat Keunggulan untuk Menciptakan Lulusan Siap Kerja. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 3(2), 235–248. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i2.1492
Dhyanasaridewi, I. G. A. D. (2020). Analisis Digitalisasi Industri, Penciptaan Kesempatan Kerja, dan Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia. Jurnal Kompleksitas, 9(1), 21–29. http://dx.doi.org/10.56486/kompleksitas.vol9no01.18
Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis (A. Syaddad, Ed.; 1st ed.). Kaaffah Learning Center.
Edi, S., Suharno, & Widiastuti, I. (2017). Pengembangan Standar Pelaksanaan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) siswa SMK Program Keahlian Teknik Pemesinan di Wilayah Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 10(1), 22–30. https://doi.org/10.20961/jiptek.v10i1.14972
Elvitaria, L., Arisandi, D., Hartati, S., Trisnawati, L., Susanti, L., & Syamsuardi, A. (2023). Edukasi Peranan Teknologi dalam Pembelajaran di SMK Abdurrab Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 6(3), 330–340. https://doi.org/10.36341/jpm.vxix.xxx
Fauziah, F., Iswari, M., & Daharnis. (2022). Peran Bimbingan dan Konseling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Memasuki Era Society 5.0. Multidisciplinary Journal of Counseling and Social Research, 1(1), 11–22. https://doi.org/10.59027/alihtiram.v1i1.204
Hadiapurwa, A., Riani, P., Yulianti, M. F., & Yuningsih, E. K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar untuk Membekali Kompetensi Generasi Muda dalam Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 4(1), 115–129. https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3140
Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TAPI Palangka Raya, 1–14. https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.32
Hanjowo, M. D. F. F., Athahirah, N., Saputra, R. F., Alfarisi, S., & Rozaq, R. W. A. (2023). Peran Pendidikan Indonesia di Era Society 5.0. Jurnal Ekonomi Dan Teknik, 2(5), 423–428. https://doi.org/10.54543/etnik.v2i5.190
Harahap, S., Simatupang, M., & Atika, L. (2023). Penguatan Learning Management System (LMS) untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran pada Era Society 5.0 di Prodi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jurnal Vokasi Informatika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/javit.v3i1.149
Harun, S. (2021). Pembelajaran di Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo: Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, 265–276. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1074/771
Heri, Sandika, F., Apriliani, F., Ramadhan, G., & Adilah, H. (2021). Revolusi Industri 5.0 dalam Perspektif Ekologi Administrasi Desa. Jurnal Ilmiah “Neo Politea†FISIP Universitas Al-Ghifari, 2(1), 35–45. https://doi.org/10.53675/neopolitea.v2i1.291
Hermawan, I., Supiana, & Zakiah, Q. Y. (2020). Kebijakan Pengembangan Guru di Era Society 5.0. Journal of Islamic Educational Management, 1(3), 117–136. https://doi.org/10.35719/jieman.v2i2.33
Hidayati, A., Barr, F. D., & Sigit, K. N. (2021). Kesesuaian Kompetensi Lulusan SMK dengan Kebutuhan Dunia Usaha dan Industri. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 284–292. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i2.39508
Hikmat. (2022). The Readiness of Education in Indonesia in Facing The Society Era 5.0. Jurnal Basicedu, 6(2), 2953–2961. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2526
Khoiriah, S. U., Lubis, L. K. L. U., & Anas, D. K. N. (2023). Analisis Perkembangan Sistem Manajemen Pendidikan di Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan, Dan Humaniora, 2(2), 117–132. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i2.650
Khurniawan, A. W., Sailah, I., Muljono, P., Indriyanto, B., & Maarif, M. S. (2021). Strategi Prioritas Peningkatan Efektivitas Pengelolaan Sekolah Menengah Kejuruan Badan Layanan Umum Daerah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 93–106. https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1745
Kusuma, Y. (2021). Problematika Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 1127–1137. http://seminar.uad.ac.id/index.php/PSNBK/article/view/7874/1697
Lestari, N. D. (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Upayanya dalam Menghadapi Tantangan Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan, 20(2), 162–177. https://doi.org/10.33387/j.edu.v20i2.5210
Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar†di Era Society 5.0. Jurnal Sejarah, Pendidikan, Dan Humaniora, 5(1), 66–78. https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/1317
Mega, K. I. (2022). Mempersiapkan Pendidikan di Era Tren Digital (Society 5.0). Jurnal Belaindika: Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan, 4(3), 114–121. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.87
Mursyidah, N., & Muhammad. (2023). Arah Baru Pembelajaran Pada Mahasiswa Di Era Society 5.0. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma, 9(1), 5–11. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.3829
Nasrul, N., Hasnah, S., & Dzakiah. (2022). Kompetensi Guru di Era Society 5.0. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0 (KIIIES 5.0) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Datokarama Palu, 116–120. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1047/609
Nastiti, F. E., & Abdu, A. R. N. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Nasution, I., Pramudya, A., Tanjung, A., Oktapia, D., Nisa, K., Azzahrah, N., & Nurdahyanti. (2023). Supervisi Pendidikan Era Society 5.0. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 118–128. https://doi.org/10.58192/insdun.v2i2.764
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. https://dx.doi.org/10.24090/jk.v1i1.530
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/download/945/795
Pertiwi, N. P. E. W. P., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2019). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Media Pembelajaran dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 301–308. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19277
Pinatih, N. P. S. (2020). Pembelajaran Menyenangkan dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TAPI Palangka Raya, 64–76. https://prosiding.iahntp.ac.id/index.php/seminar-nasional/article/view/38/33
Pudyastuti, E., Ginting, R. S., & Ginting, M. (2022). Sosialisasi Program SMK Pusat Keunggulan pada SMK Immanuel. Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 35–38. https://jurnalpkmibbi.org/index.php/Pubarama/article/view/46/86
Putri, Z. D. (2020). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan SMK Negeri 1 Bengkalis. Jurnal Pendidikan MINDA, 1(2), 61–73. https://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/124
Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia di Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.55115/edukasi.v2i1.1395
Rahayu, R. S. (2018). Studi Literatur: Peranan Bahasa Inggris untuk Tujuan Bisnis dan Pemasaran. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(4), 149–158. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v1i4.1553
Rahman, A., Zebua, W. D. A., Satispi, E., & Kusuma, A. A. (2022). Formulasi Kebijakan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/download/14216/7373
Rahmawan, A. Z., & Effendi, Z. (2022). Implementasi Society 5.0 dalam Kebijakan dan Strategi Pendidikan pada Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Strategi Dan Model Pembelajaran, 2(1), 34–43. https://doi.org/10.51878/strategi.v2i1.861
Ramli, T. S., Sukarsa, D. E., Zamil, Y. S., Muttaqin, Z., Putri, S. A., Cahyadini, A., Ramadayanti, E., Millaudy, R. A., Hidayat, M. J., & Aurellia, B. (2022). Pemanfaatan Teknologi bagi Siswa dalam Menyokong Peningkatan Ekonomi Digital dan Upaya Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal Ilmu Hukum Kenotariatan, 6(1), 81–98. https://doi.org/10.23920/acta.v6i1.955
Santika, A., Simanjuntak, E. R., Amalia, R., & Kurniasari, S. R. (2023). Peran Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan dalam Memposisikan Lulusan Siswanya Mencari Pekerjaan. Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 14(1), 84–94. https://doi.org/10.31764
Saputra, M. H., Fitriaty, Firmasari, P., Fadhilah, Y., Mardiana, & Hassandi, I. (2023). Peluang dan Tantangan Pasca Covid-19 Menghadapi Era Society 5.0 untuk Mencapai Kinerja Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 146–151. https://doi.org/10.33998/jumanage.2023.2.1.708
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555
Sasikirana, V., & Herlambang, Y. T. (2020). Urgensi Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Society 5.0. Journal Article E-Tech, 1(8), 1–8. https://doi.org/10.24036/et.v8i2.110765
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Suherman, Y. R., Nugroho, T. A., Quraini, F. B., & Yasin, M. (2023). Analisis Perkembangan Industrialisasi Era 5.0 Terhadap Kondisi Pendidikan di Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik Jawa Timur. Jurnal Kajian Dan Penelitian Umum, 1(3), 169–182. https://doi.org/10.47861/jkpu-nalanda.v1i3
Sukardi. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya (Edisi Revisi) (R. Damayanti, Ed.; 1st ed.). Bumi Aksara.
Sumartono, & Huda, N. (2020). Manajemen Pendidikan di Indonesia Sebagai Implementasi Triple Helix untuk Mempersiapkan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Andi Djemma, 3(1), 74–79. http://dx.doi.org/10.35914/jad.v3i1.340
Sunawardhani, N., & Casmudi. (2022). Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan Berbasis Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas di SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara. Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4968–4981. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2932
Usmaedi. (2021). The Needs of Training to Improve Teacher Competence in Preparing Society 5.0. Technium Social Sciences Journal, 20(1), 275–286. https://techniumscience.com/index.php/socialsciences/article/view/3532
Wijasena, A. C., & Haq, M. S. (2021). Optimalisasi Sarana Prasarana Berbasis IT sebagai Penunjang Pembelajaran dalam Jaringan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(1), 240–255. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/38779
Wijayanti, Yunarti, S., & Harmaningsih, D. (2022). Proyeksi Masyarakat 5.0 Melalui Model Pembelajaran Berlandaskan HOTS di Perguruan Tinggi. Jurnal IKRAITH-HUMANIORA, 6(1), 94–101. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/1489
Yulianto. (2021). The Needs of Training to Improve Teacher Competence in Preparing Society 5.0. Technium Social Sciences Journal, 20(1), 275–286. https://techniumscience.com/index.php/socialsciences/article/view/3532
Zami, M. F. Z., & Machdum, S. V. (2020). Pengembangan Human Capital dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. The 2nd International Conference on Social Work Faculty of Social and Political Sciences University of Muhammadiyah Jakarta, 1–16. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/ICSW2019/article/download/6876/4290
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.