EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLANDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN

Authors

  • Farida Fitriani Universitas Pendidikan Mandalika
  • Salilah Sarilah Universitas Pendidikan Mandalika
  • M Rasyid Ridlo Universitas Pendidikan Mandalika

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i1.19858

Keywords:

Model Pembelajaran Blanded Learning, Blanded Learning, Hasil Belajar, Kemandirian Belajar

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas model blanded learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia mahasiswa Poltekkes Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control grup design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Teknologi Laboraturium Medis. Teknik sampling yang digunakan yaitu random sampling. Data diperoleh dari program studi D4 Teknologi Laboraturium Medis kelas A dan B. Data bersumber dari data primer yang bersasal dari nilai posttest, dan kuisioner dari kemandirian dan respon mahasiswa. Sedangkan data skunder diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi pada nilai awal. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan model blanded learning dapat terlaksana dengan persentase sebesar 98,63%. Keefektivan model pembelajaran blended learning menunjukan persentase sebesar 80%. Penerapan model blended learning juga efektif meningkatkan kemandirian belajar yang ditunjukan pada nilai sign 0,038 < 0,05 dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, hal tersebut dapat dilihat pada nilai sign 0,001 < 0,05.

Abstract:  The purpose of this study is to assess the efficacy of the blended learning model in enhancing the Indonesian language learning outcomes of Mataram Health Polytechnic students. The study employs a quantitative method utilizing a quasi-experimental approach with a posttest-only control group design. The study population comprises students from the Department of Medical Laboratory Technology, and a random sampling technique is used. Primary data is obtained from posttest scores and student questionnaires while secondary data is sourced from observations and documentation of initial values. The study results confirm that the blended learning model can be implemented with a success rate of 98.63% and an efficacy rate of 80%. Furthermore, the blended learning model enhances student independence as indicated by the significance value of 0.038 < 0.05, and it also improves student learning outcomes as demonstrated by the significance value of 0.001 < 0.05.

References

Abdullah, W. (2018). Model Blanded Learning dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Online Kopertais Wilayah IV (EKIV), 7(1), 12. https://doi.org/https://core.ac.uk/download/pdf/231325248.pdf

Addarunnafis, M. N. (2023). Komparasi Hasil belajar PAI Masa Darurat Covid-19 dan Masa Transisi Covid-19 SMP di Kota Bima. Palapa, 11(3), 407–425. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/palapa.v11i1.3247

Afdhaluzzikri, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas II Jenjang Sekolah Dasar Negeri Reusak Kabupaten Aceh Barat. Skripsi.

Biantoro, R. N. (2020). Pengaruh Penyesuaian Diri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Xi Smk N Kebonagung. 1–23.

Cahyani, S. (2022). Pembelajaran Berbasi Blended Learning. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Choirunnisa, N., & Yatri, I. (2022). Efektivitas Model Blended Learning Terhadap Hasil. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 975–985.

Febriyana, V. (2022). Kajian Blended Learning Sebagai Alternatif Model Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 205–216. https://doi.org/http://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii Artikel

Hima, L. R. (2017). Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning) Terhadap Motivasi Siswa Pada Materi Relasi Dan Fungsi. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1479

Lusiana, B. (2022). Penerapan Blended Learning dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik di Ma Darussalam Bumi Agung.

Ni’matul Khoiroh, Munoto, L. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 97–110. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i2.13986

Hariyadi, E., Sejati, A. E., Zulhija, M., & Indonesia, K. K. T. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Pandemi COVID-19. 6, 11193–11204.

Lalima, D., & Lata Dangwal, K. (2017). Blended Learning: An Innovative Approach. Universal Journal of Educational Research, 5(1), 129–136. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050116

Magdalena, I., Sahara, A. M., Tazkiah, D., Saoma, N., Mahira, S., Septiani, R., Qolbi, I., & Tangerang, U. M. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19 Di Sdn Cikokol 3. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(3), 377–391. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Mufidah, N. L., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. 9(1), 187–198.

Riduwan. (2010). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian (Warsiman (ed.)). Alfabeta.

Rohana, S., & Syahputra, A. (2021). Model Pembelajaran Blended Learning Pasca New Normal Covid-19. 13(1), 48–59.

Rusman, Cepi, D. (2012). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (1st ed.). Rajawali Pers.

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139–144. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809

Fausett, L. (1994). Fundamentals of Neural Network. New York: Prentice Hall.

Syaharuddin. (2017). Delphi for Education: Matematika, Multimedia & Database (1st ed.). Mataram: Wade Group Publisher.

Downloads

Published

2024-01-10

Issue

Section

Articles