ANALISIS TENTANG PENGHAYATAN NILAI-NILAI KEBHINEKATUNGGALIKAAN DAN PANCASILA YANG DITERAPKAN DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Khofifatun Nafiah Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Sani Safitri Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v15i1.20005

Keywords:

Nilai Kebhinekatunggalikaan, Pancasila, Sekolah Dasar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk atau simbol penghayatan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila sebagai identitas manusia Indonesia yang diterapkan di SD Negeri 55 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode literatur dan obsevasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 55 Palembang sudah menerapkan nilai-nilai kebhinekatunggalikaan dan Pancasila dengan baik. Nilai-nilai kebhinekatunggalikaan terbukti dengan adanya gambar presiden dan lambang Pancasila, adanya penerapan 6S dan dengan adanya sikap saling menghargari terhadap perbedaan agama. Sedangkan nilai-nilai Pancasila dari lima sila terlihat dari kegiatan peserta didik di sekolah yaitu berdoa sebelum dan setelah belajar, menghormati dan menghargai teman maupun guru yang berbeda agama, tidak adanya deskriminasi dengan adanya poster antibullying, mentaati tata tertib dan adanya piket kelas.

Abstract:  This research aims to analyze the form or symbol of appreciation of the values of Bhinneka Tunggal Ika and Pancasila as the identity of Indonesian people which is applied at SD Negeri 55 Palembang. This research is qualitative research using literature and observation methods. The data collection technique used was interviews. The results of the research show that SD Negeri 55 Palembang has implemented the values of diversity and Pancasila well. The values of diversity are proven by the presence of a picture of the president and the Pancasila symbol, the implementation of 6S and an attitude of mutual respect for religious differences. Meanwhile, the Pancasila values of the five principles can be seen from students' activities at school, namely praying before and after studying, respecting and appreciating friends and teachers of different religions, no discrimination with anti-bullying posters, obeying rules and class picketing.

References

Aka, K, A. (2016). Model Quantum Teaching Dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pkn. Jurnal Pedagogia, 5(1), 35-46.

Alwasi, F, F., dkk. (2023). Menanamkan Rasa Kebersamaan dan Sikap Saling Menghargai Melalui Pembelajaran IPS di SD Kelas Awal Tema 7 "Kebersamaan" Kelas 2 SD. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPA (JPPI), 17(1), 84-92.

Asbar, R. F & Witarsa, R. (2020). Kajian Literatur Tentang Penerapan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 225-236.

Hayati, Z. (2018). Pendidikan Sekolah Dasar dan Peningkatan SDM Yang Berkualitas. Primary Education Journal (PEJ), 1(2), 66-71.

Irawati, D., Iqbal, A, M., Hasanah, A & Arifin, H, S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa, Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Kamaria, A. (2021). Implementasi Kebjikan Penataan dan Mutasi Guru Pegewai Negeri Sipil di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(3), 82-96.

Khaatimah, H & Wibawa, H. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 76-87.

Maghfirani, R, T. (2023). Implementasi Nilai Kebhinekaan Global Dalam Profil Pelajar Pancasila Untuk Menghadapi Kritis Identitas Nasional. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(5), 100-108.

Malaikosa, Y, M, L., Nurkholisah, F & Khusniyah, T, W. (2023). Efektivitas Karakter Melalui Metode Pembiasaan Siswa SD Negeri Tungkulrejo Kecamatan Padas, Kabupaten Ngawe. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 26-33.

Mustari, dkk. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembinaan Karakter Di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Ilmu-ilmu Sosial, Hukum dan Pengajarannya, 18(1), 179-192.

Permadi, S. (2015). Analisis Problematika Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Paradigma Pendidikan Baru Melalui Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 39-47.

Pertiwi, A, D & Dewi, D, A. (2021). Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Landasan Bhinneka Tunggal Ika. Jurnal Kawarganegaraan, 5(1), 212-221.

Pujiati, S & Muhsin, I. (2020). Aktualisasi Nilai Pancasila dalam Memperkuat Negara Hukum Indonesia Perspektif Sosiologis. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(2), 13-22.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah, 17(33), 81-95.

Riyanto, S., dkk. (2023). Bhinneka Tunggal Ika: Nilai Dan Formulasinya Dalam Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal Legislasi Indonesia, 20(2), 1-13.

Sianturi, Y & Dewi, D, A. (2021). Penerapan Nilai Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari Hari Dan Sebagai Pendidikan Karakter. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 222-231.

Sujana, I, W, C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39.

Sulistuyaningrum, T & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121-128.

Ulandari, T & Nawawi, E. (2023). Analisis Penghargaan dan Penghayatan terhadap Kebhinekatunggalikaan serta Nilai Pancasila di SMA N 2 Palembang. Jurnal Pengabdian Weest Science, 2 (1), 38-46.

Widiyani. (2023). Implementasi Kebhinekatunggalikaan dan Sila-Sila Pancasila Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan West Science, 1(2), 150-158.

Downloads

Published

2024-01-14

Issue

Section

Articles