APLIKASI PEMBELAJARAN DARING PADA PELATIHAN ENGLISH FOR ACADEMIC PURPOSE UNIVERSITAS PGRI SEMARANG DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dyah Nugrahani Universitas PGRI Semarang
  • Ngasbun Egar Universitas PGRI Semarang
  • Siti Musarokah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2490

Keywords:

Daring Learning, English for Academic Purpose.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi pembelajaran dalam Pelatihan English for Academic Purpose (EAP) di Universitas PGRI Semarang pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dialami peserta Pelatihan EAP di Universitas PGRI Semarang pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta Pelatihan EAP Universitas PGRI Semarang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. dan kuesioner disusun menggunakan Google Form. Dalam mengumpulkan data, penulis membagi tautan kuesioner melalui grup WhatsApp. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif, yakni reducing data, displaying data, dan drawing conclusion. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pelatihan EAP Universitas PGRI Semarang menggunakan tiga aplikasi pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19, yaitu Google form, WhatsApp, dan aplikasi iSpring Suite. Hasil penelitian yang lain yaitu mahasiswa mengalami berbagai kendala dalam menggunakan aplikasi pembelajaran daring pada Pelatihan EAP selama masa pandemi COVID-19. Kendalanya utamanya adalah ketersediaan jaringan internet.

Abstract:  The current study aims at describing the implementation of Learning Application in the Training of English for Academic Purpose (EAP) in Universitas PGRI Semarang in COVID-19 pandemic era and at identifying the students’ obstacles in using the teaching application in the Training of English for Academic Purpose (EAP) in Universitas PGRI Semarang in the era of COVID-19 pandemic. The approach of the study is a descriptive qualitative research. The population of the study is all participants of the Training of English for Academic Purpose (EAP) in Universitas PGRI Semarang. The instrument used in the study was a questioner. In collecting the data, the writers shared a link of the questioner through WhatsApp Group. The data was analyzed by reducing the data, displaying the data and drawing conclusion. The result of the study shows that there are three applications which have been implemented in Training of English for Academic Purpose (EAP) in Universitas PGRI Semarang in COVID-19 pandemic era, namely Google form, WhatsApp, and iSpring Suite application. The students encountered some problems in using the application in the training. They are mostly due to the availability of internet networking.

References

Aini, R. N., & Riyantomo, A. (2019). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Bersama “Transpofun†Berbasis Android. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(2). https://doi.org/10.36499/jinrpl.v1i2.2948

Fahmi Kaerul, Gemilang Surya Eka, A. U. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Angka Dalam Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Eclipse Berbasis Android Untuk Tingkat Taman Kanak-Kanak. Jurnal Power Elektronik : Jurnal Orang Elektro, 6(2), 5. https://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/powerelektro/article/view/1194

H. Mudjia Rahardjo. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. https://doi.org/10.1360/zd-2013-43-6-1064

Irwansyah, I. (2018). Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Tinggi Jarak Jauh Di Perguruan Tinggi Swasta. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 2(1), 39. https://doi.org/10.36339/jaspt.v2i1.122

Jaka. (n.d.). 10 Aplikasi Belajar Online (E-Learning) Gratis & Terbaik 2020. Jalan Tikus.com. https://jalantikus.com/tips/aplikasi-belajar-online-android/

Lestari, N. P. (2020). Menimbang Mahalnya Biaya “Lockdown.†Arsip Publikasi Ilmiah Biro Administrasi Akademik.

Lexy J. Moloeng. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Marzuki. (2012). Politik Pendidikan Nasional dalam Bingkai Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Penelitian Humaniora, 17(2), 16–38.

Muslim, B., & Hasyim, S. (2019). Implementasi UU No. 12 Tahun 2012 dan PP No. 8 Tahun 2012 Terhadap Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 8(2), 151. https://doi.org/10.22373/ls.v8i2.4560

Novantara, P. (2017). Implementasi Dan Efektifitas Mobile Learning Dengan Menggunakan Metode Synchronous Dan Asynchronous Learning Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Universitas Kuningan Berbasis Android. Buffer Informatika, 3(1). https://doi.org/10.25134/buffer.v3i1.932

Payana, M. D., & Pramunsyie, H. (2019). Perancangan media pembelajaran english grammar berbasis android. Journal of informatics and computer science, 5(2), 110. https://doi.org/10.33143/jics.vol5.iss2.548

Puspitorini, F. (2016). Penggunaan Aplikasi Android Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. KNIT-2 Nusa Mandiri, 416–421.

son, harison. (2015). Aplikasi Education Bahasa Inggris Yang Bisa Diatur Sebagai Alat Pengukur Kemampuan Penguasaan Kosakata Berbasis Android. Jurnal Ipteks Terapan, 9(3). https://doi.org/10.22216/jit.2015.v9i3.418

Utari, D. A., Miftachudin, M., & Hasin, M. K. (2019). Aplikasi Android “Smart Technical English†Untuk Meningkatkan Keahlian Bahasa Inggris Mahasiswa Vokasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(2), 7–14. https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i2.6129

Published

2020-07-29

Issue

Section

Articles