REFORMASI MADRASAH PADA ERA DISRUPSI: PERAN PANDEMI COVID -19 DALAM PENDIDIKAN TEKNOLOGI

Authors

  • Kartini Kartini Institut Agama Islam Az-Zaytun
  • Lia Istiana Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2552

Keywords:

The Madrasah reform, Era disruption, Technology education.

Abstract

Abstrak: Adanya wabah yang mendominasi hak manusia untuk melakukan aktivitas di luar rumah, berdampak pada pengertian madrasah. Bersamaan dengan hal itu, penerapan pada era distrupsi ini menyambut dekonstruksi pengertian madrasah yang memiliki model tradisional dalam perkembangan sejarah. Madrasah tidak lagi berbentuk lembaga yang didalamnya berlangsung pertemuan antara guru dan murid secara langsung, atau pemateri sebagai nara sumber dengan penyimak secara langsung. Sebagai salah satu komponen dalam pembelajaran madrasah, penelitian ini membidik perkembangan media pembelajaran yang ditandai dengan antusiasme tinggi atas kedatangan wabah melalui kecanggihan teknologi, membuat eksistensi media pembelajaran lebih memiliki aktualisasi dalam dinamika perkembangan madrasah. Metode penelitian ini bersifat kualitatif dengan teknik penyebaran angket secara terbuka, yang didukung oleh model pendekatan konten analisis. Hasil dari penelitian ini, membuktikan bahwa masyarakat mulai beradaptasi dengan perubahan makna madrasah menjadi kajian yang bercorak daring. Pendidikan teknologi menjadi penting dan berkontribusi dalam perkembangan peradaban baru, sehingga keduanya saling melengkapi dengan mempertimbangkan media dan situasi pembelajaran.

 

Abstract: An outbreak that dominates human rights to conduct activities in outside the home, has an impact on the understanding of madrasas. Along with that, this application in the era of distortion welcomed the deconstruction of the notion of madrasa has a traditional model in historical development. Madrasas are no longer shaped institution in which there is a meeting between the teacher and student directly, or presenters as resource persons with direct listeners. As one component in madrasa learning, this research aims the development of instructional media is characterized by high enthusiasm above the arrival of the plague through technological sophistication, made the existence of the media learning has more actualization in the dynamics of madrasa development. This research method is qualitative with a questionnaire distribution technique open, which is supported by a content analysis approach model. The results of this study, proving that people begin to adapt to changes in meaning madrasas become online-style studies. Technology education is important and contribute to the development of new civilizations, so the two are mutually exclusive completes by considering media and learning situations.

Author Biographies

Kartini Kartini, Institut Agama Islam Az-Zaytun

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Lia Istiana, Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

References

Arif, M., Sholeh, S., Masikun, & Fahris, A. (2019). Sejarah Sosial & Dinamika Intelektual Pendidikan Islam. Jakarta: Literasi Nusantara.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(I), 31–43.

Candra. (2019). Pengantar Teknologi Informasi. Banjarmasin: POLIBAN PERSS.

Daulay, H. P. (2019). Pendidikan Islam: Historis dan Eksistensinya. Jakarta: Prenada Media.

Efendi. (2016). Konsep Pemikiran Edward L. Thorndike Behavioristik dan Imam Al-Ghazali Akhalak. Jakarta: GUEPEDIA.

Fikri, C. A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. In Sukma: Jurnal Pendidikan (Vol. 3). https://doi.org/10.32533/03106.2019

Ghazali, M. L. (2011). Muhammad Luthfi Ghazali. Jakarta: Prenada Media.

Harun, I., & Fauzan, M. (2019). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran oleh Guru Pendidikan Agama Islam. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 88. https://doi.org/10.24014/au.v1i2.6138

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (n.d.).

Ma’zumi, J. (2012). Contributions of Madrasah To The Development of The Nation Character. International Journal of Scientific & Technology, 1(11), 37–39.

Nata, A. (2014). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Neolaka, A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Jakarta: Kencana.

Pegiat Literasi dan Isu Lingkungan. (2020). Membaca Korona: Esai-Esai tentang Manusia, Wabah dan Dunia. Jakarta: Caremedia Comunication.

Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV.BUDI UTAMA.

Tasri. (2020). Hikmah Di Tengah Wabah Virus Corona. Qiyas, 5(1), 42–50.

Taufiq, A. (2018). Paradigma Baru Pendidikan Tinggi dan Makna Kuliah Bagi Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 45. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Wijaya, H., & Helaludin. (2019). Analisis Data Kualitatif. jakarta: Sekolah Tinggi Teologi Jaffray.

Published

2020-07-25

Issue

Section

Articles