STUDI KELAYAKAN ISI BUKU TEKS PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI SMA PADA MATERI FLORA DAN FAUNA

Authors

  • Syafril Syafril Universitas Negeri Malang
  • Sugeng Utaya Universitas Negeri Malang
  • I. Komang Astina Universitas Negeri Malang
  • Budi Handoyo Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i3.2643

Keywords:

Trial test, Textbook, Geography lessons, Flora and Fauna.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan kelayakan isi buku teks mata pelajaran geografi Kelas XI SMA/MA pada Materi Flora dan Fauna. Berdasarkan  survey  lapangan  diketahui salah satu buku yang banyak digunakan adalah  Buku geografi yang disusun oleh K. Wardiyatmoko penerbit Erlangga tahun 2013. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan analisis format instrumen penilaian buku teks pelajaran Geografi SMA/MA yang ditetapkan oleh BSNP (2013). Dalam instrumen tersebut, peneliti menghitung nilai tiap butir instrumen menggunakan teknik rating scale yang kemudian dijumlahkan untuk melihat nilai keseluruhan butir. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa buku yang dianalisis termasuk dalam kriteria layak dengan perolehan nilai 7 atau 58,33% pada sub aspek cakupan materi, skor 33,33% atau tidak layak pada sub aspek akurasi materi, skor 37,5% atau cukup layak pada sub aspek kemutakhiran, skor 37,5% atau cukup layak pada sub aspek kandungan wawasan nilai spiritual, sosial, kinestetis, dan produktifitas, serta skor 75% atau layak pada sub aspek mengembangkan wawasan kebhinekaan dan memperkokoh NKRI. Secara keseluruhan, skor rata—rata yakni 48,5% atau cukup layak. Jadi, Buku Teks Geografi untuk Kelas XI SMA  dan  MA  yang  disusun  oleh  K. Wardiyatmoko  penerbit Erlangga tahun 2013 cukup layak dan harus direvisi untuk digunakan sebagai sumber belajar dalam pembelajaran geografi di SMA/MA  kelas  XI.

Abstract:  This study aims to describe the appropriateness of the contents of textbooks in geography subjects in Class XI SMA / MA on Flora and Fauna Materials. Based on the field survey, it is known that one of the most widely used books is the Geography Book compiled by K. Wardiyatmoko, the publisher of Erlangga in 2013. The data processing technique in this study uses the analysis of the instrument format for assessing textbooks for SMA / MA Geography textbooks determined by BSNP (2013). In the instrument, the researcher calculates the value of each item of the instrument using a rating scale technique which is then summed to see the value of the whole item. Based on the results of the study, that the books analyzed are included in the criteria of feasible with the acquisition of a value of 7 or 58.33% in the sub-aspects of material coverage, a score of 33.33% or not feasible in the sub-aspects of material accuracy, a score of 37.5% or quite feasible on the latest sub-aspects, a score of 37.5% or quite feasible in the sub-aspects of the content of spiritual, social, kinesthetic, and productivity values, and a score of 75% or feasible in the sub-aspects of developing insight into diversity and strengthening the Unitary Republic of Indonesia. Overall, the average score is 48.5% or reasonably good. So, the Geography Textbook for Class XI of SMA and MA compiled by K Wardiyatmoko, the publisher of Erlangga in 2013, is quite feasible and must be revised to be used as a learning resource in learning geography in SMA / MA grade XI

References

Aksa, F. I. (2016). Development Of Geography Text Book Model Book World Geography. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 2(1).

Aksa, F. I., Afrian, R., & Jofrishal, J. (2018). Analisis Konten Buku Teks Geografi SMA Menggunakan Model Beck & McKeown. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 23(1), 1–8.

Cahyo, F. (2012). Pedoman Penulisan Buku Ajar.

Fitri. (2012). Perbedaan Buku Teks dan Buku Ajar.

Kemp, J., Mellor, A., Kotter, R., & Oosthoek, J. W. (2012). Student-produced podcasts as an assessment tool: An example from geomorphology. Journal of Geography in Higher Education, 36(1), 117–130.

Maulidariah, M. (2011). Pengembangan Buku Teks Geografi SMA/MA Kelas X pada Materi Dinamika Litosfer dan Pedosfer serta Dampaknya terhadap Kehidupan dengan Menggunakan Model Dick & Carey.(Tesis). DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Muslich, M. (2010). Text book writing: Dasar-dasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 52, 47–52.

Prawindia, L., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Geografi Struktur Buku Cambridge Fundamentals of Geography untuk Kelas XI SMA/MA Materi Sebaran Barang Tambang. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, Dan Praktek Dalam Bidang Pendidikan Dan Ilmu Geografi, 21(1), 53–62.

Puji Hastuti, K. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Geografi SMA/MA Kelas X Semester II Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Hidrosfer dan Dampaknya terhadap Kehidupan dengan Model Dick And Carey.(Tesis). DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Safitri, C. Y. (2019). Pengembangan Modul Sumber Daya Alam Kelas XI IPS SMA Negeri Bhakti Mulya Bunga Mayang Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2018/2019.

Sari, D. M. (2019). Pengembangan Modul Materi Pengetahuan Dasar Geografi (Berbasis Contoh Dan Terapan) Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung Tahun 2019.

Sumarmi, dkk. (2001). Pencitraan Buku Teks Geografi SMU Berdasarkan Kurikulum 1994. Malang: Lemlit Universitas Negeri Malang.

Tilbury, D., & Williams, M. (2002). Teaching and learning geography. Routledge.

Walkington, H., Dyer, S., Solem, M., Haigh, M., & Waddington, S. (2018). A capabilities approach to higher education: geocapabilities and implications for geography curricula. Journal of Geography in Higher Education, 42(1), 7–24.

Published

2020-09-04

Issue

Section

Articles