ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KELAS VIII BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i3.2662Keywords:
Mathematical Problem solving, Polya, Learning Style.Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Islam Selaparang Putra Kediri Lombok Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa dari 26 orang siswa di kelas VIII A, 2 subjek visual, 2 subjek auditorial, dan 2 subjek kinestetik. Instrumen yang digunakan yaitu angket gaya belajar, tes pemecahan masalah matematika, dan pedoman wawancara. Data diperoleh dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode tringulasi. Pemecahan masalah matematika dianalisis berdasarkan empat indikator menurut langkah polya yaitu (1) memahami masalah, (2) merencanakan pemecahan, (3) menyelesaiakan masalah, (4) mengecek kembali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) subjek visual dapat memahami masalah dengan membaca soal di dalam hati, dapat melakukan perencanaan pemecahan yang tepat, dapat melakukan penyelesaian masalah akan tetapi langkah penyelesaian kurang tepat, dan dapat melakukan pengecekan kembali.(2) subjek auditorial dapat memahami masalah dengan membaca sedikit keras, tidak bisa merencanakan pemecahan masalah, tidak menyelesaikan soal dengan tepat, tidak melakukan pengecekan kembali. (3) subjek kinestetik juga dapat memamahi masalah dengan sesekali memukul meja, dapat menuliskan perencanaan masalah, dapat menyelesaikan masalah langkahnya kurang tepat, dan tidak melakukan pengecekan kembali.
Â
Abstract: This study aims to describe students' mathematical problem-solving abilities in terms of learning styles. This research is a qualitative research with a qualitative descriptive approach. This research was conducted at MTs. Islam Selaparang Putra Kediri, West Lombok. The subjects in this study were 6 students from 26 students in class VIII A, 2 visual subjects, 2 auditory subjects, and 2 kinesthetic subjects. The instruments used were learning style questionnaires, math problem solving tests, and interview guides. The data obtained were analyzed by reducing the data, presenting the data, and drawing conclusions. Checking the validity of the data using the tringulation method. Mathematical problem solving is analyzed based on four indicators according to pattern steps, namely (1) understanding the problem, (2) planning solutions, (3) solving problems, (4) checking again. The results showed (1) the visual subject can understand the problem by reading the problem silently, can plan the right solution, can solve the problem but the settlement steps are not right, and can check again. (2) the auditorial subject can understand the problem by reading a little aloud, not being able to plan problem solving, not solving problems properly, not checking again. (3) the kinesthetic subject can also understand the problem by occasionally hitting the table, can write down the problem plan, can solve the problem with inappropriate steps, and does not check again.References
Achmad, Rizqi. (2013). Gaya Belajar Siswa SMK Piri 1 Yogyakarta (Studi pada Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan), Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, 16.
Agnes, Ika, Kurniawati. (2013). Gaya Belajar Siswa Kelas X dan XI IPA serta Gaya Mengajar Guru di Kelas Tersebut dalam Pembelajaran Fisika di SMA Bakti Karya Kaloran Kabupaten Temanggung Jawa Tengah, Skripsi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Pendidikan Fisika, 10.
Andi, Saparudin, Nur., Markus, Palopo. (2018), Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinajau dari Perbedaan Gaya Belajar Kognitif Dan Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2). 140.
Andri, Astutik. (2019), Proses Pemecahan Masalah Kontekstual Siswa SMA Ditinjau Dari Gaya Belajar Berdasarkan Langkah Polya Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Skripsi, FKIP, Prodi pendidikan matematika. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5.
Aries, Wahyu, Kurniawan. (2017). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas X SMK Muhammadiyah 4 Surakarta, Publikasi Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 5.
Fannya, Isra, Jannah, Panjaitan. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Karakteristika Cara Berfikir Siswa Melalui Pembelajaran Students Teams Achievement Division (STAD) di Kelas VIII MTs Al Jamiyatul Washliyah Tembung T. A 2017/2018, Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Negeri Sumatera Utara Medan, 18.
Hudojo., Herman, (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika, UM Press, Malang.
Miftahul, Ilmiyana. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Tipe Kepribadian Dimensi Myer Briggs Type Indicator (MBTI), Skripsi, FTK, Universitas NEgeri Raden Intan Lampung, 3.
Ni, Ummu, Kulsum. (2019). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Langkah John Dewey Ditinjau dari Gaya Belajar, Skripsi, FTK, Universitas Negeri Mataram, 1.
Nahdataeni, I. (2013). Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Di Kelas SMA Negeri 2 Palu, Jurnal Pendidikan Matematika Tadulako, 4(2). 94.
Rostina, Sundayana. (2016). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut,5(2). 76.
Septiyan., Hebri., & Fatahilah. (2015). Penerapan Pembelajaran Pemecahan Masalah Model Polya Untuk Menyelesaikan Soal-soal Aplikatif Pokok Bahasan Segi Empat Pada Siswa Kelas VII F SMP’N 9 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014, Kadikma, 6(2), 71.
Sonya, Eki, Santoso. (2016), Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasrkan Gaya belajar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Quantum Learning. (Skripsi, UNNES, Jurusan Matematika, 2.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, ALFABETA; Bandung.
Sulistiyorini. (2016). Analisis Kesulitan Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika Siswa SMP Universitas Muhammadiyah Surakarta, Publikasi Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.