ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN KELAS XI OTKP

Authors

  • Meirino Meirino Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Surabaya
  • Novi Trisnawati Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4952

Keywords:

Administration, E-learning, Staffing, Learning.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning dalam mendukung proses pembelajaran pada mata pelajaran administrasi kepegawaian di kelas XI OTKP SMK IPIEMS Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 siswa dan 1 guru sebagai triangulasi sumber pada kelas XI OTKP SMK IPIEMS Surabaya dan objek penelitian yaitu media pembelajaran E-learning yang digunakan pada mata pelajaran administrasi kepegawaian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data menurut miles dan huberman dengan melakukan 4 tahapan yaitu pengumpulan data, pengolahan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini memiliki kesimpulan bahwa media pembelajaran berbasis e-learning (Google classroom dan google meet) memiliki pengaruh positif dalam mendukung proses pembelajaran siswa di kelas XI OTKP SMK IPIEMS Surabaya dikarenakan membuat siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Hal ini terbukti dari pernyataan yang dipaparkan oleh siswa mengenai penggunaan media pembelajaran e-learning tersebut (google classroom dan google meet) membuat siswa lebih termotivasi dan focus dalam mengikuti proses pembelajaran berlangsung meskipun kendala yang dijumpai juga ada seperti halnya jaringan, kuota internet, dan lain sebagainya.

 

Abstract: This study aims to determine how the use of e-learning-based learning media in supporting the learning process in personnel administration subjects in class XI OTKP SMK IPIEMS Surabaya. The method used in this research is descriptive method with a qualitative approach. The subjects of this study were 3 students and 1 teacher as source triangulation in class XI OTKP SMK IPIEMS Surabaya and the research object was E-learning learning media used in personnel administration subjects. Data collection techniques in this study are using interview and observation techniques. The data analysis technique used is the data analysis technique according to miles and huberman by performing 4 stages, namely data collection, data processing, data presentation, and drawing conclusions. The results of this study conclude that e-learning-based learning media (Google classroom and google meet) have a positive influence in supporting the learning process of students in class XI OTKP SMK IPIEMS Surabaya because it makes students able to follow learning well. This is evident from the statements presented by the students regarding the use of e-learning media (google classroom and google meet) which make students more motivated and focused in following the learning process even though the obstacles encountered also exist such as networks, internet quotas, and so on.

References

Adijaya, N. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online* *Pengembangan teori dari penelitian berjudul “persepsi mahasiswa terhadap materi ajar pada pembelajaran online†yang telah dipublikasi di Jurnal Eduscience Vol. 3/1. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(2), 105–110. https://doi.org/10.31294/w.v10i2.3931

Albashtawi, A. H., & Al Bataineh, K. B. (2020). The effectiveness of google classroom among EFL students in Jordan: An innovative teaching and learning online platform. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(11), 78–88. https://doi.org/10.3991/IJET.V15I11.12865

Aminoto Tugiyo, & H. P. (2014). Penerapan Media E-learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13–29.

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan Instrumen Pengukur Critical Thinking Skills Siswa pada Pembelajaran Matematika Abad 21. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 1(2), 92–100. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/383/362

Arikunto. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnur, M. N. A., Adhima, F., Ayuwijayanti, M., & Marsuki, R. R. (2019). Karaketristik Pembelajaran Kolaboratif Bahasa Asing dalam Google classroom. Prosiding Seminar Nasional Literasi Bahasa Dan Sastra Ke-4 Pembelajaran Bahasa Asing Di Era Digital, 1–11. http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/artikel/ARTIKEL_SPROSIDING_SEMINAR_NASIONAL.pdf

Bagas Panca Pradana, D. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. It-Edu, 2(01).

Bhat, S., Raju, R., Bikramjit, A., & D’souza, R. (2018). Leveraging e-learning through google classroom: A usability study. Journal of Engineering Education Transformations, 31(3), 129–135. https://doi.org/10.16920/jeet/2018/v31i3/120781

Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. (2007). E-learning on Distance Education: A Concept That Changes Learning Methods in Higher Education in Indonesia. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 8, 99–113.

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(04), 1–11.

Gupta, A., & Pathania, P. (2021). To study the impact of Google classroom as a platform of learning and collaboration at the teacher education level. Education and Information Technologies, 26(1), 843–857. https://doi.org/10.1007/s10639-020-10294-1

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan Google classroom Sebagai Media Pembelajaran Online Di Universitas Dian Nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225–233. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924

Hardiansyah, H. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 78–86. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019

Huang, B., & Hew, K. F. (2016). Measuring Learners’ Motivation Level in Massive Open Online Courses. International Journal of Information and Education Technology, 6(10), 759–764. https://doi.org/10.7763/ijiet.2016.v6.788

Jayawardana, H. B. A. (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi Di Era Digital. Jurnal Bioedukatika, 5(1), 12. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v5i1.5628

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-learning) terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54. https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.5

Listiyani, I. M., & Widayati, A. (2012). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Untuk Siswa Sma Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 80–94. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.914

Marlina, H., Ismainar, H., Studi, P., & Masyarakat, K. (2021). Program Edukasi Kesehatan ; Upaya Preventif Terhadap Penularan Covid-19 di SMA Negeri 2 Siak Hulu Provinsi Riau. 3(1), 23–28.

Nirfayanti, N., & Nurbaeti, N. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika ISSN 26158132 (Cetak) ISSN 26157667 (Online), 2(1), 50–59. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211

Nugraha, I. K. A. E., .Dr. Ketut Agustini, S.Si, M. S., & ., I Gede Partha Sindu, S.Pd., M. P. (2017). Analisis Pemanfaatan E-learning Sebagai Knowledge Management Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Di Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 11. https://doi.org/10.23887/karmapati.v6i1.9865

Radha, R., Mahalakshmi, K., Kumar, V. S., & Saravanakumar, A. R. (2020). E-learning during Lockdown of Covid-19 Pandemic: A Global Perspective. International Journal of Control and Automation, 13(4), 1088–1099.

Rohmah, L. (2011). Konsep E-learning dan Aplikasinya pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 99.

Sabara, E., & Sabran. (2019). Pembelajaran blended learning melalui Google classroom. Prosiding Seminar Nasional LP2M UNM - 2019, 98–101.

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Samsul Bahri. (2020). Efektivitas Pembelajaran Google classroom Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62–70. https://doi.org/10.36765/jp3m.v3i1.254

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19 ). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(April), 13–21.

Semiar, P., Pendidikan, N., Sebelas, U., Surakarta, M., Wirawan, A. W., Sebelas, U., Surakarta, M., Prezi, M. S., & Penelitian, A. L. B. (2015). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Untuk. November.

Shaharanee, I. N. M., Jamil, J. M., & Rodzi, S. S. M. (2016). Google classroom as a tool for active learning. AIP Conference Proceedings, 1761, 1–7. https://doi.org/10.1063/1.4960909

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiah, N., Aminuyati, & Khosmas, F. Y. (2013). Analisis keterampilan mengajar guru dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Ekonimi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(9), 1–17.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran (Cetakan I). Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Zakia, A. R., Djamahar, R., & Rusdi, R. (2019). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Media Sosial E-learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pada Sistem Pencernaan. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 4(1), 21–28. https://doi.org/10.31932/jpbio.v4i1.395

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles