PENERAPAN METODE SQ3R TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI MASA PANDEMI

Authors

  • Sri Rahayuningsih Pendidikan Matematika, Universitas Wisnuwardhana Malang,
  • Indria Kristiawan PPKn, Universitas Wisnuwardhana Malang

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4958

Keywords:

SQ3R Method, Understanding of Mathematical Concepts, Pandemic.

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode SQ3R terhadap pemahaman konsep matematika mahasiswa di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif. Sumber data yang yang digunakan adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika semester 1 tahun akademik 2020/2021 yang berjumlah 28 mahasiswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil aktivitas mahasiswa dan hasil angket respon mahasiswa. Hasil penelitian yang meliputi hasil diskusi, hasil latihan, hasil tugas kelompok, hasil tes menunjukkan bahwa melalui penerapan metode SQ3R ≥75% mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman konsep sistem bilangan real di masa pandemi covid-19. Hasil angket respon menunjukkan bahwa ≥75% mahasiswa sangat senang dengan penerapan metode SQ3R dalam pekuliahan secara daring. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan metode SQ3R, yaitu Survey dalam aktivitas diskusi, Questions dalam aktivitas latihan, Read dalam aktivitas tugas, Recite dalam pertemuan virtual, dan Review dalam aktivitas kuis dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika mahasiswa di masa pandemi.

Abstract: The purpose of this study is to describe the application of the SQ3R method to students' understanding of mathematical concepts during the covid-19 pandemic. The type of research used is descriptive qualitative. The data sources used are students of the 1st semester of mathematics education study program for the 2020/2021 academic year, totaling 28 students. The data collected in this study are the data from student activities and the results of student response questionnaires. The results of the study which included discussion results, practice results, group assignment results, test results showed that through the application of the SQ3R method ≥75% of students experienced an increase in understanding the concept of the real number system during the covid-19 pandemic. The results of the response questionnaire show that 75% of students were very happy with the application of the SQ3R method in online lectures. So it can be concluded that the application of the SQ3R method, namely Survey in discussion activities, Questions in practice activities, Read in task activities, Recite in virtual meetings, and Review in quiz activities can improve students' understanding of mathematical concepts during the pandemic.

References

Amir, A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Logaritma, II(02), 115–127.

Asikin, J., & Ujaedah, S. (2020). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. TULIP, 9(1), 29–36.

Asiri, A., & Momani, M. M. (2017). The Effectiveness of Using SQ3R to Teach Reading Skills. Asian Journal of Education Research, 5(1), 1–6.

Bakhri, S. (2018). Pendidikan Global dan Globalisasi Pendidikan. PROSIDING Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Pada Era IR 4.0†Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 372(2), 2499–2508.

Carlston, D. L. (2011). Benefits of Student Generated Note Packets: A Preliminary Investigation of SQ3R Implementation. Teaching of Psychology, 38(3), 142–146. https://doi.org/10.1177/0098628311411786

Ceresia, F. (2016). Interactive Learning Environments (ILEs) as Effective Tools for Teaching Social Sciences. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 512–521. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.031

Dwiranata, D., Pramita, D., & Syaharuddin. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Android Pada Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Jurnal Varian, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.30812/varian.v3i1.487

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32–44. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073

Jaedun, A. (2009). Penerapan Model Tutor Teman Sejawat Berbasis Internet untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Fisika. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan UNY, 18(1), 1–15.

Maharani, S., & Andari, T. (2017). Pengembangan Buku Ajar Aljabar Linear untuk Mahasiswa Pendidikan Matematika Berbasis Model Discovery-Inquiry. Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun, 148–152.

Mahsup, Abdillah, & Syaharuddin. (2018). Peningkatan Penguasaan Konsep Lingkaran Dengan Metode Penemuan Bagi Mahasiswa. Paedagoria, 9(2), 91–96.

Mahsup, Abdillah, & Syaharuddin. (2019). Penerapan Pembelajaran Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Pada Materi Determinan. Jurnal Ulul Albab, 23(1), 33–37. https://doi.org/10.31764/jua.v23i1.643

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609–616. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Mandailina, V., & Mahsup, M. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII SMP/MTs. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 144–147. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.717

Masfingatin, T., Lusiana, R., & Maharani, S. (2020). Analysis of Student Errors in Solving Analytic Geometry Questions During the Covid Pandemic 19. ICOPE. https://doi.org/10.4108/eai.16-10-2020.2305212

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyono, D., & Elly S., A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 238–250. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2536

Mulyono, W. D. (2020). Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. STEAM Engineering (Journal of Science, Technology, Education And Mechanical Engineering), 2(1), 23–30.

Pandeas, Y. S., Lyesmaya, D., & Amalia, A. R. (2020). Penerapan metode SQ3R berbasis daring untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 29–38.

Panjaitan, S. M. (2016). Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa di Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas HKBP NOMMENSEN T.A. 2015/2016. Jurnal Suluh Pendidikan FKIP-UHN, 3(2), 203–211.

Rahayuningsih, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Matematika Model Auditory Intellectually Repetition (AIR). Journal of Educational Innovation, 3(2), 67–83.

Rahayuningsih, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. LIKHITAPRAJNA Jurnal Ilmiah, 20(1), 13–23.

Reyna, J. (2020). Twelve Tips for COVID-19 friendly learning design in medical education. MedEdPublish, 9(1), 1–16. https://doi.org/10.15694/mep.2020.000103.1

Robinson, F. P. (1946). Effective study. New York: Harper & Brothers.

Sahara, L. (2015). Penerapan Model Concept Teaching Pendekatan Concept Attainment Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Fisika Siswa Kelas VIII1 SMP Negeri 5 Kendari Pada Materi Pokok Usaha dan Energi. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi (ISSN., I(2), 108–112.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Syaharuddin, Pramita, D., & Sirajuddin. (2019). Pengenalan Operasi Tambah Kurang Melalui Permainan Congklak Bagi Siswa Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 3(1), 01–06. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i1.900

Widyastuti, D. D. (2020). Keterampilan Dasar Mengajar. JMM, 72–80.

Wijaya, T. U. U., Destiniar, & Mulbasari, A. S. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air). Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas PGRI Palembang, 53(9), 431–435.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles