PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP PADA SEKOLAH DASAR BERBASIS KEWIRAUSAHAAN

Authors

  • Miranda Miranda Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Hasan Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ihsan Said Ahmad Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ilyas Thamrin Tahir Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Dinar Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4960

Keywords:

Education, Life Skills, Elementary school, Entrepreneurship.

Abstract

Abstrak: Kajian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan kecakapan hidup pada jenjang pendidikan sekolah dasar, utamanya terkait pendidikan kecapakan hidup yang berbasis kewirausahaan. Kajian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, kemudian dijabarkan dengan metode deskriptif. Informan dalam kajian ini adalah guru Sekolah Dasar sebanyak 3 orang. Teknik penentuan informan dalam kajian ini menggunakan metode purposive sampling, dengan ketentuan kriteria informan antara lain (1) berprofesi sebagai guru atau tenaga pengajar dengan masa kerja minimal 3 tahun dan (2) bertugas di jenjang pendidikan sekolah dasar. Setelah dilakukan eksplorasi secara kualitatif, didapatkan hasil bahwa guru di Sekolah Dasar Negeri 72 Pakalu II belum memahami secara mendalam terkait dengan pendidikan kecakapan hidup berbasis kewirausahaan, dan juga belum menanamkan pendidikan kecakapan hidup khususnya yang terkait dengan kecakapan hidup general (GLS).

Abstract:  This study aims to determine the implementation of life skills education at the elementary school level, especially related to entrepreneurship-based life skills education. This study was conducted using a qualitative approach, then described by a descriptive method. The informants in this study were teachers at the 72 Pakalu II State Elementary School in Maros Regency. The technique of determining the informants in this study used the purposive sampling method, with the provisions of the informant's criteria, including (1) having a profession as a teacher or teaching staff with a minimum period of 3 years of service and (2) serving at the elementary school education level. After conducting a qualitative exploration, it was found that the teachers at SD Negeri 72 Pakalu II did not understand in depth related to entrepreneurship-based life skills education, and also had not instilled life skills education, especially those related to general life skills (GLS).

References

Adi, S., Supriyadi, & Masgumelar, N. K. (2020). Model-Model Exercise dan Aktivitas Fisik untuk Kebugaran Jasmani Anak SD. Malang: Wineka Media.

Akhmetshin, E., Romanov, P. Y., Zakieva, R. R., Zhminko, A. E., Aleshko, R. A. & Makarov, A. L. (2019). Modern Approaches to Innovative Project Management in Entrepreneurship Education: A Review of Methods and Applications in Education. Journal of Entrepreneurship Education, 1(15), 1-15.

Apriana, D., Kristiawan, M. & Wardiah, D. (2019). Headmaster’s Competency in Preparing Vocational School Students for Entrepreneurship. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(8), 1316–1330.

Auliana, R. (2015). Peningkatan Kompetensi Vokasional Siswa SMKLB melalui Penerapan Wirausaha Boga Sebagai Bekal Kecakapan Hidup (Life Skill). Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 10(1).

Bakar, B., Ruminiati, A. & AR Al Atok. (2017). Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Pendidikan Kecakapan Hidup di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar, 622-629.

Charmaz, K. (2006). Constructing Grounded Theory: A Practical Guide Through Qualitative Analysis. London Sage Publications.

Elsamak, M., Jusoh, N. & Zamil, N. A. M. (2020). Entrepreneurship Education Action Research at Al-Aqsa Primary School Malaysia. Ilkogretim Online, 19(4), 2997–3010.

Forcher-Mayr, M. & Mahlknecht, S. (2020). Critical Entrepreneurship Education in General Education and TVET: Two Concepts of Practice in a South African Township. Discourse and Communication for Sustainable Education, 11(2), 65–84.

Gim, N. G. (2021). Development of Life Skills Program for Primary School Students: Focus on Entry Programming. Computers, 10(5), 56.

Jara, E., Arruda, M. & Janicsek, L. M. (2016). The Teaching of Entrepreneurship, Innovation and Management Tools for Children from University Extension Program. International Journal of Emerging Research in Management & Technology Ãndia, 5(8), 85–89.

Khoiri, N. & Hindarto, N. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Life Skill untuk Meningkatkan Minat Kewirausahaan Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 84-88.

Lestari, Y. (2019). Proses Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Ilmu Kimia dalam Mengembangkan Kecakapan Hidup Peserta Didik di SMAN 1 Tayu, Pati, Jawa. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 1(1), 15–20.

Marwiyah, S. (2012). Konsep Pendidikan Berbasis Kecakapan Hidup. Jurnal Falasifa, 3(1), 75–79.

Naila, I., Jatmiko, B. & Sudibyo, E. (2019). Developing Entrepreneurship-oriented Project-based Learning Devices to Improve Elementary School Students’ Collaboration Skills. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(8), 412–416.

Noor, A.H. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) di Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kemandirian Santri. EMPOWERMENT: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 1–31.

Nurdin, A. (2016). Pendidikan Life Skill dalam Menumbuhkan Kewirausahaan Pada Peserta Didik Pendidikan Nonformal Paket C. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 2(2), 109–118.

Prasetyo, I., Tohani, E. & Sumarno, S. (2013). Pengembangan Model Pendidikan Life Skills Berbasis Kewirausahaan melalui Experiential Learning. Jurnal Ilmiah Visi, 8(2), 94–103.

Riyanti, Y. & Aini, W. (2018). Hubungan Kecerdasan Adversitas dengan Motivasi Berwirausaha Lulusan Pendidikan Kecakapan Hidup Keterampilan Tata Busana di SKB Kabupaten Lima Puluh. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 6(4), 500–507.

Rulyansah, A. & Sholihati, M. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Kecakapan Hidup pada Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 194-211.

Setiawan, U. & Husna, N. (2021). Pendidikan Kecakapan Hidup melalui Pelatihan Produktivitas Menciptakan Barang dan Jasa bagi Siswa Madrasah Aliyah di Purwakarta. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 1(1), 26–32.

Shawmi, A. N. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) dalam Pembelajaran Sains di SD/MI. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 240–252.

Wahyuningtyas, D. P. (2019). Early Childhood Education Based on Life Skills for Street Children in Surabaya. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 39-50.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles