DESAIN PEMBELAJARAN JARAK JAUH UNTUK MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Sangputri Sidik Pendidikan Sosiologi, Universitas Negeri Manado
  • Vera Mandailina Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nurul Hikmah PGSD, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Yuni Susilowati Keperawatan, STIKes Yatsi
  • Risna Zubaidah Administrasi Rumah Sakit, STIKeS Ar Rahma Mandiri
  • Syaharuddin Syaharuddin Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4962

Keywords:

Learning Design, Distance Learning, Learning Motivation.

Abstract

Abstrak: Motivasi belajar siswa merupakan hal penting yang harus diperhatikan selama proses pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Oleh sebab itu, tulisan ini bertujuan menawarkan desain pembelajaran yang bisa dijadikan rujukan oleh guru dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menganalisis kebijakan pemerintah dalam menerapkan pembelajaran jarak jauh ataupun pembelajaran tatap muka terbatas, menganalisis hasil-hasil penelitian revelan dengan pembelajaran daring, serta menyusun rancangan pembelajaran jarak jauh yang mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penyusunan silabus dan rencana pembelajaran sebaiknya berbasis blended learning, (2) menggunakan sumber belajar yang sesuai standar kurikulum seperti Rumah Belajar, (3) optimalisasi penggunaan media komunikasi yang mudah diakses oleh siswa seperti WhatsApp dan Zoom Meeting, (4) tugas sebaiknya berbasis project, praktikum lapangan dan berjenjang, (5) soal evaluasi disusun menggunakan Google Form atau Schoology dengan tipe soal berbeda setiap anak.


Abstract: Student learning motivation is an important thing to note during the online learning process during the COVID-19 pandemic. Therefore, this paper aims to offer a learning design that can be used as a reference by teachers in delivering lessons to students. This research is qualitative research by analyzing government policies in applying distance learning or limited face-to-face learning, analyzing research results relevant to online learning, and drafting distance learning designs that can increase students' learning motivation. The results showed that (1) the preparation of syllabus and learning plan should be based on blended learning, (2) using learning resources that meet curriculum standards such as Learning House, (3) optimization of the use of communication media that is easily accessible to students such as WhatsApp and Zoom Meeting, (4) tasks should be project-based, field and tiered practicum, (5) evaluation questions are prepared using Google Form or Schoology with different types of questions every child.

References

Abroto Andi; Anantama, Raka, A. P. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 5, No 3 (2021): June Pages 1111-1682, 1632–1638.

Burhan, F. A. (2020). Penggunaan WhatsApp dan Instagram Melonjak 40% Selama Pandemi Corona. In Katadata.Co.Id.

Firdaus, F. (2020). Implementasi dan Hambatan Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 220–225. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1009

Haryadi, R., & Rosina, I. (2020). Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi dan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2), 136–141.

Hastowahadi; Setyaningrum, R. W., & Pangesti, F. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Darurat COVID-19 : Cerita Mahasiswa Internasional di Kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing ( BIPA ). Journal of International Students, 10, 180–197.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10.

Juliya, M., & Herlambang, Y. T. (2021). Analisis Problematika Pembelajaran Daring dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Genta Mulia, XII(1), 281–294.

Khurniawan, A. W., & Alkibzi, M. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh di Sekolah Menengah Kejuruan. Vocational Education Policy, White Paper, 1(13), 1–10.

Mandailina, V., Pramita, D., Syaharuddin, S., & ... (2021). Rumah Belajar: Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Android Bagi Siswa di Lombok Barat. JAHE (Journal of …, 1(3), 10–13.

Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Purba, H. S., Muhammad, D. M., & Azis, S. H. (2020). Pelatihan Penggunaan Google Classroom untuk Mengoptimalkan Proses Pembelajaran. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 56. https://doi.org/10.20527/btjpm.v1i2.1785

Sari, I. N. (2019). Pengaruh Penggunaan Google Classroom Terhadap Efektivitas Pembelajaran Mahasiswa Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 1–120.

Stefany, S., Purbojo, R., & Adeline, C. (2020). Digital Literacy: Online Class Managerial For Educators. Jurnal Sinergitas PKM & CSR, 4(3), 215. https://doi.org/10.19166/jspc.v4i3.2805

Susilawati, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Yang Memanfaatkan Portal Rumah Belajar Di Smp Pesat Bogor Innovative Learning Model Application by Utilizing “Rumah Belajar†at SMP Pesat Bogor. Jurnal Teknodik, 0(0), 41–54.

Tasdik, R. N., & Amelia, R. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 510–521. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.536

Teknologi, P., Pendidikan, K., Martadinata, J. R. E., Pos, T., Ciputat, C. P. A., & Selatan, T. (2019). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Utilization of Portal Rumah Belajar to Increase Learning Quality. Teknodik, 23, 65–78.

Utami, Y. P., & Dewi, P. S. (2020). Model Pembelajaran Interaktif SPLDV dengan Aplikasi Rumah Belajar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 24. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.572

Warsita, B.-. (2019). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 65. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.355

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles