PENERAPAN KEGIATAN PEER TUTOR DALAM PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Dimas Singgih Sulistyo Wardani Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Febi Dwi Widayanti Pendidikan Matematika, Universitas Wisnuwardhana Malang
  • Sri Rahayuningsih Pendidikan Matematika, Universitas Wisnuwardhana Malang

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4965

Keywords:

Application, Peer Tutor, Online Learning.

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimanakah penerapan kegiatan peer tutor dalam pembelajaran daring. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang mengikuti matakuliah Profesi Kependidikan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, yaitu: (1) Rencana penerapan kegiatan peer tutor; (2) Instrumen tes hasil belajar mahasiswa; (3) Lembar Angket. Hasil penelitian yang meliputi hasil diskusi kelompok, hasil tes, dan hasil angket. Berdasarkan hasil tes secara klasikal sebesar mahasiswa telah mencapai ketuntasan, maka dapat dikatakan bahwa mahasiswa telah memahami materi yang telah dipelajari. Hasil angket respon yang sangat positif terhadap penerapan kegiatan “Peer Tutor†dalam pembelajaran daring. Penerapan kegiatan “peer tutor†dalam pembelajaran daring terdiri dari tiga tahap, yaitu peer, tutoring dan evaluation. Penerapan kegiatan “peer tutor†dalam pembelajaran daring dapat menumbuhkan sikap percaya diri dan peduli kepada teman, serta dapat mengembangkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa.

Abstract: The purpose of this study is to describe how peer tutor activities are implemented in online learning. This research is classified as quantitative descriptive research. This research was conducted on students who follow the education profession.Instruments used to collect data in this study, namely: (1) Plan for the application of peer tutor activities; (2) Instrument test results of student learning; (3) Angket sheet. The results of the study included the results of group discussions, test results, and questionnaire results. Based on the results of the test classically 77.8% of students have reached completion, it can be said that students have understood the material that has been studied. The results of a very positive response to the application of "Peer Tutor" activities in online learning.The application of "peer tutor" activities in online learning consists of three stages, namely peer, tutoring and evaluation. The application of "peer tutor" activities in online learning can foster a confident and caring attitude to friends, and can develop the ability to understand student concepts.

References

Abrianto, O. R. (2019). Penerapan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas Xi MIPA 4 SMA Negeri 1 Ambarawa. Satya Widya, 35(1), 62–74. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i1.p62-74

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. UNISSULA Press.

Arrand, K. (2014). Peer-Tutoring. Journal of Pedadogic Development, 4(1), 47–61. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-044894-7.01139-8

Arta Diantoro, S. B., Mahsup, M., & Pramita, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bentuk Aljabar Siswa Kelas VII SMP. Paedagoria FKIP UMMat, 10(1), 01–07. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.811

Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Citapustaka Media.

Briggs, S. (2013). How Peer Teaching Improves Student Learning and 10 Ways To Encourage It (pp. 1–13).

Haryoko, S. (2011). Efektivitas Strategi Pemberian Umpan Balik Terhadap Kinerja Praktikum Mahasiswa D-3 Jurusan Teknik Elektronika. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 30(1), 103–115. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4194

Isjoni. (2009). Cooperatif Learning Mengembangkan Kemempuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. (2011). Cooperative learning. Bandung: Alfabeta.

Iskandar, S. M., & Widayanti, F. D. (2013). Menggunakan Pendekatan Mekanistik, Tugas di Jurusan Kimia FMIPA UM. Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA III, 153–155.

Jaedun, A. (2009). Penerapan Model Tutor Teman Sejawat Berbasis Internet untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Fisika. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 18(1), 39–60. https://doi.org/10.21831/jptk.v18i1.7678

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 609–616. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran (Cetakan 2). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masliani, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Peer Tutor Pada Materi Komposisi Fungsi Kelas X IIS 1 Madrasah Aliyah Negeri 1 Banjarmasin Tahun Pelajaran 2017/2018. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 135–141. https://doi.org/10.20527/edumat.v6i2.5131

Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147

Nurdin, H. (2012). Penerapan Metode Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Kimia untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Kelas XII Pertanian SMKN 1 Watang Pulu Sidrap. Jurnal Chemica, 13(2), 17–25.

Priyambodo, S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System of Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5(1), 10–17.

Ramadhan, R., Solehudin, A., & Sabri, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 230–235. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15194

Ratnaningsih, R. I. S. (2003). Pembelajaran Membaca Permulaan : Penerapan Model Tutur Sebaya. Surakarta: Pustaka Cakra Surakarta.

Rivaldi, D., Megayanti, T., & Aryanti, T. (2020). Digital Peer Tutoring in Engineering Education. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 830(4). https://doi.org/10.1088/1757-899X/830/4/042070

Romansyah, R., S, W., & Wagino. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Teknik Dasar Otomotif Pada Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Smk Negeri 1 Sumatera Barat. Automotive Enineering Education Journals, 7(1), 1–11.

Ruslau, M. F. V., Suryani, D. R., & Mutmainnah, L. Z. (2018). Journal of honai math. Journal of Honai Math, 1(2), 93–102.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

San S, Putu, R., & W, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Biologi. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(3), 1–10.

Sanjaya, W. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Setiawan, I. W. B., Artawan, I. G., & Rasna, I. W. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Teaching) untuk Meningkatkan Pemahaman Isi Teks Dongeng Siswa Kelas VII A1 di SMP Negeri 3 Sawan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 2(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syarif, I., Elihami, & Buhari, G. (2021). Membangun Rasa Percaya Diri Melalui Stategi Peer Tutoring Di Sekolah Dasar. Journal of Education, Psichology and Counseling, 3(1), 1–9.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles