ANALISIS AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN DI MASA NEW NORMAL

Authors

  • Wahyu Budiana Utami Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
  • Vanda Rezania Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4971

Keywords:

Learning activities, Learning outcomes, Student, Learning in The New Normal.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemic Covid-19 yang berdampak pada pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III tema 1 subtema 1 SDN Gelam 1 Candi dalam melaksanakan pembelajaran di masa new normal. Jenis penelitian ini adalah kualitatif fenomonologi, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, subjek dan seting dalam penelitian ini ada enam siswa dan satu guru kelas III, di sekolah dan rumah masing-masing siswa. teknik analisis data yang digunakan ialah menurut Milles & Hubberman yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, menggambar dan memverifikasi kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah belum terlaksananya seluruh indicator aktivitas belajar, indikator yang telah dilaksanakan oleh siswa yakni mengajukan pemikiran dan bekerja mandiri. Sedangkan indikator yang belum terlaksana adalah mengajukan pertanyaan, memberikan gagasan dan usulan, serta mengemukakan pendapat. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa telah nampak seluruh tujuan pembelajaran yang terdiri dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada keenam siswa tersebut.

Abstract: the research is motivated by the Covid-19 pandemic which has an impact on learning. The purpose of this study was to describe the activities and learning outcomes of third grade students in theme 1 sub-theme 1 SDN Gelam 1 Candi in carrying out learning in the new normal period. This type of research is qualitative phenomenology, the data collection techniques used are observation and interviews, the subject and setting in this study there are six students and one third grade teacher, at school and each student’s home. The data analysis technique used is according to Milles &Hubberman which consists of data collection, data condensation, data presesntation, drawing and verifying conclusions. The result of this research is that all indicators of learning activities have not been implemented, indicators that have been implemented by students are proposing ideas and working independently. While the indicators that have not been implemented are asking questions, providing ideas and suggestions, and expressing opinions. Student learning outcomes show that all of the learning objectives consisting of aspects of knowledge, attitudes, and skills have been seen in the six students.

References

Andiani, W., & Fitria, H. (2021). Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Siswa Sd Negeri 103. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 172–181.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Kebudayaan, 10, 282–289.

Claudia, M., & Anggraeni, D. (2021). Efektivitas Penggunaan Metode Latihan dan Penugasan dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi pada Mata Pelajaran PKN di Sekolah Dasar. Penididikan Tambusai, 5, 874–883.

Hasanah, N., & Mudiono. (2020). Aktifitas dan hasil belajar daring melalui whatsapp pada pembelajaran tematik muatan ipa. Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, 5(2), 219–227.

Khurriyati, Y., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Mi Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 91. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.91-104

Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Naziaha, S. T., Maula, L. H., & Sutisnawati, A. (2020). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 109–120.

Nuryani, A., Prasetyawati, I., Zakki, A. M., Satiti, E. M., Risnanti, F., Lestatri, E. W., & Hafida, S. H. N. (2021). Adaptasi Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Sebagai Bentuk Upaya Mitigasi Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 60–65.

Pamungkas, D. E., & Sukarman. (2020). Transformasi Dunia Pendidikan Di Sekolah Dasar Dalam Masa Pandemi Covid-19. Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pnedidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3).

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rahma, F. N., Wulandari, F., & Husna, D. U. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 bagi Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2470–2477.

Sari, R. P., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.732

Simanjuntak, sri yuanita, & Kismartini. (2020). respon pendidikan dasar terhadap kebijakan pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 di jawa tengah. Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.3960169

Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Online Selama Masa Pandemi Covid-19 Student Learning Concentration and Motivation on Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13–24.

Yulianingsih, W., & Nugroho, R. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles