DESAIN PROGRAM PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERINTEGRASI PEMBELAJARAN TEMATIK

Authors

  • Adevia Indah Kusuma Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung
  • Agci Hikmawati Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v12i2.4974

Keywords:

Entrepreneurship Education Programme, Tematik Learning, School Programme Design.

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian R&D dengan model ADDIE ini adalah untuk mendesain program pendidikan kewirausahaan terintegrasi pembelajaran tematik kelas tinggi di Sekolah Dasar dengan 2 tahapan Tahapan mendesain dan kegiatannya dimulai dengan melakukan analisis kebutuhan melalui wawancara, observasi lingkungan sekolah, analisis kurikulum, silabus kelas tinggi, profil sekolah, program kerja sekolah, analisis indikator nilai kewirausahaan, serta teori penyusunan program sekolah. Berdasarkan hasil analisis, tahap selanjutnya adalah mendesain program. Program pendidikan kewirausahaan ini menerapkan unsur manajemen strategis dalam upaya mencapai hasil akhir yang diharapkan. Komponen desain program terdiri atas profil sekolah, program kerja sekolah, kemitraan, proyek hasil belajar, indikator penilaian, dan kolaborasi mata pelajaran. Kegiatan penelitian ini berlokasi di SD Negeri 6, SD Negeri 15, SD Negeri 20, SD Negeri 30, dan SD Negeri 38 Pangkalpinang.

Abstract: The purpose of this study is to design an integrated entrepreneurship education program for high-grade thematic learning in elementary schools. The stages of development and activities begin with conducting a needs analysis through interviews, observation of the school environment, curriculum analysis, high grade syllabus, school profiles, school work programs, analysis of indicators of entrepreneurship values, and theory of school programming. Based on the results of the analysis, the next step is to design the program. This entrepreneurship education program applies elements of strategic management in an effort to achieve the expected final results. The program design component consists of school profiles, school work programs, partnerships, learning outcomes projects, assessment indicators, and subject collaboration.

References

Ãcs, Z. J., Szer, L., Lafuente, E., & Márkus, G. (2019). The Global Entrepreneurship Index. The Global Entrepreneurship and Development Institute, Washington, D.C., USA, 1–71. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.17692.64641

Hakim, D. (2012). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Prosiding Seminas Competitive Advantage 1(2), 1(2).

Kholifah, N., & Nurtanto, M. (2016). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Entrepreneurship Untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 411–418.

Khori, A. (2016). Manajemen Strategik dan Mutu Pendidikan Islam. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-05

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249–258. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264

Lelasari, M., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2017). Pemanfaatan Social Learning Network Dalam Mendukung Keterampilan Kolaborasi Siswa. Prosiding TEP & PDs: Transformasi Pendidikan Abad 21, 3(2), 167–172.

Lisdarti. (2021). Analisa dan perancangan web profil perusahaan (studi kasus: butik chaniago jambi). Journal Of Information Technology, Vol. 5(1), 41–46. https://ojs.unh.ac.id/index.php/fortech/article/view/662/512

Mardhiyah, Rifa Hanifa, Aldriani, Sekar Nurul Fajriyah, Chitta, Febryana, Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan dalam Pengembanagn Sumber Daya Manusia. Lectura, 12(1), 29–40.

Nazarudin. (2020). Manajemen Strategi. https://doi.org/10.31227/osf.io/xu37y

Nugraha, A., & Rahman, F. A. (2017). Strategi Kolaborasi Orangtua Dengan Konselor Dalam Mengembangkan Sukses Studi Siswa. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 128–136.

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas dan Hasil Belajar Mahasiswa. JPI : Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 60–71.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Konferensi Nasional Pendidikan 1, 1, 183–190.

Wardah, F. (2018). Pengembangan Instrumen Authentic Assessment Berupa Penilaian Proyek Untuk Mengukur Kompetensi Keterampilan Siswa. In UIN Sunan Ampel Surabaya (Issue November). http://digilib.uinsby.ac.id/28650/

Wibowo, A., Nurmalasari, I., & Arifin, A. (2020). Peningkatan Kemampuan Kepala Sekolah Dalam Menyusun Rencana Kerja Sekolah Melalui Pendampingan Manajerial. PENDIG: Jurnal Pendidikan Dosen Dan Guru, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.17509/jap.v22i2.5393

Widiantana, I. K. (2021). Kemitraan Sekolah Dasar dengan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Mutu Pengajaran Selama Pandemi. PINTU: Pusat Penjaminan Mutu, 2(1), 21–29.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles