EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI DAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMPN 21 MATARAM
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v5i1.50Keywords:
Media Animasi, Media Gambar, Hasil Belajar, IPS GeografiAbstract
Kegiatan pembelajaran sudah seharusnya memanfaatkanmedia untuk mempermudah siswa dalam memahami materi pelajaran dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi yang akan diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Animasi dan Media gambar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa KelasVII di SMPN 21 Mataram. Jenis penelitian ini merupakan penelitian ekperimen. Data dikumpulkan melalui tes. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan bacaan dan landasan penelitian selanjutnya yang relevan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat jadikan sebagai bahan masukan yang penting bagi sekolah-sekolah, terutama bagai guru SMP, dimana hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam menerapkan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa; b) bagi siswa SMP, hasil penelitian ini mampu menciptakan pembelajaran yang bermakna sehingga mempunyai pengaruh yang kuat dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis, didapatkan nilai t hitung= 6.698 dan untuk nilai t tabel = 2.704, dengan tarafkepercayaan 1% dan dk = n1+n2-2=40 atau dk = 21+21-2=40. Karena t-hitung lebih besar dari t-tabel (t-hitung > t-tabel), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaanprestasi belajar siswa antara yang diajar dengan media pembelajaran animasi dan media gambar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.