MOTIF DAN IMPLIKASI PENGGUNAAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM

Authors

  • Dian Eka Mayasari Sri Wahyuni Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Asbah Asbah Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v8i2.59

Keywords:

Motif, Jejaring Sosial, Facebook

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui motif-motif penyebab mahasiswa UMMAT menggunakan Facebook;(2) Implikasi penggunaan situs Facebook pada mahasiswa UMMAT. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Motif mahasiswa menggunakan Facebook yaitu motif sosial, akademik dan mendapatkan keuntungan finansial, (2) Implikasi pada mahasiswa UMMAT bersifat positif dimana Facebook menjadi medium gerakan sosial baru berbasis media teknologi informasi dan komunikasi untuk mengusung aspirasi mahasiswa, menggalang dukungan, memperjuangkan hak-haknya kepada pihak terkait. Bersifat negatif, yaitu penggunaan Facebook secara berlebihan dapat mengganggu kinerja mahasiswa saat mengerjakan tugas.

Abstract - This study aims ton (1) know the motives of UMMAT students in using facebook; (2) the implications of the use of facebookto UMMAT students. The research used a descriptive approach. Data analysis techniques are data collecting, reduction, data presentation, and drawing conclusions. Result of the students are: (1) the motivies of the students in using facebook are to gain sosial, academic and financial benefits; (2) The implications on using facebook for them are positive and negative. The posistive implication are e.g facebook becomes a new sosial media to promote students aspirations, fight for his rights to the related parties. However, the negative one is the excessive use of facebook can disrupt the students attention.

 

References

Bungin, Burhan, Sosiologi Komunikasi, Jakarta, Kencana. 2006

Cahyono, Setio Budi, Gaul dengan Facebook. Yogyakarta, Cemerlang Publishing

Check Facebook. 10 Negara Pengakses Facebook Terbesar di 2010.http://blog.indojunkers.com/ (8 November 2017)

Imung Murtiyoso dalam Elsaelsi's Blog, Benarkah 500 Juta Pengguna Facebook Adalah Para Narsis?. http://elsaelsi.wordpress.com/2017/ (30 nov 2017)

Miles, Matthew B, Huberman A. Michael, Analisis Data Kualitatif, Jakarta, Universitas Indonesia-Press, 1992.

Moleong, Lexi, Penelitian Metode Kualitatif. Bandung, Remaja Rosdakarya, 2002.

Nawawi Muhammad Ridwan dkk, Analisis dan perancangan aplikasi jejaring sosial penjualan berbasis web. http://www.ridwanforge.net/blog/jejaring-sosial-sosial-networking (30 Agustus 2017)

Puthut, Oposisi Maya. Yogyakarta, INSIST Press, 2010

RidwanAZ blog, Pengertian Facebook Adalah.http://ridwanaz.com/teknologi/internet/pengertian-facebook-apa-sih/(20 Agustus 2017)

Sugiana, Dadang, Tren Komunikasi Dunia Maya dan Dampaknya Pada Intensitas Interaksi Tatap Muka. http://dankfsugiana.wordpress.com/ (20 Agustus 2017)

Taupan, Muhammad, Sosiologi Bilingual, Bandung, CV Yrama Widya, 2008.

TvOne Surabaya, Penelitian Yovita Mahasiswi Ubaya: 61,7 % Pengguna Facebook Narsis, http://sosialbudayatvone.co.id/berita/view/44775/2017/8/30/penelitian_yovita_mahasiswi_ubaya_617_pengguna_face book_narsis/ (30 Agustus 2017).

Winarso, Heru Puji, Sosiologi Komunikasi Massa, Jakarta, Prestasi Pustaka, 2005.

Downloads

Published

2018-01-22

Issue

Section

Articles