PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN IPA SELAMA MASA PANDEMIK COVID-19 DI SMPN 12 KOTA KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.7969Keywords:
Persepsi, Pendidikan IPA, Covid-19Abstract
Abstrak:Penelitian bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai faktor penunjang pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 12 Kota Kendari dengan total populasi sebanyak 1.118 baik kelas VII, VIII, dan IX dengan sampel penelitian sebanyak 319 siswa menggunakan teknik Proportionate stratified random sampling, sehingga pembagian sampel untuk setiap kelas sebanyak VII 98 orang, VIII 108 orang, dan IX 113 orang dengan teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa quisioner berisi faktor penunjang pelaksanaan pembelajaran IPA secara daring pada masa pandemi covid-19 dan setiap pernyataan yang terdapat pada quisioner menggunakan skala likert serta dianalisis secara deskriptif untuk menghasilkan nilai persentase setiap jawaban responden. Hasil penelitian menunjukkan faktor penunjang berupa quota internet, jaringan internet, penggunaan handphone dan laptop, media pembelajaran, model pembelajaran, serta evaluasi dan penilain memiliki nilai rata-rata 20%. Penelitian ini dapat disimpulkan persepsi siswa terhadap pembelajaran IPA selama masa pandemik covid-19 di SMPN 12 Kota Kendari masuk dalam kategori rendah.
Abstract: Â This study aims to provide an overview of the factors that support the implementation of online IPA learning during the Covid-19 pandemic at SMPN 12 Kendari City with a total population of 1,118 both classes VII, VIII, and IX with a research sample of 319 students using the Proportionate stratified random sampling technique so that the distribution of samples for each class is VII 98 people, VIII 108 people, and IX 113 people with data collection techniques using an instrument in the form of a questionnaire containing factors that support the implementation of online biology learning during the covid-19 pandemic and each statement contained in the questionnaire uses a scale Likert and analyzed descriptively to produce the percentage value of each respondent's answer. The results showed that the supporting factors in the form of internet quota, internet network, use of cellphones and laptops, learning media, learning models, as well as evaluation and assessment had an average value of 20%. From this research, it can be concluded that students' perceptions of biology learning during the COVID-19 pandemic at SMPN 12 Kendari City are in a low category.References
Aisyah, S., Maulana, N., & Ahnaf, F. H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid 19 terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IX SMP, Jurnal Studi Inovasi, 1(3), 72–79. https://doi.org/10.52000/jsi.v1i3.44
Andrasto, K. (2021). Optimalisasi Peran Wali Kelas untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran Siswa Masa Pandemi Covid-19. Journal of Classroom Action Research, 3(2), 79-86 https://doi.org/10.29303/jcar.v3i2.896
Arifin, M., & Chotimah, S. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Matematika Secara Daring Siswa SMP di Kabupaten Bekasi Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2452–2459. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.875
Basa, Z. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Matematika Siswa SMP pada Masa Pandemi COVID-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 943–950.
Conny, C. (2021). Kemudahan Aplikasi Google Form Selama Proses Pembelajaran Siswa Masa Pandemi Covid 19. Inteligensi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 45–50.
Fadhilah, A. N., & Iqbal, F. (2021). Gaya Komunikasi Guru dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. CARAKA: Indonesian Journal of Communication, 2(1), 43–56.
Fauziah, P. I. N., Mansur, R., & Mustafida, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sdn Sumberagung 1 Kabupaten Kediri. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 101–111.
Firmansyah, F. (2021). Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 589–597.
Fitri, M., Murniati, M., & Nuwa, G. la. (2021). Dilematis Antara Kesulitan Siswa Dengan Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19: Sebuah Upaya Aksidental MTs. Muhammadiyah Wuring. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 981–991.
Fitriyani, H., & Budiman, A. (2021). Faktor – Faktor Kecemasan Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. JCOSE Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(1), 10–15. https://doi.org/10.24905/jcose.v4i1.84
Fortuna, R. A., & Fitria, Y. (2021). Upaya Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring Akibat Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 2054–2061.
Gawise, G., Tarno, T., & Lestari, A. A. (2021). Efektifitas Pembelajaran Model Flipped Clasrooom masa Pandemi Covid -19 terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 246–254.
Hairiah, H. (2021). Model Pembelajaran Pada Masa Covid-19 di Indonesia. Journal of Instructional and Development Researches, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.53621/jider.v1i1.15
Imron, H. A. (2017). Peran Sampling Dan Distibusi Data Dalam Penelitian Komunikasi Pendekatan Kuantitatif. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 21(1), 111–126.
Khairunnisa, N., Damris, D., & Kamid, K. (2021). Problematika Implementasi Pembelajaran Matematika Secara Daring Pada Siswa SMP Kota Jambi Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2172–2184. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.711
Lubis, R., Harahap, M. S., & Tarihoran, P. P. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid 19. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 134–141.
Mayangsari, M. D., & Nurrachmah, D. (2021). Kiat Pembelajaran Daring di Era Covid-19 Sebagai Upaya Penerapan Psikologi Pendidikan Pada Proses Belajar Siswa SMP. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 1(1), 125–133. https://doi.org/10.20527/ilung.v1i1.3586
Mursyidah, M. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Daring Di Desa Sadang Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 9–20.
Murtiyasa, B., & Amini, A. D. (2021). Analisis Motivasi Belajar Siswa Smp Dalam Pembelajaran Matematika di Era Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1554–1563.
Ni’mah, ’Umdatun, & Setyawan, D. A. (2021). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Penurunan Disiplin Siswa Selama Pembelajaran Online Akibat Pandemi Covid-19. Paedagogia: Jurnal Pendidikan, 10(1), 33-48.
Novianti, R., & Syarkowi, A. (2021). Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika di Era New Normal Covid-19. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 162–174.
Purwanto. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Edukasi: Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 98–108.
Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di Sman X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18–29.
Romadona, E. P., & Arif, S. (2021). Dampak Pergeseran Paradigma Pembelajaran Terhadap Psikologis Guru Dan Siswa Masa Pandemi Covid-19. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 1–14.
Roshonah, A. F., & Dwitami, T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran dalam Proses Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 10(1), 91–102.
Salmiati, S., Yuhandri, Y., & Sumijan, S. (2021). Tingkat Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Daring dan Tatap Muka Langsung dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sistim Informasi Dan Teknologi, 95–101.
Saputra, N., Yustitia, V., Tobing, M. T., & Ili, L. (2021). Strategi Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Aktivitas Belajar Siswa SD Di Masa Covid- 19. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 911–920.
Sembiring, A. B., & Oktavianti, R. (2021). Persepsi Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Koneksi, 5(1), 120–126. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10191
Septiani, A., & Kejora, M. T. B. (2021). Tingkat Aktivitas Belajar Siswa Pada Pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2594–2606.
Sutangsa, S. (2021). Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID 19. Indonesian Psychological Research, 3(2), 91–100.
Syafari, Y., & Montessori, M. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1294–1303.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Alfilail, S. N. (2021). Pembelajaran Berbasis Online “Zoom†Pada Kesiapan Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 7(1), 215–225.
Wandira, P., Sabrina, M., Sinaga, N., Putri, J., & Nasution, T. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Pada Siswa dan Guru di Era COVID-19. Jurnal Citizenship Virtues, 1(2), 151–156.
Wasiah, U. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 307–317.
Wulan, D. R., Rosita, C. D., & Nopriana, T. (2021). Kondisi Psikologi Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika pada Masa Pandemi Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 51–64.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.