MOTIVASI BERPRESTASI OLAHRAGA PADA ATLET PELAJAR KETIKA PANDEMI COVID-19 DI JAWA TIMUR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8082

Keywords:

Atlet Pelajar, Covid-19, Motivasi Berprestasi

Abstract

Abstrak: Motivasi berprestasi olahraga merupakan suatu hal penting yang harus dimiliki oleh seorang atlet pelajar. Hal ini dikarenakan atlet pelajar dituntut untuk dapat menyimbangkan antara kewajiban sebagai siswa di kelas dan juga dituntut untuk berprestasi dalam bidang olahraga, termasuk pada saat pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui gambaran motivasi berprestasi atlet pelajar pada saat pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Jumlah sampel 115 atlet pelajar, berstatus sebagai pelajar sekaligus sebagai atlet yang pernah mewakili Jawa Timur di Pekan Olahraga Pelajar Nasional. Rentang usia subjek penelitian ini yaitu 15-19 tahun. Instrumen pada penelitian ini motivasi berprestasi olahraga yang diadaptasi berdasarkan  pendapat Smith berisi dua aspek yaitu achievement thoughts in sport  dan achievement behaviors in sport. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian rerata tingkat motivasi berprestasi olahraga atlet pelajar sebesar 33,5 (laki-laki senilai 32,35 dan atlet perempuan senilai 33,75). Hal ini dapat diartikan bahwa motivasi berprestasi atlet pelajar  berada pada kategori tinggi. Tingginya motivasi berprestasi olahraga didukung adanya faktor eksternal dan internal. Salah satunya adanya sistem degradasi sehingga memunculkan motivasi atlet untuk tetap berprestasi dalam bidang olahraga.

Abstract:  Sports achievement motivation is an important thing that must be owned by a student athlete. This is because student athletes are required to be able to balance their obligations as students in class and are also required to excel in sports, including during the COVID-19 pandemic. The purpose of this study is to describe the achievement motivation of student athletes during the covid-19 pandemic. The research method used is quantitative research. This research is a research using saturated sample technique. The number of samples is 115 student athletes who are students as well as athletes who have competed in the National Student Sports Week. The age range of the subjects of this study was 15-19 years. The instrument in this study, the sports achievement motivation, which was developed based on Smith's opinion, contained two aspects, namely achievement thoughts in sport and achievement behaviors in sport. The data analysis technique in this study used descriptive statistics. The results of the study showed that the average level of achievement motivation for student athletes was 33.5 (male athletes valued at 32.35 and female athletes valued at 33.75). This can be interpreted that the achievement motivation of student athletes is in the high category. The high motivation for sports achievement is supported by external and internal factors. One of them is the existence of a degradation system so that it raises the motivation of athletes to continue to excel in the field of sports

Author Biography

Miftakhul Jannah, Universitas Negeri Surabaya

Dept. of Psychology

References

Blegur, J., & Mae, R. M. (2018). Motivasi berolahraga atlet atletik dan tinju. Jurnal Keolahragaan, 6(1), 120–128.

Clarasati, E. L., & Jatmika, D. (2017). Pengaruh Kecemasan Berolahraga terhadap Motivasi Berprestasi Atlet Bulutangkis Remaja di Klub J Jakarta. Humanitas (Jurnal Psikologi), 1(2), 121–132.

Doostian, Y., Fattahi, S., & Daneshmand, R. (2014). The Effectiveness of selfregulation in students’ academic achievement motivation. Practice in Clinical Psychology, 2(4), 261–270.

Fallo, I. S., & Lauh, W. D. A. (2017). Motivasi berprestasi atlet futsal IKP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Olahraga, 6(2), 104–118. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31571/jpo.v6i2.671

Hidayat, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2016). Pengaruh karakteristik gender dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 32–45. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7692

Imawati, D. R., & Umaroh, S. K. (2018). Pelatihan goal setting untuk meningkatkan motivasi berprestasi menghafal al-qur’an pada siswa di SMPIT Nurul ‘Ilmi. Motivasi, 6(1), 111–136.

Jannah, Miftakhul, Permadani, F. D., & Karina, T. A. (2022). Motivasi Berprestasi Siswa Sekolah Menengah Olahraga pada saat. JOTE JOurnal On Teacher Education, 3(2), 262–269. https://doi.org/doi.org/10.31004/jote.v3i2.3821

Jannah, Miftakul. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif untuk psikologi. Unesa University Press.

Karina, T. A., & Jannah, M. (2021). Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Stres akademik Atlet Pelajar du SMA Negeri Olhraga Jawa Timur. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(4).

Lauh, W. D. A. (2014). Dimensi olahraga pendidikan dalam pelaksanaan penjasorkes di sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(1), 83–93. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.31571/jpo.v3i1.141

Locke, E. A., & Latham, G. P. (2002). Building a Practically Useful Theory of Goal Setting and Task Motivation : A 35 Year Odyssey. American Psychological Association, 57(9), 705–717. https://doi.org/10.1037//0003-066X.57.9.705

Manafi, D., Mohammadi, S. H. M., & Hejazi, S. Y. (2015). Factor analysis of student’s achievement motivation variables (case study: agricultural Ms. C student in Tehran University). International Journal of Advanced Biological Biomedical Research, 3(2), 134–138.

McClelland, D. C. (2009). Human Motivation. United State of America. Cambridge University Press.

Muskanan, K. (2015). Analisis Motivasi Berprestasi Atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Provinsi Nusa Tenggara Timur. JKAP (Jurnal Kebijakan Dan Administrasi Publik), 19(2), 105.

Rahayu, E., & Mulyana, O. P. (2015). Hubungan antara goal-setting dan motivasi berprestasi dengan prestasi atlet renang. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 3(3).

Sijabat, A., & Wiyatmo, Y. (2017). Penerapan model pembelajaran kuantum untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas xi ipa 5 SMA Negeri 4 Yogyakarta. E-Journal Pendidikan Fisika, 6(2), 263–272.

Singh, N., & Jain, N. (2017). Effects of infographic designing on image processing ability and achievement motivation of dyscalculic students. Paper Presented at the Proceedings of the International Conference for Young Researchers in Informatics, Mathematics and Engineering. Kaunas, Lithuania.

Sirait, S. H. K., Kurniawan, R. P., Jeni, & Damopoli, I. (2022). Motivasi belajar biologi siswa selama pandemi. Journal On Teacher Education, 3(2), 112–119.

Sitanggang, N. G., Mayangsari, M. D., & Zwagery, R. V. (2020). Hubungan antara penetapan tujuan dengan motivasi berprestasi pada siswa SMK Negeri 1 Martapura. Jurnal Kognisia: Jurnal Mahasiswa Psikologi Online, 1(1), 17–22.

Smith, R. L., Karaman, M. A., Balkin, R. S., & Talwar, S. (2020). Psychometric properties and factor analyses of the achievement motivation measure. British Journal of Guidance & Counselling, 48(3), 418–429. https://doi.org/DOI:10.1080/03069885.2019.1620173

Sujarwo. (2011). Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian Dalam Memilih Strategi Pembelajaran. UNY.

Syaparudin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar PKN peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Wahyudi, W., & Donie, D. (2019). Motivasi Berprestasi Atlet Sepakbola Jordus FC Kota Batusangkar. Jurnal JPDO, 2(1), 126–130.

Widohardhono, R., Nurhasan, N., Mintarto, E., & Jannah, M. (2022). Developing Model and Psychological Competencies Scale of 100 Meter Runner Student Athletes. Ijorer : International Journal of Recent Educational Research, 3(2), 192–199. https://doi.org/doi.org/10.46245/ijorer.v3i2.190

Wisudawati, W. N., Sahrani, R., & Hastuti, R. (2018). Efektivitas pelatihan ketangguhan (hardiness) untuk meningkatkan motivasi berprestasi akademik siswa atlet (studi pada sekolah x di Tangerang). Provitae: Jurnal Pendidikan, 10(2).

Yuniarwati, C. T. (2018). Meningkatkan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling pada siswa kelas xi a¬ ph 1 SMK Ni Cepu semester gasal tahun 2017/2018. EmpatiJurnal Bimbingan Konseling, 5(2).

Yurida, Y., Damopolii, I., & Erari, S. S. (2021). Hubungan antara kreativitas guru dengan motivasi belajar sains siswa selama pandemic COVID-19. Prosiding SNPBS (Seminar Nasional Pendidikan Biologi Dan Saintek), 148–152.

Downloads

Published

2022-04-15

Issue

Section

Articles