PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII SMP

Authors

  • Syaiful Barsa Arta Diantoro Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Mahsup Mahsup Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Dewi Pramita Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31764/paedagoria.v10i1.811

Keywords:

Two Stay Two Stray Learning Model, Result of Study

Abstract

Abstrak: Pembelajaran yang masih bersifat konvensional menyebabkan siswa merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah dalam setiap materi pembelajaran bentuk aljabar. Akibatnya hasil belajar siswa rendah. Tujuan peneltian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP melalui penerapan model pembelajaran TSTS pada pokok bahasan bentuk aljabar. penerapan model pembelajaran TSTS adalah selalu melibatkan siswa dalam setiap penyelesaian masalah dan mencari informasi sendiri karena guru hanya sebagai fasilitator.Subyek pada penelitian ini yaitu kelas VII SMPN 18 Mataram yang terdiri dari 23 siswa. Adapun indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa dan guru dikatakan meningkat apabila berkategori baik, serta peningkatan hasil belajar siswa dikatakan meningkat apabila mencapai nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan klasikal 75%. Hasil penelitian ini menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai Siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 71,01 dengan ketuntasan klasikal 68,56%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 82,61% dengan rata-rata nilai 76,38. Untuk rata-rata skor aktivitas siswa dan guru adalah 55,76 dan 80,77 yang termasuk berkategori cukup baik dan sangat baik. Kesimpulan penerapan model pembelajaran TSTS pada pokok bahasan bentuk aljabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP.

 

Abstract:  The convention learning was difficult in teaching aljabar at the students. It made effect to improving student ability. The purpose of study to improve the student ability toward applying cooperative learning of TSTS in teaching aljabar at the students. Applying of TSTS learning model is followed by the students in problem solving and found out the information by their self because teacher as a facilitator. The subject of research were the students of seventh grade of SMPN 18 Mataram who are 23 students. The indicators of result study were the students learning activities and teacher were improved if it was good and KKM of score was about70, the classical point 75%. The result of study showed the applying cooperative learning TSTS model in teaching aljabar at the students was improved from cycle I until II. The result of score in cycle I 71,01 with classical score 68,56 %, meanwhile in cycle II was improved score 82,61 with mean score 76,38. The result of students and teacher was 55,76 and 80,77, it was included better. The concluded of applying TSTS in teaching aljabar can improved the students ability.

References

Arikunto, S. (2014). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Anni. (2006). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT Unnes Press.

Djamarah, Saiful Bahri. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda. (2013). Model-model pembelajaran dan pembelajaran. Yokyakarta : Pustaka Pelajar.

Mira Mulasandi, Dewi Pramita. (2017). Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Learning Together (LT) dengan Paduan Model Talking Stick Materi SPLDV Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 1(1), 22-25

Muhibbin, (2007). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ngalim. (2014). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Purwanto. (2010). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Santoso. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS). [Online], diakses tanggal 22 Maret 2018.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suprijono. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Widoyoko. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zainab. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi logika matematika. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2).

Zainuddin, dkk, (2014). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dan Numbered Heads Together Pada Materi Pokok Fungsi Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se-Kota Surakarta. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(2), 121-130.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles