IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA
DOI:
https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i1.8148Keywords:
Problem Based Learning, Keterampilan Generik Sains, Sifat-Sifat CahayaAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan generik sains siswa SD pada materi sifat-sifat cahaya, mendeskripsikan retensi keterampilan generik sains siswa SD terhadap pengaruh Problem Based Learning pada materi sifat-sifat cahaya, dan mendeskripikan respon peserta didik terhadap penggunaan model Problem Based Learning pada materi sifat-sifat cahaya. Metode penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, dengan jenis eksperimennya adalah Pra Eksperimen. Jumlah sampel sebanyak 25 siswa yang berasal dari kelas 4 SDN Sidodadi 06, Jember. Desain yang diguankan pada penelitian ini yaitu One Grub Pretest and Posttest dengan ditambahkan tes tunda yang berselang 30 hari setelah kegiatan posttest. Data yang terkumpul dalam penelitian ini adalah Pretest, Posttest, dan tes tunda keterampilan generik sains siswa, serta respon siswa terhadap implementasi model Problem Based Learning. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk signifaikansi uji hipotesis Paired Sample T Test adalah 0,000, yang menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada implementasi model Problem Based Learning terhadap peningkatan keterampilan generik sains. Hasil uji tes tunda sebesar 61,8668 yang menunjukkan kategori retensi keterampilan generik sains siswa pada kategori tinggi. Hasil respon siswa terhadap implementasi persentase dapat diketahui bahwa skala sangat setuju yang mencapai 76,5% dan skala setuju yang menunjukkan 23,5% Problem Based Learning, yang menunjukkan respon positif dari siswa.
Abstract:  This research aims to: analyze the effect of PBL on the generic science skills, describe the effect of PBL on the retention of generic science skills, and describe students responses to the use of the PBL model on the material light properties. This research method is experimental quantitative, with Pre-Experiment. Sample in this reasearch are 25 students from class 4 of SDN Sidodadi 06, Jember. Design in this study is One Grub Pretest and Posttest with addition delayed test which is 30 days after posttest activity. The data collection in this research are pretest, posttest and delayed of students’s generic science skills, and questionnaire is used to analyze student responses to the implementation of the PBL model in learning. The results of this study are  the significance of the Paired Sample T Test is 0,000, it means there is a significant effect on the implementation of the PBL model on increasing science generic skills; the result of delay test is 61,8668, it means category of retention of students' generic science skills in the high category; and the result of responses are scale strongly agrees shows 76.5% and agrees scale which shows 23.5%, it means a positive response from students.
References
Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880.
Antika, L. A., A. D. Corebima, & S. M. (2013). Perbandingan Keterampilan Metakognitif, Hasil Belajar Biologi, dan Retensi Antara Siswa Berkemampuan Akademik Tinggi dan Rendah Kelas X SMA di Malang Melalui Strategi Problem Based Learning (PBL). Universitas Negeri Malang.
Brotosiswoyo, B. S. (2001). Hakikat Pembelajaran MIPA di Perguruan Tinggi : Fisik. Jakarta : PAU-PPAI Dirjen DIKTI Depdiknas.
Dewi, A. M. P., Tantri, M., & Andista, C. Y. (2020). Pengembangan Lks Problem Based Learning Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. VI, 1–6.
Ekapti, R. F. (2016). Respon Siswa Dan Guru Dalam Pembelajaran IPA Terpadu Konsep Tekanan Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Sains, 3(2).
Ibrahim, N. (2002). Manajemen SLTP Terbuka (Studi Kasus SLTP Terbuka Kelumpang Hulu Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(36).
Imelda, & Dewi, A. (2019). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill. Jurnal of Mathematics Education and Science, 5(1), 11–19.
Iswara, W., Gunawan, A., & Dalifa, D. (2018). Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Bengkulu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal PGSD, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.1.1-7
Juniarsih, Q. A., Chamisijatin, L., & Hindun, I. (2015). Peningkatan Retensi Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Melalui Penerapan Discovery Learning dan Team Games Tournament pada Siswa Kelas VII-G SMP Negeri 18 Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 2015, 157–167.
Lailaturrahmah, E., Muhammad, T., & Awal, N. K. R. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Retensi dan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Peserta Didik SD. Pendas : Primary Education Journal, 1(1), 1–11.
Liliasari. (2007). Scientific Concept And Generic Science Skill Relationship In The 21th Century Science Educatios. Proceding of The First International Seminar of Science Education.
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas ViII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal “Mosharafa", 7(1), 63–74.
Marzuki, A., Crystha, A., Pipit, F. R. (2020). Praktikum Statistik. Malang : Ahli Media Press.
Muh Tawil, & Liliasari. (2005). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasi Dalam Pembelajaran IPA. Universitas Negeri Makasar.
Mustafa, P. S., D. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Tindakan Kelas dalam Pendidikan Olahraga. Malang : Fakultas Ilmu Keolahragaan Univerisitas Negeri malang.
Nurlinda, N. (2019). Penerapan Problem Based Learning Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Ekonomi. Niagawan, 8(1), 10. https://doi.org/10.24114/niaga.v8i1.12796
Rahmawati, N. K., & Kusuma, A. P. (2019). Hubungan Pemahaman Konsep Aritmatika Sosial Dengan Hasil Belajar Ips Materi Pph. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1:), 1–6. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.9.1:.1976.1-6
Ramlawati, Liliasari, Martoprawiro, Muhamad A., & Wulan, A, R. (2014). The Effect of Electronic Portfolio Assessment Model to Increase of Students’ Generic Science Skill in Practical Inorganic Chemistry. Journal of Education and Learning, 8(3), 179–186.
Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Inventa, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627
Rosidah, T., Astuti, A. P., & Wulandari, V. A. (2017). Eksplorasi Keterampilan Generik Sains Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 9 Semarang. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 5(2), 130–137. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JPKIMIA/article/view/2997
Rosyidah, M., & Rafiqah, F. (2021). Metode Penelitian. Yogyakarta : Deepublish.
Septiani, D., & Sumarni, W. (2015). Efektivitas Model Inkuiri Berbantuan Modul Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Keterampilan Generik Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1340–1350.
Silmiati, N. Y. (2017). Integrated Science Learning Between Problem-Based Learning. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(1), 60–68.
Slamet. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Suhendi. (2014). Pembelajaran Sains Dalam Desain Pendekatan Tematik Integratif. Jurnal Tarbawiyah, 11(2), 221–234.
Sutrisno. (2011). Problem Based Learning Sebagai Suatu Strategi Pembelajaran untuk Menumbuh-Kembangkan Atmosfer Kebebasan Intelektual. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 2(1), 1–12.
Wedyawati, N., dan Yasinta, L. (2019). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Deepublish.
Widayati, T. U., Baskoro, A. P., Joko, A. (2015). Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Retensi Menggunakan Model Pbl (Problem Based Learning) Dan Ceramah Bervariasi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Indonesia Siswa Kelas X MIA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Bio-Pedagogi, 4(1), 55.
Wijaya, I K. W. B., Ni Wayan, S. D. (2019). Mengembangkan Keterampilan Generik Sains Pada Siswa Sekolah Dasar Untuk Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. . Jurnal STAHN MPU Kuturan Singaraja, 81-88.
Windaningsih, Ondi S., Rahma, W. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Konsep Sistem Pernapasan. Quagga, 8(1), 24–30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- Authors are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Publication Ethics
- That it is not under consideration for publication elsewhere,
- That its publication has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- Authors secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- Authors agree to the following copyright agreement.
Authors who publish with Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.Â
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.